Cara melamar kerja lewat sms dan telepon

Cara melamar kerja lewat sms dan telepon

Melamar pekerjaan membutuhkan surat lamaran kerja dan berkas pendukung agar dapat diterima oleh pihak perusahaan. Bagi seorang pencari kerja, kegiatan melamar kerja tentunya sudah sering dilakukan baik lewat kantor pos, diantarkan langsung ke HRD perusahaan hingga dikirim via email atau online. Namun ada juga metode yang jarang diketahui oleh banyak orang yaitu mengirim surat lamaran dan menanyakan lowongan kerja via sms (short message service) dan juga telepon.

Kali ini kosngosan akan membahas bagaimana cara melamar kerja lewat sms dan telepon. Karena keduanya memang menjadi metode komunikasi yang efektif apalagi terkendala oleh jarak dan waktu. Maka pihak HRD cenderung lebih suka proses rekrutmen yang simpel dan singkat.

Mengapa SMS begitu membuat para pelamar termudahkan? karena memang selain memangkas ongkos transportasi akibat mobilitas melamar kerja, sms juga lebih cepat sampai pada tujuan dan tidak membutuhkan penahanan yang berlangsung lama.

Kita bahas terlebih dahulu mengenai sejarah singkat sms dan fitur telepon. Fitur SMS pertama kali dikembangkan dari bentuk kerjasama GSM Franco-Jerman pada tahun 1984 oleh Friedhelm Hillebrand dan Bernard Ghillebaert. Metode teks komersial SMS pertama kali yang umum sering dikatakan sebagai multi tap. Dimana setiap nomor terhubung ke tiga atau empat huruf.

Baca juga : Cara daftar NPWP online bagi pengangguran yang belum bekerja

Hingga kini hampir semua fitur hp dan smartphone memiliki layanan sms sebagai layanan dasar yang harus ada. Sementara di era teknologi informasi seperti sekarang ini, sms sudah mulai ditinggalkan dan orang lebih beralih mengunakan media sosial dan aplikasi chatting.


Cara melamar kerja lewat sms dan telepon



cara lamaran kerja sms


Mengirim surat lamaran kerja memang tidak bisa sembarangan. Terlebih perusahaan yang kamu tuju adalah jenis perusahaan yang sudah besar dan memiliki brand yang cukup dikenal. Namun terkadang, ada perusahaan yang memang terlihat antimainstream dengan membuka rekrutmen melalui kedua cara ini.

Adapun beberapa langkah untuk memulai pelamaran kerja melalui sms dan telepon adalah sebagai berikut :

Langkah 1 :


Persiapkan semua berkas yang ada, sesuai dengan persyaratan dan kualifikasi yang ada pada pemberitahuan loker.

Langkah 2 :


Lanjut dengan memastikan apakah pihak perusahaan memang menyediakan metode rekrutmen melalui sms dan telepon. Lihat kembali di pemberitahuan loker.

Bila memang tidak spesifik, kamu bisa menghubungi pihak HRD atau rekrutmen menanyakan kesediaan layanan sms atau telepon ini. Tanyakan lah dengan sopan dan santun mengenai info tersebut. Kamu bisa melihat contoh format sms menanyakan lowongan kerja di subbab bagian bawah ini.

Langkah 3 :


Bila pihak perusahaan ternyata menerima metode pengiriman melalui sms ini, maka siapkan format surat lamaran kerja umum yang sudah kamu persiapkan, copy dan pastekan ke badan sms dan juga sertakan tujuan nomor hp tersebut. Jangan sampai salah.

Kamu bisa melihat dan menyalin contoh surat lamaran kerja umum dengan scrool halaman dibawah ini :



Langkah 4 :


Setelah pastekan, apload scan dokumen pendukung ke salah satu media penyimpanan online seperti google drive atau dropbox. Kemudian ambillah link sharenya untuk kemudian di sematkan ke dalam badan sms.

Untuk cara scan dokumen pendukung surat lamaran, kamu bisa mencari tahu panduannya pada postingan sebelumnya mengenai cara scan dokumen lamaran kerja disini.

Langkah 5 :


Cek kembali surat lamaran melalui sms tersebut, apakah ada kesalahan ketik atau nomor tujuan yang salah. Kemudian kirim.

Selesai. Kamu tinggal menunggu pengumuman seleksi selanjutnya, yang biasanya lanjut pada tahapan wawancara. Sembari menunggu pengumuman tersebut, tidak salahnya mencari dan mencoba melamar kerja di perusahan dan posisi lain, sehingga akan mempertinggi kans (kesempatan) kamu diterima kerja.

Contoh sms menanyakan lowongan kerja


Berikut adalah salah satu contoh format menanyakan lowongan kerja melalui sms, seperti dibawah ini :

Hal : Info Loker PT. Kosngosan
Kepada Yth,
Bapak / Ibu HRD
Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan dari media penyedia lowongan
kerja, saya bermaksud untuk melamar di PT. Kosngosan. Untuk itu saya meminta informasi lebih detail mengenai sistem dan persyratan rekrutmen kerja. Atas jawaban dan perhatinnya, saya ucapkan terimakasih banyak

Lihat juga : Cara Membuat SKCK Online dan Langsung Bagi Pencari Kerja

Semoga artikel seputar panduan dalam melamar kerja lewat sms dan telepon bisa bermanfaat untuk kamu semuanya yang saat ini sedang mencari pekerjaan. Mimin doakan kamu segera diterima oleh perusahaan dan bekerja sesuai passion mu. Silahkan share link artikel ini ke media sosial mu agar teman teman mu yang lain bisa merasakan manfaat nya juga.

Buka Komentar