Cara Agar Anak Suka Makan Sayur Dengan Menu Khusus Hasil Kreasi

Bagaimana cara membuat anak yang tidak menyukai sayur, menjadi suka makan sayur? memang membutuhkan waktu, namun orangtua bisa menerapkan beberapa tips yang akan kosngosan bahas dibawah ini, beserta dengan beberapa resep spesial sayur yang akan disukai anak.

Makan sayur tentu menyehatkan karena banyak mengandung serat dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Bagi orang dewasa mungkin sayuran adalah suatu keharusan untuk dikonsumsi bila ingin menjaga sistem pencernaan lancar.

Namun berbeda dengan anak. Mereka jarang sekali mau memakan sayuran karena memang dinilai tidak enak. Bagaimana cara mengatasi anak yang susah makan sayur tersebut? Mari simak strategi jitunya dibawah ini.

Orangtua perlu menerapan beberapa menu atau resep kreasi khusus terhadap anak yang susah makan sayur. Penggunaan seperti vitamin pengganti sayur dan buah untuk anak tidaklah cukup. Karena obat obatan ini umumnya hanya memiliki kandungan gizi nya saja, tanpa mengandung serat yang berguna untuk pencernaan.

Lihat juga : Cara Ampuh Mengajari Anak Perempuan Berjilbab

Selama ini ada tantangan tersendiri ketika orang tua berusaha berbagai cara supaya anak nya suka makan sayur. Mulai dari mencari banyak resep masakan sayuran untuk anak sebelum sekolah dan mencari tahu masakan berkuah yang paling disukai anak.

Pakar menjelaskan selain buah, sayuran juga sangat tinggi vitamin dan serat. Dengan penyajian dan teknik khusus, orangtua bisa memberikan sayuran kepada anak secara perlahan.

Jika memang anak suka makan sayur, maka orangtua tidak repot lagi memikirkan cara supaya mereka memakannya. Berbeda halnya apabila anak tidak suka makan sayur.

Apa yang mesti dilakukan oleh orangtua?


mengatasi anak susah makan sayur

Sebagai orangtua yang bijak, ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan terhadap anak dalam rangka meningkatkan ketertarikan mereka terhadap sayur, diantaranya :

Menunjukkan sayur kepada anak


Para pakar mengatakan bahwa salah satu cara orang ua membuat anak menyukai makan sayur adalah dengan menunjukkan pada mereka bahwa sayuran rasanya enak sekali. Cara ini cukup dengan menunjukkan kamu memakan sayuran didepan mereka, menikmati setiap proses mengunyah sayurannya.

Hal ini membantu anak meningkatkan ketertarikannya terhadap sayuran, sehingga mereka akan mencoba sayuran yang disuguhkan. Usahakan untuk memberikan satu jenis sayuran terlebih dahulu  kepada anak. Jadi dalam menyuguhkan sayur ke anak apalagi untuk pertama kalinya jangan dicampur.

Memberi tahu segudang manfaat memakan sayur


Menceritakan secara sederhana bahwa sayuran sangat baik bagi tubuh bisa mendorong anak menyukai makan sayur. Tapi yang perlu diingat adalah jangan pernah memaksa anak untuk mencoba sayur yang disuguhkan.

Memberi tahu manfaat sayur untuk tubuh juga bisa dilakukan ketika orangtua mengajak anak untuk memasak bersama di dapur. Jadi quality time bisa dimanfaatkan untuk memasak bersama sekaligus menjelaskan manfaat sayuran.

Meminta dia mencicipi sayur sekali saja terlebih dahulu


Ketika anak pertama kali makan dan dia tidak mau makan sayuran, maka orangtua bisa meminta anak menggigit sayuran yang dia mau sekali saja. Usahakan supaya dia mau menggigitnya satu kali gigitan saja. Pilihlah sayuran yang memiliki rasa manis.

Memberikan hadiah kepadanya


Sebagai seorang anak, dia harus diberikan motivasi untuk memakan sayuran. Kalau bisa, sobat kosngosan harus memberikan semacan reward kepada anak yang sudah mau makan sayur secara berkala. Hadiahnya tidak perlu mahal, apa yang berkesan dan membuatnya suka, itu sudah cukup

Terakhir, mengkreasikan makanan sayuran untuk anak


Orangtua bisa membuat makanan berbahan sayuran menjadi lucu dan unik supaya anak mau makan. Tidak masalah jika orangtua menambahkan bahan lain supaya mereka mau memakannya. Misalnya menambahkan parutan keju atau mayonaise di atas sajian sayuran yang dihidangkan.

Beberapa menu atau resep khusus hasil kreasi sayuran 


solusi anak susah makan sayur

Berikut adalah beberapa menu atau resep khusus hasil kreasi sayuran yang bisa orangtua buat supaya anak bisa makan sayur dengan sukarela. Untuk detail resep mungkin bisa dilihat di berbagai media situs masakan

1. Nugget sayur
2. Otak-otak sayuran
3. Egg roll Korea
4. Mie Bayam
5. Keripik wortel
6. Wortel Keriting Panggang
7. Mashed cauliflower
8. Spaghetti saus tomat
9. Omelet sayur
10. Sayur Lapis Daging Asap
11. Pineapple Bokcoy Juice
12. Sandwich dan Burger
13. Sup sayur
14. Mi dan Pasta sayur
15. Bakwan Sayuran Mini
16. Fiesta Jagung

Baca juga : Cara Mengatasi Bahaya Gadget Terhadap Anak

Sekianlah pembahasan kita mengenai Cara menyiasati anak susah makan sayur dengan menu khusus hasil kreasi kali ini, semoga orangtua bisa menerapkan hal tersebuat agar anak bisa mendapatkan manfaat sayur secara optimal.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel