Download Makalah Integrasi Nasional dan Pluralitas Indonesia

Download Makalah Integrasi Nasional dan Pluralitas Indonesia

Makalah Integrasi Nasional Indonesia
Bagi kamu yang sedang mencari materi dan makalah mengenai Integrasi Nasional Indonesia terbaru kamu dapat men-download-nya secara gratis pada postingan ini. Integrasi nasional merupakan sekumpulan usaha dan progres mempersatukan perbedaan-perbedaan yang ada pada suatu negara sehingga terciptanya keserasian dan keselarasan secara nasional.

Seperti yang kita kenal, Indonesia yaitu bangsa yang betul-betul besar bagus dari kebudayaan maupun areanya. Di satu sisi hal ini membawa imbas positif bagi bangsa sebab kita dapat memanfaatkan kekayaan alam Indonesia secara bijaksana atau mengelola kebiasaan kebiasaan yang melimpah untuk kesejahteraan rakyat, tapi kecuali memunculkan sebuah profit

Hal ini juga akan memunculkan persoalan yang baru. Kita kenal dengan kawasan dan kebiasaan yang melimpah itu akan mewujudkan karakter atau manusia manusia yang berbeda pula sehingga bisa mengancam keutuhan bangsa Indonesia.

Makalah Integrasi Nasional Indonesia


Makalah dibawah ini berisi materi dan informasi seputar integrasi nasional yang banyak dicari oleh pelajar maupun mahasiswa. Karena integrasi nasional menjadi materi yang sering dibahas oleh berbagai jurusan dan mata kuliah serta mata pelajaran.

Isu seputar perwujudan integrasi nasional di Indonesia sudah banyak dibahas dan dicanangkan oleh bermacam-macam pihak termasuk pemerintah dan lembaga-lembaga yang berkaitan. Perwujudan integrasi nasional ini menjadi penting sebab pada dasarnya, dalam pembangunan nasional diperlukan gerak yang paralel dari bermacam-macam pihak dalam sebuah negara untuk menempuh tujuan-tujuan yang mengarah pada kesejahteraan dan ketenteraman masyarakat.

Sulit-situasi sulit etnik yang masih banyak terjadi di Indonesia ini menjadi tantangan dan ancaman tersendiri bagi terciptanya integrasi nasional bangsa ini. Menurut ilustrasi dari J.S Furnival (dalam Suparlan, 2005) masyarakat majemuk Indonesia cenderung tak menjadi satu dan tak merasa satu, mereka mempunyai adat istiadat kultural sendiri dan mempunyai interaksi yang amat terbatas dengan golongan suku lain.

Lalu apakah ini cuma di diamkan saja? Pada dasarnya, perbedaan tradisi, metode pandang, dan adat istiadat seharusnya disinergikan satu sama lain, membangun rasa kebersamaan dalam suatu kawasan, dengan melepaskan simbol-simbol primordial dari kelompok sosial adat, supaya tercapai sebuah integrasi nasional yang sudah dicita-citakan semenjak Indonesia belum merdeka.

Oleh karena itu bagi kamu yang sedang mencari contoh makalah dari integrasi nasional, bisa mengunjungi link url halaman dibawah ini selengkapnya :

Download Makalah Integrasi Nasional


Demikian pembahasan mengenai Makalah Integrasi Nasional Indonesia kali ini, semoga dapat membantu dan menjadi sumber referensi bagi kalian semuanya. Salam sukses dari mimin kosngosan untuk kalian semua. Jangan lupa membagikan tulisan ini bila kamu rasa bermanfaat ya.
Buka Komentar