Cara Mengirim Lamaran Kerja Email dan Online yang Baik dan Benar

Cara Mengirim Lamaran Kerja Email dan Online yang Baik dan Benar

Mengirim Surat Lamaran adalah langkah awal dalam perekrutan kerja. Hal ini sangat penting karena merupakan tiket penentu kita diterima atau tidaknya dalam bekerja. Ada berbagai cara pengiriman surat lamaran kerja, dan kali ini kosngosan akan membahas khusus mengenai cara mengirimnya melalui surat online yang baik dan benar.
cara kirim lamaran email online

Kamu tentunya sudah sering mengirim surat via email. Surat yang kamu kirim banyak motifnya, seperti surat untuk kepentingan personal, organisasi, kirim tugas dengan melampirkan file dan sebagainya. Akan tetapi, pernahkan kamu mengirim surat lamaran kerja via email atau via online? Bila belum, kamu harus mengikuti tips kosngosan dibawah ini.

Bayangkan saja, ketika kamu sudah susah dan lama mengenyam bangku sekolah dan kuliah dengan nilai yang bagus, akan tetapi surat lamaran kamu yang dikirim melalui email nyatanya tidak dibaca atau dibuka oleh pihak HRD hanya karena hal hal sepele yang sebenarnya bisa kamu atasi sejak dini.

Oleh karena itu mengetahui tips trik pengiriman surat lamaran secara online sangat penting, terlebih di zaman sekarang pihak perusahaan lebih banyak membuka lowongan pekerjaan secara online, begitu juga proses penerimaan dan rekrutmen nya juga melalui online.

Pada dasarnya cara mengirim lamaran lewat gmail adalah salah satu bagian dari pembahasan kita kali ini. Umumnya kamu sudah punya akun google yang mana bisa diintegrasikan kepada berbagai layanan kepunyaan google tersebut.

Tata cara mengirim lamaran kerja dan cv lewat email yang baik dan benar sudah seharusnya kamu kuasai agar nantinya tidak lagi bingung ketika melamar pekerjaan. Tidak ada salahnya mempelajari format penulisan surat lamaran dan curriculum vitae yang sesuai prosedur agar mudah diterima bekerja nantinya.

Baca juga : Tips Mudah diterima Surat Lamaran Oleh HRD

Adapun cara mengirim lamaran lewat email bisa kamu ikuti kedalam beberapa tahapan dibawah ini :

Perhatikan Subject dan Alamat Tujuan Email


Menulis subjek atau judul surat lamaran dengan jelas dan singkat adalah awal dalam langkah kali ini. Subjek seperti “Lamaran Marketing PT PETE”. Sehingga tim HRD atau perekrut yang menerima emailmu bisa dengan cepat mengetahui maksud dari emailmu tersebut. Coba bayangkan ribuan email yang datang ke inbox mereka, maka mereka membutuhkan subjek email yang jelas dan ringkas.

Ada juga perusahaan yang menentukan subjek email yang akan dipakai, misalnya “Marketing” atau sekedar kode yang mereka tentukan sendiri.

Jangan lupakan alamat email tujuan. Perhatikan huruf, penggunaan titik atau strip dan domain akhirnya. Jangan sampai kamu salah menulis alamat email tujuan, yang menyebabkan lamaran surat kerjamu tidak akan sampai.

Scan Berkas yang Dibutuhkan


Kamu tidak bisa melampirkan berkas dalam bentuk fisik ketika mengirim surat lamaran lewat email dan online. Oleh karena itu kamu butuh file hasil scan dokumen yang menjadi persyaratan dalam penerimaan kerja. Format scan biasanya menyesuaikan tergantung permintaan perusahaan. Umumnya adalah format jpeg, pdf atau doc.

Scan berkas yang dihasilkan harus jelas. Perhatikan apakah ada teks yang buram atau blur. Hasil scan yang baik akan membantu tim rekrutmen dalam membaca informasi yang ada di berkas hasil scan tersebut. Jadi optimalkan kualitas dengan memperhatikan size file nya.

Tulislah Surat Lamaran Pada Body Email


Menulis surat lamaran secara online membutuhkan keterampilan yang mumpuni. Kamu yang akrab dengan dunia email dan online tentunya tidak akan asing lagi dengan bagian tubuh email. Mimin biasanya menggunakan penyedia email gratisan buatan google, yaitu GMAIL. Oleh karena itu silahkan ikuti formatnya seperti digambar ini.

contoh body email lamaran kerja

Sebenarnya tidak ada format baku dalam penulisan surat lamaran baik itu pengiriman secara konvensional (lewat kantor pos atau antar langsung) maupun secara online (lewat email). Tetapi kamu bisa berpedoman kepada format yang mimin berikan diatas tersebut.

Usahakan surat lamaran yang ditulis singkat, deskriptif, mudah dipahami dan tidak bertele tela. Sesuaikan bahasanya menggunakan bahasa baku yang sesuai dengan EYD. Untuk font dan ukuran teks seperti penulisan surat lamaran biasa (times new roman atau arial, font 12)

Lampirkan Berkas pada Bagian Lampiran Email


Menulis surat lamaran secara online artinya tidak semua lalu kita masukkan kedalam body email. Hal ini akan memperburuk tampilan email dan tidak enak dipandang. Cukup tulis surat lamaran saja pada tubuh email dan selebihnya kamu bisa melampirkan nya pada bagian lampiran yang telah disediakan oleh penyedia layanan email secara umum.

