Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blog ZOMBIE: Pengertian, Manfaat dan Cara Mendapatkannya

Apa itu Blog Zombie? Blog zombie adalah jenis blog yang sudah mati, kemudian diaktifkan kembali dengan tujuan untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Kenapa blog zombie banyak dicari orang? karena pada umumnya blog Zombie memiliki DA dan PA yang tinggi dan baik untuk meningkatkan ranking blog utama. Untuk lengkapnya kita akan membahas mengenai pengertian dan manfaat blog zombie yang perlu diketahui oleh blogger pemula. simak pembahasannya di bawah ini.

Mungkin jika sobat kosngosan selalu bergelut diranah SEO, mungkin kamu sudah tidak akan asing lagi dengan namanya blog zombie, jika kamu bergelut dalam persaingan page rank di google, tentunya kegunaan blog zombie ini adalah untuk membantu mendongkrak blog utama supaya lebih dikenal dimesin pencari.

Blog zombie bisa didapatkan dengan berbagai tool yang ada. Setelah mendapatkan blog yang dinilai baik kriterianya, maka kamu bisa mendaftarkan kembali blog tersebut untuk dimiliki, dan mulai membangun konten didalamnya.

Baca DULU : Kata Motivasi buat Blogger Pemula


Pengertian Blog Zombie


Pengertian dan Manfaat Blog Zombie

Apasih Blog Zombie itu? Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian awal tai, blog ini adalah jenis situs yang terbilang berumur dan sudah mengalami mati suri. Kenapa mati suri? Karena domain situs nya sudah tidak perpanjang lagi oleh si pemilik.

Blog zombi bisa berplatform gratisan baik itu domain yang didapatkan dari ekstensi blogspot, wordpress, tumblr, dan lainnya, dan ada juga blog zombie yang didapatkan dari domain Top Level seperti dot com, net, org dan sebagainya.

Blog zombie ini adalah blog yang sudah lama mati kemudian berhasil diaktifkan kembali. Matinya blog-blog zombie ini biasanya disebabkan karena berbagai faktor, seperti dihapus secara sengaja oleh admin blognya, atau berkemungkinan juga dihapus oleh penyedia platform blog tersebut karena melanggar ketentuan, atau bagi yang domain berbayar, si pemilik lupa untuk memperpanjang dan memilih untuk tidak mengaktifkan nya lagi, dsb.


Kelebihan Blog Zombie


Ada begitu banyak manfaat atau kelebihan jika sobat kosngosan berhasil mendapatkan blog zombie, dam rata-rata blog saling berburu untuk mendapatkan blog zombie ini. Seperti apa yang sudah kami sebutkan diatas, bahwa blog zombie adalah blog lama yang sudah hilang atau mati yang berhasil diaktifkan kembali.

Karena blog lama atau blog berumur tentunya sudah memiliki nilai Page Rank yang sangat tinggi, Domain Authority dan Page Authority yang tentunya juga sangat tinggi, dan keuntungan lainnya adalah blog zombie ini sudah pasti memiliki jumlah backlink yang banyak, otomatis blog utama kamu akan dimudahkan untuk bersaing di halaman pertama mesin pencari.

Catatan :

Namun tidak semua blog zombie selalu bagus, blog zombie yang memiliki semua keuntunga diatas tentunya adalah sebuah blog yang dulunya menjadi salah satu blog berkualitas.


Cara Mendapatkan Blog Zombie


Bagaimana cara mendapatkan atau mencari blog zombie? Pilihannya ada dua, yaitu dengan cara manual atau cara otomatis menggunakan tool atau software yang dibuat khusus untuk mencari keberadaan blog mati ini. Kita akan bahas satu persatu dibawah ini

Cara manual


Kamu bisa memanfaatkan berbagai macam teknik untuk mencari blog zombie secara manual, seperti misalnya kamu mengetik pencarian di google dengan kata kunci "mengapa blog saja dihapus" atau "blog saya telah dihapus oleh google" di mesin pencari google. Akan tetapi tidak semua blog mati bisa sobat kosngosan daftarkan, ada sebagian yang bisa ada yang tidak, jadi coba saja cara tersebut.

Atau kamu bisa juga mencari blog zombie dengan memanfaatkan forum di google help , yahoo answer , ads id , quora.com situs diskusi terbesar baik di media sosial facebook, twitter dan masih banyak lagi silahkan kamu mencoba berbagai forum online tersebut.

Cara otomatis


Ini adalah cara yang paling enak, namun sedikit menguras kantong, karena softwarenya premium (alias berbayar, namun ada juga yang gratisan, tapi fiturnya kurang mumpuni).

