Pengumuman tanggal dan formasi CPNS 2018 terbaru

Pengumuman tanggal dan formasi CPNS 2018 terbaru

penerimaan cpns 2018

Proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) terbaru tahun 2018 sudah mulai dibuka. Kamu yang saat ini sedang mengincar posisi untuk menjadi abdi negara bisa segera mendaftar dan mempersiapkan beberapa persyaratan dan proses seleksi yang diadakan oleh tim Badan Kepegawaian Nasional tersebut. Simak pembahasan mengenai tanggal pengumuman dan formasi CPNS 2018 dibawah ini.

Jadwal dan format penerimaan CPNS memang tidak bisa dipastikan setiap tahunnya. Hal ini mengacu kepada kebutuhan instansi pemerintah dan hasil kalkulasi dari pemerintah dengan menyesuaikan jumlah aparatur negara, APBN juga banyaknya pegawai yang pensiun. Namun untuk tahun ini pemerintah sudah mengumumkan akan menerima PNS dalam jumlah yang cukup besar.

Baca juga :

Bocoran Kunci Jawaban Soal CAT CPNS TKB dan TKD Terbaru
Kumpulan Soal dan Pembahasan Tes Kompetensi Semua Bidang Premium

Adapun alur pendaftaran CPNS tahun 2018 terbaru kali ini, seperti yang dilansir dari berbagai sumber adalah :



1. Melakukan log in menggunakan NIK

Calon peserta CPNS 2018 diwajibkan untuk memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK wajib dicantumkan saat calon peserta hendak melakukan log in di laman sscn.bkn.go.id. Kemudian Sistem akan mengecek kevalidan NIK calon peserta.

2. Mendapatkan bukti daftar akun

Untuk calon peserta yang telah dinyataman valid akan mendapat bukti daftar akun. Bukti daftar akun digunakan untuk mendaftar posisi yang akan dilamar di instansi yang bersangkutan. Calon peserta tetap melakukan pendaftaran melalui situs resmi sscn.bkn.go.id

3. Menyertakan dokumen berupa pdf

Calon peserta wajib mengunggah dokumen menggunakan format pdf. Menurut sumber, dokumen yang kemungkinan perlu dipersiapkan yaitu Ijazah, Surat lamaran dan KTP.

4. Mencetak kartu peserta

Setelah semua berkas terverifikasi oleh sistem, instansi dapat mencetak kartu peserta. Calon peserta pun akan mendapatkan kartu peserta untuk melaksanakan ujian. Kartu tersebut dapat disimpan dalam penypanan ponsel mauoun dicetak untuk dibawa saat akan melaksanakan ujian.

Pembuatan akun dilakukan melalui formulir berikut dengan mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) calon pelamar dan Nomor Kartu Keluarga atau  NIK Kepala Keluarga sesuai dengan Kartu Keluarga.

Peserta yang sudah dapat melakukan registrasi akun kemudian dapat menggunakan akunnya untuk melakukan pendaftaran formasi melalui situs sscnregistrasi.bkn.go.id

Pengumuman Tanggal Penerimaan CPNS 2018 Terbaru


Pemerintah menetapkan tanggal pendaftaran online situs sscn.bkn.go.id untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 pada 19 September. Pendaftaran tersebut akan dibuka selama 15 hari.

Menurut Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja pembukaan pendaftaran akan dilakukan selama 15 hari sejak dibuka sejak tanggal 19 September hari Rabu hingga tanggal 4 Oktober hari kamis.

Formasi Penerimaan CPNS 2018 Terbaru


Formasi penerimaan CPNS tahun ini berdasarkan kalkulasi pemerintah. Penerimaan CPNS lebih banyak pada bagian tenaga pendidik (guru) dan kesehatan. Untuk guru jumlahnya sekitar 100.000  yang akan dibuka, sementara untuk tenaga kesehatan dan yang lainnya akan di update pada halaman ini, menunggu pengumuman dari pemerintah.

Khusus Guru Honorer akan ada seleksi khusus yang harus dilakukan. Guru honorer  sekarang tak bisa lagi tanpa tes. Jadi bagi yang memenuhi syarat K2 silakan mengikuti tes CPNS tahun ini.

Baca juga : Bocoran Soal Jawaban Tes Calon Pegawai Terbaru

Jadi bagi kamu calon pelamar ingat selalu untuk memantau situs resmi pendaftaran sscn.bkn.go.id.  Portal tersebut merupakan satu-satunya website resmi khusus pendaftaran CPNS tahun 2018 dan tidak anda yang lain. Supaya kamu  bisa terhindar dari penipuan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Demikianlah postingan mengenai Pengumuman tanggal dan formasi CPNS tahun 2018 Terbaru kali ini, semoga bisa membantu kamu yang saat ini sedang mengincar posisi menjadi PNS. Semoga kamu diberikan kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan yang diidam idamkan. Amin.

Buka Komentar