Proposal Keamanan Lingkungan Pos Kamling dan Ronda Malam

Proposal Keamanan Lingkungan Pos Kamling dan Ronda Malam

proposal pos kamling
Pembangunan pos kamling dan kegiatan ronda malam merupakan bentuk upaya dari lingkungan masyarakat untuk menjaga keamanan di daerahnya masing masing. Upaya swadaya dari masyarakat ini terbilang efektif menekan peredaran maling. Oleh karena itu, untuk memulai program keamanan ini, diperlukan Proposal Sistem Keamanan Lingkungan Pos Siskamling dan Ronda Malam yang akan kosngosan berikan dibawah ini.

Sebelum memulai membangun pos kamling yang menjadi tempat berdiam para anggota masyarakat yang masuk giliran ronda, dibuatlah rencana anggaran biaya pos kamling yang menjelaskan detail pembangunan kepada setiap rumah tangga yang berada di lingkungan tersebut. Nantinya, setiap keluarga akan dikutip sumbangan dana tergantung dari kesepakatan bersama.

Apa tujuan pembangunan pos siskamling? Pos kamling adalah pusat kegiatan ronda malam yang bisa berukuran paling kecil 5x5 meter dan paling luas menampung beberapa orang yang terbuat dari kayu, bambu atau beton permanen.

Baca juga : Proposal Gotong Royong dan Bakti Sosial di Lingkungan Masyarakat

Adanya contoh proposal Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) ini akan membantu panitia dalam menjelaskan detail biaya yang diperlukan kepada setiap anggota masyarakat, untuk kemudian di mintai dana yang tertera di dalam proposal tersebut.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan siskamling ini dilakukan dengan ronda pada malam hari. Ronda merupakan kegiatan berpatroli baik jalan kaki maupun naik kendaraan, untuk memastikan keamanan lingkungan setempat. Ronda malam ini biasanya dibagi beberapa kelompok dengan sistem piket setiap harinya.

Contoh Proposal Siskamling dan Ronda Malam


Karena kita akan membahas proposal siskamling, sebelumnya ada baiknya kita bahas terlebih dahulu cara penulisan proposal umum dengan baik dan benar. Karena untuk menulis proposal juga membutuhkan metode penulisan yang tepat agar tidak salah dalam penyampaian informasi nantinya kepada masyarakat.

struktur proposal

Sebenarnya ada banyak sekali jenis proposal, dan proposal yang dibahas kali ini termasuk kedalam jenis proposal dana atau biasa disebut proposal kegiatan, yang bertujuan menghimpun dana dari masyarakat.

Seperti yang dijelaskan sekilas pada gambar diatas, bagian proposal yang baik haruslah merangkum sepuluh sub bab diatas. Berikut akan dijelaskan masing masing bagian :

Pendahuluan, pada bagian in kamu harus bisa menjelaskan latar belakang mengapa kegiatan ini dilakukan. Seperti maraknya aksi pencurian dan sebagainya. Jelaskan secara lebih rinci dan mendetail.

Dasar kegiatan, seperti apa kegiatan itu nantinya akan berjalan. Bagaimana mekanisme kerjanya, apakah pekerja berasal dari masyarakat atau memperkerjakan pekerja bangunan dan sebagainya. Dijelaskan dibagian ini.

Tujuan kegiatan, memberitahu tujuan akhir yang akan didapatkan bila dana sudah didapatkan. Tujuan akhirnya adalah adanya infrastruktur bangunan siskamling dan pengadaan piket ronda malam.

Waktu kegiatan, menjelaskan rentang waktu, perkiraan pengerjaan pos siskamling hingga selesai serta kapan program ronda malam akan dilakukan.

Tempat kegiatan, menjelaskan dimana pos tersebut akan dibangun, dan dimana saja kegiatan ronda akan dilaksanakan.

Susunan panitia, menjelaskan dan memperkenalkan orang orang yang bertanggung jawab dalam program pembangunan pos siskamling dan yang mengatur ronda malam.

Anggaran, ini adalah bagian yang paling penting. Disini dijelaskan berapa total biaya yang dibutuhkan dengan penjelasan setiap material yang diperlukan, dan biaya yang ditagihkan kepada setiap rumah tangga.

Lampiran, berisi dokumen pendukung yang bisa dijadikan bahan pelengkap proposal.

Kata Pengantar


Dalam rangka menjaga keamanan ditengah masyarakat dalam upaya berperan aktif dalam pembangunan, dan menimbulkan sikap rasa peduli masyarakat terhadap lingkungan, maka kami berencana melakukan kegiatan pembangunan “Pos Kamling” demi menjaga keamanan masyarakat yang ada di lingkungan sekitar. Sehubungan dengan hal tersebut kami membutuhkan dana aspirasi untuk pembangunan “Pos Kamling” dari Kelurahan A.

Pendahuluan


Pos Kamling merupakan sarana penting sebagai tempat untuk menjaga keamanan lingkungan masyarakat sekitar, dengan adanya Pos Kamling maka masyarakat akan merasa lebih termotivasi untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan keamanan lingkungan seperti mengikuti kegiatan ronda, dan lain sebagainya.

Rencana Kegiatan


Untuk rencana kegiatan dan Anggaran Biaya, bisa kamu scrool dibawah ini :



Download Proposal Pos Siskamling dan Ronda Malam


Kamu bisa mengunduh file bentuk word nya diatas. Dengan format .doc kamu bisa leluasa dalam mengedit beberapa tambahan lain yang diperlukan. Selain itu, untuk anggaran yang sudah tersedia, kamu harus menyesuaikannya dengan anggaran yang sudah disepakati bersama masyarakat.

Demikian lah salah satu Contoh Proposal Keamanan Lingkungan Pos Kamling dan Ronda Malam yang bisa bermanfaat bagi kamu yang sedang membutuhkannya. Bila kamu merasa contoh propsal ini bermanfaat, silahkan bagikan url nya ke teman teman yang lain. Berikan kritik dan saran mu di kotak komentar dibawah ini. terimakasih telah mengunjungi kosngosan.

Buka Komentar