Contoh pembuatan undangan halal bihalal format doc

Contoh pembuatan undangan halal bihalal format doc

Masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim selalu mengedepankan silaturahim antara sesama. Salah satu cara untuk menjaga keharmonisan keluarga, kerabat sekantor, teman sekolah atau kuliah dan kerabat lainnya adalah dengan mengadakan halal bihalal. Untuk mengadakan acara seperti ini biasanya diperlukan undangan yang mengatakan detail acara supaya pihak yang diundang bisa mengetahui kapan dan dimana halal bi halal tersebut diadakan.

Ada banyak contoh format dan desain undangan halal bihalal baik yang bertujuan untuk sesama alumni, sekitaran sekolah, rt, dan rekan sekantor. Untuk lebih memudahkan kamu dalam mengedit surat undangan ini, maka mimin sudah memberikan format undaangan dalam bentuk doc atau word.

Namun sebelumnya kita bahas terlebih dahulu mengenai sejarah dan asal usul halal bihalal yang sering dilakukan oleh masyarakat kita terlebih setelah perayaan hari besar telah usai. acara ajang pertemuan untuk mempererat silaturahim ini memang bernuansa islami, namun tidak menutup juga untuk masyarakat umum.

Halal bi halal bila dimaknai secara bahasa tidak memiliki arti yang relevan dengan tujuan awalnya. Karena itu istilah ini tidak bisa dimaknai menurut bahasa akan tetapi dari segi kultural yakni budaya saling memaafkan atau dengan saling berkunjung ke rumah saudara (ajang silaturrahim) dengan tujuan untuk saling memohon dan memberi maaf yang diteruskan dengan berjabat tangan.

Baca juga : Contoh undangan tahlilan lengkap

Bagi yang masih penasaran dengan tradisi ini mengapa bisa ada di Indonesia, sementara di negeri arab sendiri tidak ada, maka sebenarnya ini berasal dari tradisi dari pangeran sambernyawa sang pemimpin Surakarta yang gemar mengumpulkan para punggawa dan prajurit di balai istana untuk melakukan sungkem kepada Sang Raja dan Permaisuri setelah perayaan Idul Fitri.

Hal ini dilakukan untuk efisiensi tenaga dan biaya. Erat hubungannya, kemudian kebiasaan tersebut akhirnya tetap lestari hingga sekarang, seperti sungkem atau mencium tangan terhadap orang yang lebih tua atau berkedudukan lebih tinggi sembari meminta maaf pada perayaan lebaran.


Panduan membuat undangan halal bihalal



cara membuat undangan halal bi halal

Setelah mengetahui sejarah mengenai halal bihalal tersebut, maka kamu bisa menulis atau mengetik sendiri surat undangan untuk acara ini, karena dinilai lebih unik dan bisa meningkatkan kemampuan kreatifitasmu. Kamu perlu memperhatikan beberapa langkah seperti dibawah ini :

Bagian kop surat atau kepala surat adalah bagian awal dari undangan yang berisi informasi perihal undangan, nama dan alamat undangan. Bagi surat undangan yang biasanya lipat 3, bagian ini ditampilkan di depan.

Bagian isi terdiri dari ucapan bismillah, paragraf pembuka, detail alamat dan waktu acara halal bi halal dan diakhiri dengan paragraf penutup.

Bagian penutup berisi ucapan salam kembali diakhiri dengan hormat kami dan catatan yang perlu di beritahukan.

Untuk mempercantik tampilan surat undangan, kamu bisa memberikan garis bingkai sesuai selera. Jarak margin disesuaikan (karena tidak ada aturan baku) begitu juga dengan jenis dan ukuran font sesuai selera dan pengembangan kreatifitasmu.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa segera melihat contoh form undangan halal bi halal seperti yang ada di bawah ini. Scroll kebawah untuk melihat contohnya, bila kamu merasa tertarik, silahkan download dengan mengklik tautan dibawah nya.


Contoh undangan halal bihalal format word



contoh format undangan halal bi halal

Ada banyak contoh dan desain undangan halal bi halal di internet yang bisa kamu ambil secara gratis. Dan kali ini mimin juga akan memberikan kepada mu salah satu format undangan terbaru dalam bentuk doc atau bisa dibuka dari microsoft word sehingga kamu bebas mengedit dan menambahkan hal yang dirasa perlu.




Download contoh undangan halal bi halal format word disini

Petunjunk download :

Kamu akan dialihkan ke halaman safelink, tunggu 5 detik, pilih download file, kamu akan diarahkan ke tampilan docs online. Untuk mendownload file undangan ini, pilih "File" kemudian pilih "Download as" lalu pilih jenis format dokumen yang akan kamu download. Selesai.

Baca juga : Contoh undangan aqiqah atau lahiran format word

Demikian artikel mengenai Contoh pembuatan undangan halal bihalal format word kali ini, semoga bisa bermanfaat buat kamu yang memang sedang membutuhkan format ini untuk dicetak ulang dan dibagikan kepada para undangan. Silahkan bagikan pos ini melalui media sosial milikmu juga.

Buka Komentar