Membuat Website Company Profile Perusahaan dengan Mudah

Membuat Website Company Profile Perusahaan dengan Mudah

cara membuat website company profil

Sepertinya kosngosan membahas yang berbeda. Bagi pengusaha yang masih belum memiliki website bisa membaca topik kali ini yang mengenai Cara Membuat Website Company Profile Perusahaan dengan Mudah dan Cepat.

Zaman sekarang tidak ada yang tidak mengenal website. Website adalah kumpulan halaman web yang saling berhubungan yang dapat diakses melalui jaringan internet (website online) menggunakan sebuah peramban yang terinstall pada perangkat keras.

Ada banyak sekali jenis website seperti toko online, portal berita, blog, website sekolah, dan company profile yang akan kita bahas ini. Khusus untuk website company profil penggunaanya sudah pasti untuk kepentingan perusahaan.

Company profil menjadi salah satu media penunjang sarana informasi serta promosi bagi perusahaan melalui internet. Web jenis ini juga akan mewakili bisnis atau produk di pasar bisnis yang nantinya akan meningkatkan visibilitas, kredibilitas dan kepercayaan konsumen.

Adanya website company profile bisa meningkatkan brand dan profesionalisme perusahaan. Namun pada kenyataaannya masih banyak perusahaan (umumnya level kecil menengah) belum memiliki website perusahaan ini. Padahal eksistensinya sama penting dengan keberadaan kantor fisik.

Kosngosan akan memberikan panduan singkat mengenai cara membuat website company profile menggunakan platform yang sudah ada dan banyak digunakan oleh para web developer. Jika tertarik juga mimin menyediakan jasa pembuatan website company profile ini (bisa menghubungi mimin di halaman kontak).

Oke, mimin akan memberikan dua opsi pembuatan website company profil yang termudah dan termudah. Simak langkah-langkah nya dibawah ini :

Membuat Website Company Profil menggunakan CMS Wordpress

Website Company Profil wordpress

Siapa yang kenal wordpress? Kamu yang sering menggunakan wordpress untuk kepentingan blog pastinya mengenal platform yangs satu ini. Akan tetapi yang kita bahas bukanlah wordpress.com melainkan wordpress.org yang memberikan fitur cms yang akan kita manfaatkan untuk membuat website company profile yang powerfull.

WordPress dikembangkan oleh Matt Mullenweg, Mike Little dan Michel Valdrighi. WordPress sendiri sudah menjadi CMS yang paling populer dan hampir digunakan oleh 12% lebih pengguna website di seluruh dunia. WordPress memiliki banyak fitur dan dukungan yang membutnya mudah untuk dikelola. Selain itu faktor keamanannya juga relatif stabil dan jarang mengalami kebobolan berarti.

Content Management System atau disingkat CMS merupakan program yang membantu kita dalam membuat website tanpa harus mempunyai kemampuan bahasa pemrograman untuk HTML, CSS, dan segala bahasa pemograman yang membutuhkan keahlian khusus.

Adapun langkah awal dalam membuat website CMS Wordpress adalah :

1. Beli domain TLD 

Beli domain TLD yang sesuai dengan brand atau nama perusahaan kamu. Karena ini adalah modal awal yang harus dibangun. Pilihlah domain dengan ekstensi .com atau .co.id untuk meningkatkan profesionalisme perusahaan.

2. Beli hosting 

Beli hosting dengan kapasitas standar. Ada banyak penyedia hosting yang berkualitas di tanah air. Kamu tinggal search layanan dan testimoni penggunanya. Ada baiknya untuk tahun pertama kamu memakai hosting dengan space dan bandwith standar. Karena biasanya website awal hanya membutuhkan traffic dan media penyimpanan yang standar pula.

3. Install CMS wordpress pada CPanel hostingan

Sebelum menginstal wordpress, pastikan domain di update nameservernya.  Nameserver adalah nama dari sebuah web server yang digunakan untuk mengarahkan domain ke server tertentu dan biasanya ditulis dengan format ns1.namasever dan lain-lain. Penamaan tersebut berbeda-beda setiap layanan dan tergantung dengan konfigurasi yang dilakukan. Setelah domain dan hosting sudah terintegrasi, maka anda sudah bisa menginstal cms wordpress di cpanel.

Ada banyak panduan lengkap yang bertebaran di internet mengenai cara install wordpress. Beberapa layanan hosting juga menawarkan instalasi WordPress melalui Softaculous. Kelebihan cara ini adalah kamu tidak perlu berkutat dengan SQL dan setting HTTP Access.

Tetapi bila kamu mau menginstal manual, maka berikut panduannya. Unggah file CMS wordpress yang didapat di wordpress.org ke hosting. Biasanya diletakkan pada folder public_html. Kemudian buat database MySQL untuk wordpress.

Install wordpress. Pilih bahasa yang digunakan pada dashboard website. Masukkan detail informasi akun berupa username, password dan nama database yang telah dibuat sebelumnya. Setelah itu isikan Judul Website, username, password dan email.  ini akan digunakan setiap kali kamu masuk ke dashboard website nantinya. Setelah itu instalan wordpress akan berjalan.

Kamu sudah bisa mengakses dashboard melalui url : namadomain.xxx/wp-admin  masukkan username dan password wordpressmu. Selanjutnya adalah tata letak tampilan depan wordpress.