Bila perusahaan tidak menyebutkan syarat format file yang akan dikirim, gunakan ekstensi .doc. Untuk ukuran biasanya tidak melebihi 300 kb. Untuk pilihan kamu bisa melampirkan file secara langsung atau memasukkannya dalam format zip sekaligus terlebih dahulu.

Pastikan ukuran file yang menjadi lampiran tidak melebihi kapasitas yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Hal ini memang tergantung dari permintaan mereka. Hal ini berguna untuk menghemat kapasitas ruang dari layanan email yang mereka gunakan.

Waktu Pengiriman Surat Lamaran Kerja Email yang Tepat


Kenapa waktu pengiriman surat lamaran kerja dinilai penting terhadap kesuksesan diterimanya kamu dalam perusahaan? Ini karena waktu yang tepat akan membawa kesempatan lebih besar untuk di terima dan diperhatikan lebih lama oleh tim rekrutmen.

Baca juga : Cara Mengirim Lamaran Lewat Kantor Pos dan Po Box

Mimin melansir dari laman Business Insider waktu terbaik untuk mengirim surat lamaran secara email ke perusahaan adalah di antara rentang waktu jam 08.00 pagi hingga jam 10.00 pagi. Kemudian lamaran yang kamu kirim pada pukul 03.00 hingga 05.00 sore akan memiliki kesempatan paling kecil untuk diterima atau dilanjutkan ke sesi interview. Apalagi kalau sudah sampai malam hari.

Hal ini terlihat logis. Ketika kamu mengantarkan surat lamaran secara langsung juga lebih cepat dari kebanyakan orang lain, maka kamu akan mendapatkan kesempatan diperhatikan lebih lama dari lainnya. Surat lamaran kerja, CV, Ijazah dan berkas lainnya akan disimpan dan berkemungkinan lebih besar untuk dibuka pertama kali dan lebih lama. Begitu juga dengan mengirim surat lamaran email secepat mungkin, akan memberikan kamu kesempatan untuk dilihat lebih cepat dan lebih lama.

Berdoa dan Mengirim Surat Lamaran Lainnya


Tidak jarang kita melalaikan kegiatan yang satu ini. Kebutuhan rohani yang patut untuk dilakukan sesering mungkin, walaupun tidak sedang menunggu pengumuman pekerjaan, berdoa bisa menenangkan hati dan pikiran. Berdoa mampu melepaskan stress ketika sedang menunggu pengumuman penerimaan bekerja. Dengan berdoa pula kita akan melibatkan Tuhan dalam setiap aktifitas yang ada. Sehingga nanti bisa lebih ikhlas menerima apapun hasil yang didapatkan.

Menunggu pengumuman satu surat lamaran berarti kamu telah membuang banyak kesempatan lainnya. Jangan fokus pada satu lowongan kerja semata. Ada baiknya kamu mempersiapkan banyak lamaran untuk dikirim. Ditambah lagi mengirim surat lamaran lewat online tidaklah membutuhkan biaya tidak seperti mengirim surat lamaran lewat kantor pos atau po box.

Cara Melamar Kerja Lewat Portal Online


Pada dasarnya, mengirim surat lamaran lewat portal online seperti linkedin, halaman rekrutment, sscn bkn dan segala jenis website sistem informasi khusus yang ditujukan untuk penerimaan karyawan sama dengan cara mengirim lewat email.

Biasanya penyedia lowongan sudah menyediakan form online khusus. Jadi kita tinggal mengisinya sesuai dengan keahlian kita. Setelah disubmit, maka data data yang berhasil diambil akan di simpan kedalam database untuk kemudian dipilih sesuai yang mereka perlukan.

Perusahaan perusahaan besar, startup terkenal dan BUMN biasanya memilih cara rekrutmen seperti ini. Karena dinilai lebih efisien dan hemat biaya perekrutan. Namun kelemahannya adalah hanya orang orang tertentu saja yang bisa mengirim dengan metode ini, dikarenakan masih banyak para pelamar kerja yang belum menguasai internet secara optimal.

Download contoh surat lamaran kerja via email pdf disini

Sebenarnya cara mengirim lamaran lewat email di hp hampir sama dengan cara mengirim surat lamaran lewat email di laptop. Hanya saja di hp membutuhkan spesifikasi yang mumpuni agar proses upload file lampirannya tidak terganggu.

Ada baiknya kamu mengadakan uji coba sebelum mengirim email ke alamat aslinya. Kamu bisa mengirim terlebih dahulu email ke alamat temanmu dan suruh mereka mengecek apa kekurangan dari surat lamaran online mu itu. Hal ini untuk memastikan bahwa email dan file lampirannya terkirim dengan baik dan apabia ada kesalahan kamu masih bisa memperbaikinya.

Baca juga : Tips menghadapi pertanyaan walk in interview

Demikianlah beberapa tips dalam mengirim Lamaran Kerja Via Email dan Online yang baik dan benar. Semoga dapat menjelaskan tips nya agar kamu tidak salah lagi dalam mengirim surat cinta ini kepada bagian HRD. Terakhir jangan lupa untuk memberikan komentarnya lewat kotak komentar dibawah ini.
Buka Komentar