Kamu bisa menggunakan aplikasi yang bernama "Zombie Checker" karya dari mas bowo yang bisa sobat kosngosan cicipi secara gratis namun Trial dalam waktu sehari, atau berlangganan sebulan hanya 50 ribu rupiah. Duit segitu tidak akan berarti bila dilihat dari manfaatnya, bukan?


Manfaat Blog Zombie


Berikut adalah beberapa kegunaan dari blog zombi yang bisa kamu manfaatkan untuk kepentingan SEO dan kinerja blog lainnya :

Blog Zombie dapat dijadikan Sebagai Blog Dummy


Blog zombie bisa sobat kosngosan jadikan sebagai blog dummy, yaitu sebuah blog untuk mendongkrak popularitas blog utama. Biasanya dengan cara menanam backlink di blog zombie menuju ke blog utama, dan sangat banyak para blogger yang melakukan hal ini untuk membuat blog utama mereka lebih mesra lagi dengan mesin pencari.

Menanam backlink bukan lah hanya menanam link yang mengarah ke blog utama saja, terus bagaimana? ya, tanamlah backlink senatural mungkin yaitu buatlah artikel yang berkaitan dengan artikel blog utama dan silahkan sisipkan link yang mengarah ke blog utama.


Dijadikan Sebagai Blog Utama


Ada juga para blogger Indonesia yang memanfaatkan blog zombie ini untuk dijadikan blog utama. Cara ini sangatlah manjur menurut kami, karena seperti apa yang telah kami sebutkan di pembuka artikel ini bahwa blog zombie yang berkualitas tentunya sudah memiliki nilai PR, DA / PA, dan juga backlink yang terbilang sangat tunggi.

Kenapa menjadi kan nya sebagai blog utama? ya karena kita tidak perlu lagi membangun brand blog dari awal atau dari nol lagi.


Blog zombie bisa Dijual


Terakhir! Ada juga beberapa blogger yang berburu blog zombie yang memilih menjual blog zombie hasil berburunya. Kami juga pernah lihat beberapa thread di beberapa forum yang membahas atau menjual blog zombie ini.

Beberapa forum tersebut banyak para pemburu blog zombie yang menjual hasil buruan nya secara borongan atau sekaligus maupun secara satu per satu blog zombie saja. Harga dari blog zombie ini selalu berbeda-beda, makin berkualitas blog zombie tersebut maka semakin mahal harganya.


Blog zombie sebagai Aset


Ya tentu saja, blog zombie dengan domain lama yang memiliki Domain Authorithy (DA) dan Page Authorithy (PA) yang tinggi, menjadikan kamu memiliki aset yang cukup berharga dan bisa kamu manfaatkan untuk kepentingan SEO. Terlebih apabila kamu adalah seorang SEO Consultant, dimana banyak memiliki klien yang meminta untuk menaikkan page rank mereka.


Blog Zombie sebagai Penambah Backlink


Tentu saja sebagai pendongkrak traffic pada situs utama, blog zombie sangat bermanfaat untuk menambah backlink.

Namun yang perlu diperhatikan adalah kamu harus membuat contekstual backlink, atau backlink yang relavan untuk blog utama, sehingga tidak dinilai spam oleh google. Carilah blog zombie yang punya niche relavan dengan blog utama mu, kemudian mulailah menambahkan backlink dari blog utama ke blog zombie secara natural.


Blog Zombie sebagai Blog Content Placement

Kamu juga bisa memanfaatkan blog zombie dengan menjadikannya situs koleksi untuk penerimaan content placement.

Biasanya banyak para pemilik situs besar yang ingin mencari penyedia backlink berkualitas, sehingga kamu bisa mendapatkan fee dari setiap artikel yang dipublish dan mengandung backlink menuju situs mereka. Kamu bisa mendaftar di platform penyedia content placement seperti Sosiago dan rajabacklink.

Baca juga : Tips Memilih Hosting Gratis Domain untuk Blogger 


Kesimpulan


Blog zombie memang bukanlah menjadi satu satunya cara untuk mem-boost pagerank blog utamu. Karena konten adalah yang paling utama. Intinya sebanyak apa pun kamu kasih backlink blog zombie di blog utama mu, kalau isinya sampah, tetap saja tidak akan  menghasilkan apa apa.

Mungkin itulah penjelasan Pengertian dan Manfaat Blog Zombie yang Perlu Diketahui Blogger kali ini. Terimakasih telah berkunjung. Silahkan bagikan tulisan ini kepada teman teman yang lain bila kamu merasa bermanfaat.
Oleh rezaharahap