4. Desain tampilan website

Kamu perlu mengubah tampilan website company profil mu menggunakan theme premium. Ada banyak penjual theme premium yang bisa kamu beli produknya seperti themeforest misalnya.

Selain mengganti theme, kamu juga perlu menginstal plugin untuk mendukung kinerja websitemu. Untuk mengatur layout tampilan depan, gunakan plugin Visual Basic untuk mempermudah mengatur letak dan menambah widget. Dengan visual basic, kamu cukup drag saja element yang diperlukan. Cari tutorial pemakaiannya di internet.

5. Mulailah mengisi konten website

Konten adalah raja. Semua web developer, internet marketing dan pakar SEO sepakat soal itu.  Oleh karena itu, kualitas website company profilmu tergantung dari konten yang kamu isi. Berikan berita dan informasi yang banyak dicari oleh pengguna internet yang masih berhubugan dengan perusahaan.

Masukkan foto, struktur perusahaan, liputan kegiatan, artikel promosi dan konten lainnya yang akan memperkaya website company profil mu.

6. Optimasi SEO website company profile

Ini adalah tahap terakhir dari pengembangan website company profil mu. Search Engine Optimise atau sering disingkat SEO merupakan sekumpulan teknik optimasi yang membuat website berada pada halaman pertama mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

Logikanya percuma saja kamu membuat website company profil bila tidak ada orang yang mengaksesnya. Itu ibarat kamu membangun hotel di tengah hutan amazon. Tidak ada yang melihat sama sekali. Oleh karena itu dibutuhkan SEO yang tepat dan alami.

Kamu bisa belajar di internet mengenai rahasia rahasia SEO ini. (Jika tertarik, mimin bisa membantumu melakukan optimasi pada website company profilmu. Hubungi saja mimin di halaman kontak.)

Oke demikian panduan singkat cara membuat website company profil dengan CMS Wordpress. Selanjutnya kamu bisa mengikuti panduan singkat membuat website company profil menggunakan blogspot.

Membuat Website (Blog) Company Profile menggunakan Blogger


Website Company Profil Blogger

Walaupun terkesan lebih "murahan",  blogspot bisa menjadi pilihan yang tidak bisa dikesampingkan dalam membuat website company profil. Karena blogspot sudah pasti mendapat jaminan kestabilan bandwith dan keamanan langsung dari Google, sang pemilik.

Sebenarnya cara ini adalah yang termudah dan termurah. Akan tetapi ada beberapa kelemahan yang dimiliki bila dibandingkan dengan wordpress cms. Nanti akan mimin sampaikan. Sebelumnya mari kita ikuti panduan membuat weblog company profile dengan blogspot ini.

Pertama adalah buat akun google. Akun ini akan berguna untuk membuat akun akun lain seperti blogspot, google plus, youtube, gmail, google search console, google analityc, dan semua produk dari google lainnya.

Buat blog baru. Tentukan Judul blog (sesuai nama perusahaan anda misalnya) dan domain blog. Cara penentuan domain ini sama dengan penentuan domain pada website wordpress.

Setelah itu kamu bisa memilih template awal yang diberikan oleh blogger. Nanti kamu bisa menggantinya dengan template premium yang sudah dibeli, tentunya.

Ada beberapa menu pada dashboard blogger diantaranya Pos, Statistik, Komentar, Kampanye, Laman, Tata Letak, Tema, Pengaturan, Daftar Bacaan dan Bantuan yang memiliki kegunaan masing masing (selengkapnya kamu bisa googling)

Nah, hampir sama dengan langkah pada wordpress sebelumnya, kita harus mendesain tampilan muka weblog company profile kita. Beli lah template premium (agar bisa dihapus credit link pada footer). Banyak website yang menjual template premium khusus untuk company profil. Kamu tinggal pilih saja, kemudian copy dan pastekan script templatenya ke menu tema.

Isilah weblog company profil mu dengan berbagai postingan seperti foto, struktur perusahaan, liputan kegiatan, artikel promosi dan konten lainnya yang akan memperkaya website company profil mu.

Dan langkah terakhir pastinya adalah optimasi SEO on page dan off page. Karena kamu sudah tahu alasan nya SEO sangat berguna untuk memunculkan weblog company profil mu pada halaman pertama pencarian mesin pencari.

Adapun kelemahan dari blogspot ini adalah, kurang terlihat profesional untuk standar perusahaan. Karena pasti terlihat platform mana yang premium dan platform mana yang gratisan. Selain itu, blogspot sepenuhnya dimiliki oleh google. Bila kamu melakukan sesuatu yang melanggar TOS, maka siap siap weblog mu akan dihapus oleh google. Sudah banyak sih orang yang kehilangan blog nya karena melanggar ketentuan dari google (kamu bisa googling penyebab google membanned sebuah blog)

Terakhir, semoga pembahasan kita mengenai Panduan Membuat Website Company Profil Perusahaan dengan Mudah ini bisa berguna untuk kalian yang sedang mencari informasi bagaimana membangun situs mulai dari awal. Karena website bagi perusahaan mutlak diperlukan untuk kepentingan branding dan promosi. Silahkan bertanya pada kolom komentar.