Makalah Penelitian Kuantitatif Lengkap

Makalah Penelitian Kuantitatif Lengkap

Makalah Penelitian Kuantitatif

Kosngosan kali ini akan memberikan Makalah Penelitian Kuantitatif secara Lengkap. Kamu bisa mendownload file materinya setelah selesai pembahasan singkat mengenai penelitian kuantitatif berikut ini. Simak terus pembahasannya.

Penelitian kuantitatif merupakan bagian dari penelitian ilmiah yang sering digunakan untuk kepentingan penelitian di berbagai aspek, seperti penggunaan nya bagi penelitian di perguruan tinggi, penelitian sosial dan lainnya.

Sebelum membahas penelitian kuantitatif, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian tentang penelitian. Penelitian, riset atau research merupakan langkah penyelidikan atau usaha pengujian yang dilakukan secara teliti, mendetail dan kritis terhadap proses pencarian fakta atua bukti ilmiah dengan menggunakan metode ilmiah yang logis.

Kuantitatif sendiri berarti bersifat jumlah yang berhubungan dengan angka. Artinya penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang menggunakan data berupa angka sebagai alat analisisnya, berupa keterangan mengenai apa yang akan diteliti dan ditarik kesimpulannya dari penelitian tersebut.

Adapun perbedaan antara penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif terletak pada pendekatannya. Penelitian kuantitatif lebih menitik beratkan pada frekuensi atau jumlah sedangkan pada penelitian kualitatif lebih menekankan pada esensi fenomena yang diteliti. Namun keduanya sama sama penting terhadap kepentingan penelitian.

Baca juga : Makalah Penelitian Kualitatif Lengkap

Beberapa kelebihan dalam penelitian ini adalah :

  1. Mudah melakukan observasi dan hasilnya lebih akurat dan sulit dibantahkan.
  2. Adanya fenomena yang dapat ditangkap alat pengumpul data lain, yang menentukan hasil penelitian
  3. Ada banyak objek penelitian yang hanya bersedia diambil datanya dengan cara observasi
  4. Adanya fenomena serentak yang dapat diamati secara serentak pula

Selain itu, beberapa kelemahan dari penelitian kuantitatif ini adalah sebagai berikut :

  1. Terkadang dalam setiap kegiatan observasi sering ditemukan pengamat yang inkonsisten
  2. Banyak gejala yang hanya bisa diamati dalam keadaan tertentu
  3. Observasi tergantung dengan kemampuan pengamatan dan mengingat
  4. Adanya kelemahan pengamat dalam pencatatan
  5. Banyak kejadian dan keadaan objek yang sulit diobservasi
Beberapa macam penelitian kuantitatif diantara lain Experimental Research (Penelitian Eksperimen), Penelitan Korelasi (Correlation Research), Penelitian Komparasi (Causal-Comparative Design) dan Penelitian Survey (Survey Research Design) yang masing masing memiliki metode penelitian yang berbeda pula.

Dalam makalah ini, juga akan membahas dan bertujuan untuk mengetahui pengertian penelitian Kuantitatif, untuk mengetahui Langkah-Langkah Penelitian dengan Metode Kuantitatif, mengetahui Syarat yang Menetapkan suatu Metode Penelitian Kuantitatif serta untuk mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Metode Penelitian Kuantitatif.

Makalah pertama mimin dapatkan dari makalah presentasi kelompok dari Program Studi Pendidikan Sains, Universitas Negeri Yogyakarta. Dan untuk makalah yang kedua mimin dapatkan dari anonymous. Kedua makalah ini berformat doc jadi kalian bisa mengedit dan mengambil kontennya asal dengan cara yang bertanggung jawab.

Kamu akan dibawa pada halaman safelink, tunggu lima detik untuk memunculkan link unduh yang bisa kamu dapatkan.

Download Makalah Penelitian Kuantitatif Lengkap disini

Download Makalah Penelitian Kuantitatif Lengkap lainnya disini

Demikian artikel dan pembahasan kita mengenai Makalah Penelitian Kuantitatif Lengkap kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang mencari materi dan bahan mengenai penelitian kuantitatif untuk dijadikan makalah ataupun proposal. Jangan lupa untuk memberikan komentar ya.