Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Penerimaan CPNS dan PPPK 2023 Terbaru

Apa saja syarat penerimaan cpns dan p3k tahun 2023 ini? Proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini rencananya akan dibuka sesuai dengan keputusan kemendagri. Kamu yang saat ini sedang mengincar posisi untuk menjadi abdi negara bisa segera mendaftar dan mempersiapkan beberapa persyaratan dan proses seleksi yang diadakan oleh Badan Kepegawaian Nasional.

Jadwal dan formasi penerimaan CPNS tahun ini memang masih menunggu hasil evaluasi pemerintah. Hal ini mengacu kepada kebutuhan instansi pemerintah dan hasil kalkulasi dari pemerintah dengan menyesuaikan jumlah aparatur negara, APBN juga banyaknya pegawai yang pensiun.



Waktu Penerimaan CPNS Berlangsung

Pemerintah belum menetapkan jadwal pasti penerimaan CPNS dan PPPK tahun ini, hanya saja berdasarkan pernyataan dari menteri PANRB, pemerintah akan membuka seleksi penerimaan CPNS dan PPPK di tahun ini, bila tidak ada halangan dan hal ini masih terus akan dikaji lagi oleh pemerintah.



Informasi Penerimaan CPNS dan P3K

Syarat Penerimaan CPNS dan PPPK

Formasi apa saja yang dibuka?


Formasi penerimaan CPNS dan PPPK tahun ini berdasarkan kalkulasi pemerintah lebih banyak pada bagian pendidikan dan kesehatan. Formasi penerimaan CPNS dan PPPK tahun ini berdasarkan kalkulasi pemerintah lebih banyak pada bagian pendidikan, kesehatan dan pertanian.

Untuk itu formasi yang dibuka akan di update pada halaman nii. Akan tetapi target ribuan formasi untuk seluruh perekrutan ASN tahun ini.. Untuk PPPK tentunya akan lebih di utamakan. Lihat juga beberapa situs resmi pemerintahan daerah (kota/kabupaten) di daerahmu, siapa tahu mereka juga membuka formasi untuk ASN Daerah.

Untuk kementrian yang katanya akan membuka formasi baik untuk lulusan SMA dan perguruan tinggi, adalah kementrian pertahanan, kementrian hukum dan ham, kementrian perhubungan dan kementrian lingkungan hidup dan kehutanan. Bagaimana apakah sobat kosngosan sudah siap?

Satu hal lagi adalah penerimaan CPNS dan PPPK tahun ini masih memakai portal SSASN. Jadi bagi kamu calon pelamar ingat selalu untuk memantau situs resmi pendaftaran sscn.bkn.go.id. 

Portal tersebut merupakan satu-satunya website resmi khusus pendaftaran CPNS tahun ini dan tidak anda yang lain. Supaya kamu bisa terhindar dari penipuan pihak yang tidak bertanggung jawab.


Alur pendaftaran CPNS terbaru


1. Melakukan log in menggunakan NIK

Calon peserta CPNS diwajibkan untuk memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK wajib dicantumkan saat calon peserta hendak melakukan log in di laman sscn.bkn.go.id. Kemudian Sistem akan mengecek kevalidan NIK calon peserta.

2. Mendapatkan bukti daftar akun

Untuk calon peserta yang telah dinyataman valid akan mendapat bukti daftar akun. Bukti daftar akun digunakan untuk mendaftar posisi yang akan dilamar di instansi yang bersangkutan. Calon peserta tetap melakukan pendaftaran melalui situs resmi sscn.bkn.go.id

3. Menyertakan dokumen berupa pdf

Calon peserta wajib mengunggah dokumen menggunakan format pdf. Menurut sumber, dokumen yang kemungkinan perlu dipersiapkan yaitu Ijazah, Surat lamaran dan KTP.

4. Mencetak kartu peserta

Setelah semua berkas terverifikasi oleh sistem, instansi dapat mencetak kartu peserta. Calon peserta pun akan mendapatkan kartu peserta untuk melaksanakan ujian. Kartu tersebut dapat disimpan dalam penypanan ponsel mauoun dicetak untuk dibawa saat akan melaksanakan ujian.

Pembuatan akun dilakukan melalui formulir berikut dengan mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) calon pelamar dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga sesuai dengan Kartu Keluarga.

Peserta yang sudah dapat melakukan registrasi akun kemudian dapat menggunakan akunnya untuk melakukan pendaftaran formasi melalui situs https://sscasn.bkn.go.id

Baca juga :

50 Soal Latihan Tes PPPK (P3K) dan Jawabannya
50 Soal Jawaban TKB Kesehatan dan Farmasi
50 Soal Jawaban TKB Pertanian dan Kehutanan
50 Soal Jawaban TKB Kementrian Luar Negeri
50 Soal Jawaban TKB Pendidikan dan Keguruan
50 Soal Jawaban TKB Pertanahan


Kesimpulan


Persiapkan dirimu untuk menghadapi CPNS dan PPPK tahun ini. Karena kamu harus memilih salah satu dari keduanya akibat jadwal tes yang digelar secara serentak pada bulan Oktober. Mempersiapkan diri tidak ada salahnya. Belilah buku pembahasan soal soal atau download ebook pembahasan soal soal CPNS yang banyak beredar.

Demikianlah postingan mengenai Pengumuman tanggal dan formasi CPNS Terbaru kali ini, semoga bisa membantu kamu yang saat ini sedang mengincar posisi menjadi PNS. Semoga kamu diberikan kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan yang diidam idamkan. Amin.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya