Bocoran Cara Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi untuk Mahasiswa

Bocoran Cara Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi untuk Mahasiswa

Baca juga :

tips mendaftar beasiswa bidikmisi
Siapa yang tidak mau belajar gratis? Mendapatkan Beasiswa menjadi salah satu solusi atas mahalnya biaya pendidikan saat ini. Namun tidak semua jenis beasiswa bisa dengan mudah didapatkan. Seperti Beasiswa Bidikmisi yang mengharuskan kamu mendaftar dan seleksi. Kali ini kosngosan akan membahas mengenai bagaimana cara untuk mendapatkan beasiswa bidikmisi. Penasaran? Yuk simak pembahasannya dibawah ini.

Sejak tahun 2010, pemerintah melalui Direktorat Pendidikan Tinggi dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan membuat Program Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi. Bidikmisi adalah sebuah program pemerintahan yang akan memberikan bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan dalam bidang ekonomi dan memiliki potensi akademik. Bantuan ini di berikan kepada calon mahasiswa untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi engan program studi unggulan.

Bantuan biaya pendidikan akan diberikan kepada mahasiswa selama 8 semester untuk program diploma IV dan S1 dan selama 6 semester untuk program Diploma 3. Dimulai sejak mahasiswa tersebut di terima di perguruan tinggi, semua biaya pendidika termasuk SPP per bulan hingga uang pangkal, akan di bebaskan dan di tanggung oleh pemerintah.

Baca juga : Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah dan Sekolah

Mahasiswa penerima Bidikmisi juga akan di berikan setiap 6 bulan sekali untuk biaya perkuliahannya termasuk ongkos perjalanan.

Dengan besarnya jumlah biaya yang di tanggung, pemerintah melakukan seleksi yang ketat untuk menentukan calon mahasiswa yang akan mendapatkan beasiswa Bidikmisi ini. Antusias dari para peserta seleksi Bidikmisi ini juga sangat banyak.

Pastinya anda harus bersaing dengan ribuan calon mahasiswa untuk memperebutkan beasiswa ini. Oleh karena itu untuk kalian yang ingin mendapatkan beasiswa Bidikmisi, berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Penuhi Kriteria dan Persyaratan


Tujuan utama beasiswa Bidikmisi adalah membantu calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan dalam ekonomi atau kurang mampu. Jika kalian merasa memiliki keluarga dengan ekonomi menengah ke atas, maka jangan pernah coba untuk mengambil jalur Bidikmisi. Meskipun dengan niat untuk tidak membebani orang tua, kalian justru akan mengambilhak orang lain yang lebih membutuhkan.

Dalam web pendaftaran beasiswa Bidikmisi, kalian akan di minta untuk mengisi formulir pendaftaraan. Di sana, terdapat form khusus yang meminta anda untuk memasukan informasi mengenai ekonomi dan prestasi yang anda miliki

Karena di lakukan dengan system Web Based, maka akan terjadi banyak kecurangan yang dilakukan orang – orang tidak bertanggung jawab. Seperti contohnya saat di minta menggunggah hasil prestasi berupa piagam, akan ada orang yang mencantumkan piagam yang bukan miliknya.

Piih Jalur Masuk Yang Tepat


Untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi, terdapat 3 jalur yang bisakalian pilih yaitu SBMPTN, SNMPTN, dan SMMPTN. Ketiga jalur tes ini memiliki mekanisme dan ruang lingkup yang berbeda.

SNMPTN merupakan jalur masuk perguruan tinggi tanpa tes secara nasional dan hanya melalui penyeleksian berkas. SBMPTN juga merupakan seleksi masuk perguruan tinggi, namun jalur ini mengharuskan anda untuk menjalani tes secara nasional

Sedangkan SMMPTN, merupakan jalur masuk perguruan tinggi yang dengan cara menjalani tes di tiap daerah. Semua jalur tes ini, dapat mempengaruhi diterima atau tidaknya anda dalam mendapatkan beasiswa Bidikmisi.

Pilih Jurusan Yang Tepat


pilih jalur masuk perguruan tinggi

Terdapat 3 jenis jurusan yang bisa kalian pilih pada tahap seleksi yaitu IPA, IPS, dan IPC. Jika kalian memilih jurusan IPA, maka kalian hanya dapat memilih Saintech saja dan pada jurusan IPS hanya dapat memilih jurusan social hukum. Sedangkan pada IPC, kalian bebas menentukan jurusan yang akan dipilih nantinya.

Dalam memilih jurusan, kalian juga harus melihat background atau latar belakang yang sebelumnya telah di pilih. Jika kalian dari lulusan IPS atau setara dengan IPS, maka akan lebih baik jika kalian memilih jurusan yang berhubungan dengan IPS. Begitupun sebaliknya dengan jurusan IPA.

Demikian artikel mengenai Bocoran Cara Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi kali ini, semoga dapat memberikan manfaat buat kamu dan yang lainnya yang saat ini sedang mengincar jenis beasiswa ini. silahkan ceritakan pengalamanmu mendapatkan beasiswa di kotak komentar dibawah ni ya. Salam sukses buat kalian!

Buka Komentar