Cara Lolos Ujian SBMPTN Soshum vs Saintek

Bagaimana cara lulus menghadapi ujian SBMPTN tahun ini? Tanpa perlu ikut bimbingan belajar soshum dan saintek yang menghabiskan cukup banyak uang, kamu bisa diterima kok dengan nilai yang memuaskan. Kali ini kosngosan akan memberikan tipsnya. Pastikan kalian telah memilih salah satu jurusan impian kalian agar nantinya bisa lebih fokus dalam belajar mempersiapkan ujian kali ini.

Sebelumnya mimin telah membahas bagaimana tips lulus seleksi snmptn, bila kalian tertarik bisa mengunjungi halaman tersebut. Kali ini kita akan fokus membahas mengenai sbmptn tahun ini. Seperti apa persyaratan sbmptn tahun ini? Kapan pengumuman dan jadwal sbmptn 2018? kosngosan akan membahasnya sesaat lagi.

SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jalur ini merupakan jalur masuk perguruan tinggi paling banyak pesertanya.

Seleksi ini merupakan seleksi masuk PTN jalur umum yang menggunakan nilai ujian tertulis serta diselenggarakan bersama di seluruh Indonesia oleh PTN. Tidak seperti SNMPTN yang menyeleksi lewat variabel nilai semasa SMA. Namun yang diperhitungkan adalah dari nilai hasil ujian.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai informasi update SBMPTN, kamu bisa segera mengunjungi situs resminya di :sbmptn.ac.id

Baca dulu : TIPS Memilih Jurusan Kuliah S2 untuk Bekerja


Tips Lolos SBMPTN


tips ujian sbmptn

1. Persiapkan Syarat Utama Pendaftaran SBMPTN


Adapun syarat peserta ujian SBMPTN tahun ini adalah :

  • Tamatan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C harus memiliki ijazah.
  • Tamatan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun tertentu minimal harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang dibubuhi cap/stempel yang sah
  • Sehat secara jasmani dan rohani 

Pendaftaran SBMPTN tahun ini dilakukan online. Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman yang telah disediakan. Kemudian untuk Formulir pendaftaran ujian tulis dan keterampilan dapat diunduh di lamannya juga.

Pendaftaran online UTBC dan UTBK dimulai tahun ini. Pendaftaran ini akan ditutup apabila kuota pendaftar telah penuh.

Untuk informasi jadwal dan alur pendaftaran SBMPTN kamu bisa mengunjungi beberapa laman, untuk lebih updatenya bisa googling saja ya


2. Pilih Jurusan Sepi Peminat


Ini adalah salah satu cara sederhana membesar kans kamu diterima di universitas idaman mu. Jangan asal memilih jurusan di perguruan tinggi, kamu kamu tidak mau mengalami kegagalan kuliah nantinya. Selain itu penting juga untuk memilih jurusan yang satu passion dengan mu, relevan dengan jurusan mu ketika sekolah

Oleh karena itu pilihlah jurusan yang benar benar kamu yakin akan mengembangkan karier dibidang tersebut.  Seperti bidang soshum (sosial humaniora) untuk jurusan IPS, atau saintek untuk jurusan Ipa. Jangan lupa pelajari tentang jurusan yang akan kamu pilih tersebut di google.


3. Pilih Passing Grade-mu


Sebenarnya tidak selamanya passing grade rendah bisa meningkatkan kesempatan mu diterima pada suatu jurusan di perguruan tinggi. Yang terbaik adalah kamu hitung kemampuan nilaimu dengan kesesuaian jurusan yang akan kamu ambil. Apa itu PG?Passing Grade adalah rerataan standar setiap jurusan perguruan tinggi dimana penentuannya bergantung dari jurusan yang dipilih dan kamu bisa memilih PT tertentu sebagai patokan

Meski pun sebenarnya tidak terdapat passing grade secara resmi dan standar, akan tetapi sobat kosngosan bisa mengeceknya di Internet, dan setidaknya mendapat gambaran PG di jurusan dan universitas yang akan kamu incar seperti apa.

4. Belajar, Simulasi Try Out Sendiri


Ini sangat penting  untuk kamu yang memang bersungguh-sungguh untuk melanjutkan kuliah. Kamu harus belajar untuk lolos SBMPTN tahun ini dengan cara banyak berlatih soal soal. Fokus juga pada 1 mata pelajaran yang paling kamu kuasai, lalu imbangi dengan mata pelajaran yang lain, hal ini bermanfaat ketika kalian mengerjakan soal nanti.

Saat ini kamu bisa mendapatkan banyak contoh soal di internet, soal soal tahun lalu, soal soal prediksi dan berbagai soal try out yang akan mengasah kemampuanmu. Buatlah suasana seperti Ujian SBMPTN yang asli, dengan menerapkan tenggat waktu tertentu. Dengan persiapan ini, mimin yakin kamu tidak perlu lagi mengikuti bimbel, untuk menghemat uang masuk nanti ketika diterima kuliah.


5. Persiapkan Segalanya Sebelum Ujian di Hari H


Persiapan yang matang akan menjadi kesuksesan kamu mengikuti seleksi kali ini. Tanpa persiapan, kamu tidak akan bisa melalui ujian dengan mulus. Persiapkan semua kebutuhan ujian, persyaratan berkas, dan keperluan pribadi kamu.

Seperti persiapan ujian, keperluan pribadi bila memang lokasi ujian di luar kota, biaya seleksi, cari tempat penginapan dan jangan lupa untuk berkas yang harus dibawa ketika ujian. Karena ujian SBMPTN ada yang sudah berbasis komputer, maka kamu harus memdengarkan betul instruksi dari pengawas.

Ujian tulis dilaksanakan dengan memilih salah satu metode antara Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). UTBK kemudian dipilih lagi apakah peserta ingin menggunakan komputer yang telah disediakan oleh panitia atau menggunakan perangkat bergerak berbasis android yang dibawa sendiri oleh peserta.

Untuk UTBC, kamu harus mempersiapkan Kartu Tanda Peserta Ujian, Fotocopy Ijazah terakhir yang sudah dilegalisasi atau Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan Pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah, Pensil Hitan 2B, Rautan, Karet Penghapus serta Ballpoint Hitam.

Untuk yang memilih UTBK android, pastikan kamu sudah memenuhi persyaratan perangkat android yang diberikan pihak panitia. Install aplikasi UTBK Android (mat-sbmptn.apk) dan keluarkan SIM-Card dari HP.


6. Kerjakan Soal yang Mudah Terlebih Dahulu


Dalam semua jenis ujian, efisiensi waktu adalah yang utama. Oleh karena itu mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu merupakan kunci manajemen waktu yang bisa kamu lakukan. Dengan mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, kamu tidak akan fokus pada satu soal yang mungkin bisa menghabiskan waktumu.

Untuk waktu ujian, dimulai dengan durasi :
  • Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) termasuk Tes Kemampuan Verbal, Numerikal, Figural, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, masing-masing 15 soal dengan tenggat waktu 105 menit
  • Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) termasuk soal Matematika IPA, Kimia, Fisika, dan Biologi, masing-masing 15 soal dengan tenggat waktu 105 menit
  • Tes Kemampuan Dasar Soshum (TKD Soshum) termasuk soal Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, masing-masing 15 soal dengan tenggat waktu 75 menit
Jadi rata rata kamu hanya punya waktu yang cukup terbatas untuk mengerjakan satu soal. Pintar pintarlah mengerjakan soal yang mana yang paling mudah.


7. Periksa Kembali Jawaban di 10 Menit Terakhir


Memeriksa jawaban sebelum dikumpulkan adalah hal penting selanjutnya. Jangan terikut dengan suasana ricuh. Fokus kembali untuk memeriksa jawabanmu.

Cek apakah kamu sudah betul dalam menjawab setiap soal. Bila menemukan kesalahan itu ada, segera perbaiki. Jangan biarkan ada jawaban yang kosong karena itu akan merugikanmu sendiri.


8. Berdoa Sembari Menunggu


Kegagalan dan keberhasilan adalah sesuatu yang akan menghampirimu setelah mengikuti ujian kali ini. Oleh karena itu yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah berdoa dan terus melakukan aktifitas positif. Dengan berdoa kamu akan lebih ikhlas menerima keputusan apapun yang nantinya akan keluar. Yakinlah bahwa Tuhan akan memberikan yang terbaik untuk kamu.

Bila memang kamu sukses, maka kamu perlu belajar lebih giat lagi mempersiapkan masa studimu di kampus. Apabila kamu gagal, kamu bisa memilih jalur mandiri. Akan tetapi ini akan membutuhkan biaya yang lumayan untuk uang kuliahnya.

Baca juga : RAHASIA Mendapatkan Nilai A+ bagi Mahasiswa


Kata Penutup


Jangan lupa untuk bersungguh sungguh dalam kuliah ya, setelah diterima nantinya. Dimana pun dan apa pun jurusan yang kamu ambil, itu adalah yang terbaik untukmu. Jadi tidak ada asalan untuk bermalas malasan kuliah, apalagi sampai tidak tamat hanya karena tidak fokus. Kasihan kan orang tua yang sudah capek capek membiayai uang kuliah mu?

Demikianlah pembahasan kita mengenai Tips Lolos SBMPTN Tanpa Bimbel yang Efektif. Semoga setelah membaca postingan kali ini, kamu bisa diterima di perguruan tinggi favoritmu dengan nilai yang memuaskan. Jangan lupa untuk memberikan komentar ya.
By

0 Response to "Cara Lolos Ujian SBMPTN Soshum vs Saintek"

Post a Comment

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads