2 Cara Cepat Perkalian Menggunakan Metode Matematika

2 Cara Cepat Perkalian Menggunakan Metode Matematika

cara cepat perkalian
Seperti yang kamu ketahui anak-anak zaman sekarang sudah sangat jarang sekali untuk belajar karena di zaman saat ini banyak anak-anak yang malas belajar karena sibuk bermain smart phone, padahal jika kita terus menerus memegang hp atau memainkanya itu akan sangat berdampak buruk bagi otak si anak tersebut. Mungkin hanya ada beberapa anak sekali yang rajin atau terbebas dari kecanduan hp,misalnya jika yang melihat atau membaca artikel ini saya jamin anak itu ingin menajdi orang yang lebih baik lagi untuk kedepanya karena jika ada anak yang membuka artikel ini maka tentunya anak itu akan belajar bukan,atau bisa anak itu hanya mencari alasan untuk bermain HP. Karena setiap anak semua berbeda karakternya.

Memang teknologi seperti hp saat ini banyak di salah fungsi kan bagi anak-anak saat ini,bukanya untuk mencari ilmu justru digunakan untuk bermain game yang tidak ada gunanya.Di era teknologi seperti ini memang banyak anak-anak yang sudah pintar mencari uang melalui teknologi saat ini,selain berdampak negatif tentunya berkembang pesat nya teknologi saat ini juga memberi dampak yang positif untuk anak-anak zaman now.

Lalu apakah hubunganya bagi pelajaran matematika perkalian ini,tentunya jika kalian membaca pembukaan di atas ini pasti and bingung kan "judul nya 4 cara perkalian tapi kok tentang teknologi mas?"yak itu cuman untuk pembukaan aja biar artikel ini bisa berada di page one pencarian google dan bisa di baca banyak orang yang ingin menimba ilmu tentang cara cepat perkalian.

Baca lainnya : Materi dan Makalah Matematika Umum

Memang matematika adalah mata pelajaran yang mungkin di benci oleh banyak siswa di dunia ini maupun sd,smp,sma,dan mahasiswa kenapa? Pelajaran matematika ini sangat membutuhkan banyak sekali rumus yang wajib di hafal dan di pelajari. Tetapi untuk pelajaran matematika di smp dan sma tidak terlalu banyak menghitung karena matematika di smp atau sma hanya butuh kosentrasi dan pemahaman yang luas.

Namun bagi pelajaran matematika di SD kita wajib hafal apa itu perkalian, pembagian dimana hal itu sudah sangat gampang bagi siswa smp dan sma, tetapi bagi siswa sd yang masih menginjak kelas 2 atau 3 tentunya akan kesulitan dengan perkalian dan pembagian semua cara sudah di lakukan tapi lupa-lupa terus dan terpaksa di hafal deh satu per satu.

Sebenarnya perkalian dan pembagian ini sangat mudah dan praktis tidak perlu pakai jari kek atau tidak perlu di hafal satu per satu perkalianya,maka dari itu tujuan dari artikel ini adalah membuat anda yang membaca artikel ini memahami apa itu perkalian.Oh iya untuk cara pembagian secara cepat mungkin akan saya susul minggu depan,jadi santai aja saya akan memosting cara cepat perkalian ini.

2 Cara Cepat Perkalian dalam Pelajaran Matematika


Cara ini memang lebih praktis dari cara menghafal atau menggunakan jari tetapi jika ada yang salah atau masih ada cara lainya mohon silahkan usul di kolom komentar kami di bawah ini.Oke langsung saja 2 Cara Cepat Perkalian.

Perkalian Menggunakan Cara Kotak


Cara ini memang lebih rumit dari cara ke satu karena anda harus terlebih dahulu membuat kotak untuk perkalian kotak tersebut.Sebaiknya anda menyiapkan dulu kotak nya dan silahkan tulis angka-angkanya dengan menyiapkan kotak-kotak nya terlebih dahulu cara ini akan lebih cepata dari perkalian menggunakan cara bersusun.

Contoh 28 x 654

Caranya atau langkah-langlah perkalian menggunakan kotak sangat gampang yaitu :



  • Pertama kalikan 2 dengan 6 taruh angka pertama ke kolom atas dan taruh angka terakhir ke kolom bawah
  • Kedua kalikan lagi 2 dengan 5 taruh juga seperti cara di atas
  • Ketiga kalikan lagi 2 dengan 4 taruh juga seperti cara di atas
  • Keempat kalikan 8 dengan 6 taruh angka pertama ke kolom atas dan taruh angka terakhir ke kolom bawah
  • Ke lima kalikan 8 dengan 5 taruh juga seperti cara di atas
  • Ke enam kalikan 8 dengan 4 taruh juga seperti cara di atas
  • Jika sudah tinggal tambahkan saja angka angkanya dengan cara kolom deret pertama adalah 2,kolom deret ke 2 dari atas berisi angka 2,4,2,kolom deret ke tiga berisi angka 1,0,2,4,kolom deret angka ke empat berisi angka 6,1,0 dan kolom deret angka ke lima hanya berisi angka 6

Cara menambahkan nya.


  1. Kolom kesatu : 2
  2. Kolom ke dua : 2 + 4 + 2 sama dengan 8
  3. Kolom ke tiga : 1 + 0 + 2 + 4 sama dengan 7
  4. Kolom ke empat : 6 + 1 + 0 sama dengan 7
  5. Kolom ke lima : 6
  6. Dan hasilnya adalah 28776


Urutkan saja dari kolom kesatu sampai ke terakhir.

Perkalian Menggunakan Cara Bersusun


Cara ini memang sudah menjadi cara perkalian yang pasaran atau sudah sangat sering di ajarkan oleh guru-guru matematika saat ini.

Perkalian bersusun 2 angka, contoh 27  x 72 :




  • Pertama kalikan 7 dengan 2.hasilnya 14 taruh 4 di bawah dan taruh 1 di atas angka 2.
  • Kedua kalikan 2 dengan 2 hasilnya 4 karena masih ada simpanan 1 dari hasil cara pertama maka tambahkan 1 dan hasilnya 5.
  • Ketiga kalikan 7 dengan 7 hasilnya 49 taruh angka 9 dan simpan angka 4 nya di atas 2
  • Keempat kalikan 2 dengan 7 hasilnya 18 karena ada simpanan 4 dari cara ketiga maka hasilnya 18
  • Ke lima tambahkan semua angkanya
  • Nah untuk cara kesatu sangat mudah bukan kalian hanya tingal kali kan silang saja saja.
Baca lainnya : Manfaat Bermain Puzzle Untuk Perkembangan Anak Usia Dini

Mudah bukan cara yang saya berikan, jika cara perkalian metode baru ini ada pertanyaaan, silahkan bertanya di kolom komentar di bawah ini. Demikian artikel ini yang berjudul 2 Cara Cepat Perkalian matematika kali ini, jika ada masukan mohon silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-temanmu yang lain bila dirasa cukup bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung.