Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Pendudukan Jepang dalam Sistem Pendidikan yang Diterapkan di Indonesia

Bagaimana dampak penjajahan jepang terhadap sistem pendidikan di indonesia? Terdapat perbedaan yang signifikan antara sistem pendidikan Jepang dengan kurikulum pendidikan di Indonesia. Namun karena penjajahan jepang, ada berbagai konsep pendidikan yang secara tidak langsung mempengaruhi pendidikan di Indonesia dan semoga dengan mengetahui perbedaan ini, kita bisa lebih baik lagi memajukan pendidikan di tanah air.

Pendidikan memang wajib bagi setiap penduduk, baik itu negara miskin, berkembang dan maju sekali pun seperti Jepang. Hanya saja banyak perbedaaan sistem dan kurikulum pendidikan antara negara seperti Jepang bila dibandingkan dengan di Indonesia.

Karena negara ini sangat menjunjung tinggi pembentukan kualitas sumber daya manusia-nya, maka pendidikan usia dini sangat ditekankan, demi mencetak generasi terbaik Jepang yang bersaing secara global.

Tahukah sobat kosngosan, menurut fakta berita pendidikan Internasional yang terbaru, mengungkapkan bahwa murid-murid di Jepang unggul di dunia dalam keahlian berbahasa dan angka. Lalu, apa saja yang membuat sistem pendidikan Jepang sangatlah unik dan berbeda dengan Negara-negara lain du dunia?


Dampak Sistem Pendidikan Jepang di Indonesia

Dampak Sistem Pendidikan Jepang di Indonesia

Berikut adalah beberapa perbedaan sistem pendidikan Jepang bila dibandingkan dengan yang ada di Indonesia saat ini :

Baca juga : Contoh Inovasi Pembelajaran di Era Society 5.0

Menu makan yang sama dari kantin sekolah

Jepang mengajarkan anak-anak mereka tentang keutamaan makanan sehat dan penggunaan bahan makanan yang berkualitas serta alami. Sebagian besar makanan siang tersebut berasal dari bahan-bahan yang masih segar serta langsung didapat dari tempat lokal yang terdekat dengan sekolahan tersebut.

Hal ini memang terbilang cukup efektif. Tidak hanya memperhatikan faktor eksternal saja, pemerintah Jepang ternyata sangat memperhatikan kualitas asupan gizi dari rakyatnya. Karena makanan merupakan salah satu faktor penting dalam pembentukan karakter anak.

Mengajarkan kesenian tradisional

Diwajibkannya setiap sekolah-sekolah formal yang ada di Jepang untuk mengajarkannya kesenian tradsional pada setiap-setiap daerahnya. Mungkin, di Indonesia juga di ajarkan tentang kesenian, tetapi tidak menjadi keharusan.

Andaikan juga diajarkan, adalah seni yang lebih menuju ke seni Barat. Maka tidak heran, saat ini mulai berkurangnya minat pelajar dalam mempelajari tarian tradisional misalnya.

Disiplin waktu yang tinggi

Jam masuk siswa dan juga guru di Jepang adalah pukul 08:00 pagi sampai pukul 03:00 sore. Meskipun masuk jam 08:00 sangat jarang ada keterlambatan, serta proses pembelajaran juga tetap kondusif. Inilah bukti dahwa sikap disiplin di negara ini sangatlah di utamakan.

Sudah tidak diragukan lagi mengenai tingkat disiplin warga Jepang. Apalagi pada murid-murid sekolahnya. Keterlambatan seper sekian menit saja sudah menjadi masalah yang cukup serius untuk ditanggapi. Dengan pembentukan ini sedini mungkin, maka akan tercipta generasi yang memang benar-benar menghargai waktu.

Tidak adanya ujian pada 3 tahun pertama sekolah

Hal ini menyatakan bahwa tidak di butuhkannya ujian sampai kelas 4 karena bagi orang jepang penanaman budaya sopan santun sejak dini lebih penting ketimbang ujian. 

Ujian hanya akan dilakukan bagi siswa yang sudah cukup senior dan dianggap sudah memiliki kemampuan dalam hal akademik secara fokus.

Hal ini ternyata memang penting, karena selain mengurangi tingkat depresi anak, juga bisa meningkatkan waktu bermain sambil belajar tanpa adanya sistem ujian yang bisa menjadi momok bagi anak usia dini.

Tidak adanya pegawai kebersihan atau tukang sapu di sekolah

Karena Jepang ingin mengajarkan kepada murid-muridnya bagaimana kerja dalam tim, saling berbagi tanggung jawad

Dan juga menanamkan rasa hormat dan juga kepedulian terhadap segala hal yang ada di sekitaran (bukan hanya manusia). Jadi siswa siswi Jepang di wajibkan bersih-bersih setelah selesai aktifitasnya.

Hampir sama dengan membentuk kedisiplinan, kebersihan merupakan sesuatu yang menjadi sangat dihargai di Jepang. 

Masyarakatnya sangat menjunjung tinggi quotes "Buanglah sampah pada tempatnya". Dan ini juga yang menjadikan tempat di jepang selalu tampak asri dan bersih.

Diwajibkan membaca selama 10 menit sebelum pelajaran

Kebijakan dari sekolah dan juga guru yang mengharuskan para siswanya membaca sebelum kegiatan dimulai ialah salah satu penyebab pelajar di Jepang memiliki minat baca yang tinggi. Kebijakan ini sudah berlangsung sekitar 30 tahun yang lalu.

Membaca merupakan kunci dari transfer ilmu. Oleh karena itu kewajiban membaca untuk anak-anak akan membuat mereka memiliki kebiasaan baik dalam menghabiskan waktu luangnya. Sayangnya ini tidak diterapkan di sekolah kita, anak lebih sering terpapar gadget yang bisa merusak matanya.

Setiap siswa diwajibkan naik transportasi khusus sekolah

Kepeduliannya pemerintah Jepang terhadap dunia pendidikan di negaranya sampai menyediakan alat transportasi khusus untuk pelajar. 

Memang di negara kita pun saat ini sudah memiliki kendaraan khusus pelajar, namun kebijakan ini tidak berjalan sempurna karena masih banyaknya siswa yang membeawa kendaraan pribadi roda dua bahkan roda empat dan juga naik angkutan umum.

Karena sistem pendidikan dan transportasi berjalan berdampingan, maka dari itu pemerintah Jepang sudah sangat berhasil dalam mengelola kebutuhan masyarakatnya. 

Bis subsidi dari pemerintah ini juga bertujuan untuk mengingatkan anak anak agar sebisa mungkin selalu menggunakan kendaraan umum.

Hal ini sangat bertolak belakang dengan kondisi murid di indonesia yang mayoritas hampir menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor untuk ke sekolahnya. Demikianlah pembahasan kita mengenai Fakta Sistem Pendidikan di Jepang yang Tidak Ada di Indonesia.


Dampak Penjajahan Jepang terhadap Sistem Pendidikan di Indonesia


Berapa pola pendidikan yang diterapkan oleh pemerintahan Jepang pada masa penjajahan dan masih diterapkan di Indonesia saat ini adalah sebagai berikut :

Sistem pendidikan SD 6 tahun, SMP 3 tahun dan SMA 3 tahun

Sistem pendidikan ini awalnya diperkenalkan oleh negara Jepang sebagai salah satu bentuk warisan dari konsep pendidikan Jepang pada saat itu

Adapun sistem pendidikan jepang saat itu dimana setiap tahapan pendidikan dibagi dalam beberapa jenjang, dan setiap jenjang memiliki durasi belajarnya masing masing

Pendidikan untuk semua orang

Ketika negara Jepang menduduki Indonesia maka pola pendidikan dengan memperhatikan ras atau warna kulit sudah mulai dihapuskan tidak seperti pendidikan di zaman penjajahan Belanda. 

Saat ini pendidikan di Indonesia juga tidak memperhatikan lagi latar belakang terkait dengan SARA.

Memperhatikan pengembangan bahasa Indonesia

Pada masa penjajahan Jepang, bahasa Indonesia mendapatkan perhatian yang cukup serius untuk dikembangkan dan dipelajari dalam Sekolah selain tentunya penggunaan bahasa Jepang yang digunakan untuk bahasa utama pada proses belajar mengajar saat itu

Memperkenalkan budaya Ketimuran

Berbeda dengan penjajahan di masa Belanda yang memperkenalkan budaya barat serta hanya sekelompok kaum elit saja yang bisa sekolah

Namun pada masa penjajahan Jepang, pendidikan di Indonesia sudah mulai memperkenalkan budaya Asia yang tentu saja identik dengan budaya Jepang

Mengembangkan pelajaran olahraga

Barulah pada masa penjajahan Belanda pendidikan di bidang olahraga dan kesehatan jasmani mulai mendapatkan tempat

Hingga saat ini pendidikan di Indonesia juga tetap menyediakan pelajaran olahraga dan pendidikan jasmani sebagai salah satu metode untuk menjaga kesehatan murid-murid


Kesimpulan

Pada dasarnya penjajahan memang tidak bisa ditolerir. Namun pada akhirnya Jepang telah memberikan banyak pengaruh terhadap pendidikan di Indonesia dan Sebagian ada yang masih diterapkan hingga saat ini

Semoga dengan membaca ini bisa membuka pemikiran kita akan pentingnya memperbaiki sistem pendidikan di tanah air. 

Berikan pendapatmu tentang apa yang kurang dari sistem pendidikan kita di kotak komentar dibawah ini. Terimakasih telah berkunjung.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya