Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Presentasi Bisnis dan Akademik Power Point Format PPT

Mempersiapkan materi presentasi untuk kepentingan akademik, bisnis dan penelitian memang menjadi hal yang paling bagi sebagian orang. Setiap presentasi yang sukses, berawal dari persiapan yang matang dan materi yang sudah dipelajari jauh hari sebelumnya. Oleh karena itu kamu perlu prepare materi power point yang akan disampaikan kepada audiens.
presentasi power point

Kosngosan memberikan Contoh mengenai Materi Presentasi Online Power Point Terbaru yang akan kita bahas selanjutnya pada postingan ini. Bagi kalian yang sedang mencari materi presentasi untuk kepentingan bisnis atau tugas akademik, maka bisa mengikuti pembahasan kita berikut ini.

Kamu sering melakukan kegiatan presentasi? Kurikulum pendidikan kita yang sekarang memang mengharuskan murid untuk belajar presentasi di depan kelas. Hal ini memang ditujukan untuk mempersiapkan generasi yang pandai dalam public speaking dan jago presentasi.

Sebenarnya sistem pendidikan yang berfokus akan presentasi dan public speaking sudah lama diterapkan di negara negara maju seperti di Eropa dan Amerika. Hanya saja di Indonesia, penerapan sistem pendidikan focus on student ini baru digalakkan.

Kita tetap mengapresiasi langkah inisiatif dari pemerintah dalam hal ini kementrian pendidikan dan kebudayaan yang sudah memperkenalkan sistem presentasi ini di sekolah sekolah.

Presentasi sangat berguna untuk melatih mental berbicara kita. Meningkatkan skill public speaking serta bagaimana trik dan cara menghadapi orang banyak. Dengan presentasi, kita juga jadi bisa menjabarkan point point penting yang telah dipersiapkan dalam beberapa slide yang ditayangkan menggunakan infokus. Intinya, kita dilatih untuk berpikir kritis dalam menjabarkan poin poin yang ada didalam slide presentasi.

Baca juga : Aplikasi Presentasi Online dan Offline Gratis yang Keren

Keahlian berbicara di hadapan publik ini lah yang menjadi hal penting bagi individu yang ingin sukses dalam berkarier. Banyak pemimpin, manajer, wiraniaga dan pengajar yang menjadi berhasil serta sukses dengan kemampuan berbicara lewat presentasi ini.

Presentasi juga menjadi kegiatan wajib bagi perusahaan dan institusi pendidikan. Dengan kegiatan presentasi ini maka bisa mentransfer informasi dari narasumber atau pembicara ke pendengar atau audiens. Selain itu adanya presentasi membuat transfer informasi berlangsung lebih efektif dan efisien.

Apa saja elemen dalam presentasi? presentasi membutuhkan setidaknya 5 unsur seperti adanya presenter (pembawa materi), audiens (pendengar), pesan (berupa slide atau informasi grafis), media (cara penyampaian) dan efek (umpan balik) atau respon yang didapat pendengar setelah mengikuti presentasi.

Pengertian Presentasi


Presentasi sendiri merupakan proses perpindahan informasi, gagasan, emosi, dan segala jenis yang menggunakan simbol, kata-kata, visual, image, grafis, angka, dan lainnya dari seorang pembicara kepada pendengar atua audiens dengan tujuan tertentu.

Defenisi presentasi adalah kegiatan berbicara dan menjelaskan di depan khalayak ramai atau jajaran tertentu dengan pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi kepada orang lain. Materi yang disampaikan biasanya memiliki format ppt atau power point. Nah unsur-unsur pembentuk power point inilah yang disebut dengan slide.

Ada banyak sekali jenis-jenis presentasi, seperti presentasi audio, presentasi visual, presentasi audio visual, presentasi langsung, tidak langsung, presentasi bisnis, presentasi akademik dan macam presentasi lainnya. Setiap jenis presentasi memiliki tujuan yang berbeda pula.

Contoh Presentasi


Beberapa presentasi yang akan mimin berikan adalah jenis presentasi akademik dan presentasi bisnis. Kedua jenis presentasi ini memang banyak dicari orang untuk melakukan kegiatan rapat atau marketing. Keduanya juga pasti sudah sering kamu temui seperti bagi mahasiswa atau pekerja kantoran.

Presentasi merupakan kegiatan dalam mendeskripsikan slide atau point yang ditampilkan di depan khalayak umum. Dibuat menggunakan aplikasi powerpoint dan jenis aplikasi pembuat presentasi lainnya. Nah dalam membuat slide power point tersebut membutuhkan materi yang tidak sedikit, sehingga kalian pasti membutuhkan contoh materi presentasi seperti dibawah ini :

Contoh Materi Presentasi Akademik


Presentasi akademik ini memang ditujukan untuk kepentingan pendidikan dan untuk memenuhi tugas seperti tugas kuliah dan sekolah. Presentasi ini tidak memiliki motif komersial, akan tetapi lebih kepada penjelasan mengenai suatu penelitian atau hasil pembahasan yang dilakukan oleh kelompok atau individu.

Berikut adalah contoh materi presentasi akademik mengenai penelitian pada tugas akhir mimin sendiri. Materi presentasi ini dibuat berdasarkan point point untuk kemudian dijelaskan dalam sidang komprehensif (sidang ujian akhir) untuk mendapatkan gelar kesarjanaan. Berikut preview-nya :



Download Contoh Materi Presentasi Akademik disini

Contoh Materi Presentasi Bisnis


Berbeda dengan jenis presentasi pendidikan atau akademik, presentasi bisnis ini biasanya disebut juga sebagai presentasi perusahaan. Tujuan presentasi ini bervariasi seperti kegiatan presentasi bisa saja dilakukan untuk pengajuan usulan proyek baru, pengembangan produk baru, perluasan pasar, dan lainnya.

Berikut ini adalah contoh materi presentasi mengenai bisnis yang bisa kamu gunakan templatenya untuk diedit kembali menghasilkan slide power point yang berkualitas. Kamu tinggal download dibawah ini.

Materi power point ini mimin dapatkan dari Presentasi Bisnis mengenai Good Corporate Governance dari PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PT PDSI) yaitu anak  perusahaan PT. Pertamina. Berikut adalah previewnya :



Download Materi Presentasi Bisnis disini

Kamu juga bisa mengunjungi situs resmi office untuk mendapatkan template power point dengan berbagai tema di templates.office.com

Demikian materi mengenai Contoh Materi Presentasi Online Power Point Terbaru. Semoga dapat berguna untuk kalian yang sedang mencari materi dan bahaan untuk presentasi berbagai kebutuhan. Jangan lupa berkomentar ya!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya