10 Jurusan pendidikan keguruan yang paling dibutuhkan dunia kerja

10 Jurusan pendidikan keguruan yang paling dibutuhkan dunia kerja

Baca juga :

pendidikan keguruan

Menjadi guru adalah cita cita yang mulia. Mendidik dan mengajar anak bangsa agar memiliki karakter dan kepribadian merupakan tugas terbaik yang diberikan kepada mereka yang berprofesi guru. Untuk menjadi guru, maka kamu diharuskan menjalani perkuliahan jurusan pendidikan guru. Kali ini kosngosan akan membahas beberapa jurusan kuliah pendidikan keguruan yang paling dibutuhkan di masa depan, paling tidak 5 tahun kedepannya. Simak pembahasannya dibawah ini.

Semua jurusan dan fakultas memiliki serapan dunia kerja yang berbeda beda. Oleh karena itu sebelum melanjutkan pendidikan tinggi, kamu diharapkan memilih jurusan yang tepat. Salah satu indikator jurusan terbaik adalah yang lulusannya banyak dicari dan dibutuhkan oleh dunia kerja di masa mendatang.

Lihatlah kebanyakan sarjana paling banyak menganggur adalah mereka yang salah memilih jurusan dan tidak tahu mau kerja apa kedepannya. Bisa dikatakan lowongan jurusan kuliah yang mereka ambil tidak memiliki prospek kerja yang bagus baik untuk wanita maupun pria.

Kembali lagi ke pendidikan keguruan, ada banyak jurusan yang bisa kamu ambil sesuai minat dan bakatmu. Untuk menjadi guru SMP atau SMA misalnya dibutuhkan sertifikat keguruan yang menyatakan bahwa kamu sudah kompeten dibidangnya masing masing.

Lihat juga : 10 Jurusan kuliah yang populer untuk cewek di masa depan

Sebenarnya tidak semua lulusan pendidikan keguruan akan menjadi guru. Semuanya tergantung dari dinamika yang akan mengantarkanmu memilih antara berkarir menjadi seorang guru atau justru melenceng dari pendidikan dasarmu.

Ada yang menikmati menjadi guru ada juga yang tidak. Bagi mimin pribadi, menjadi guru itu asyik, dapat membagikan ilmu kepada orang lain. Terlebih disaat murid-murid yang diajar bisa menerima dan mengerti materi yang diberikan. Hati ini rasanya senang luar biasa.

Jadi, jurusan pendidikan keguruan apa saja yang paling prospektif di masa mendatang?


Mari cek kembali jurusan apa saja yang memang paling dibutuhkan untuk 5 tahun kedepan atau di tahun 2020. Semuanya berdasarkan analisis yang mimin lakukan pribadi. Mari simak beberapa diantaranya :

1. Jurusan pendidikan bahasa mandarin

pendidikan bahasa mandarin

Jurusan bahasa dan sastra china adalah jurusan yang mempelajari tantang berbagai macam budaya, bahasa, dan juga sastra cina yang ada di dalam masyarakat. Sehingga ada beberapa prospek kerja yang harus diisi oleh seorang yang bekerja sebagai sastra cina diantaranya sebagai penerjemah, bekerja di kedutaan besar atau menjadi guru bahasa.

Selain itu tingginya arus perdagangan antara Indonesia dan china membuat prospek bahasa china atau mandari semakin diperlukan kedepannya. Kamu bisa mengambil jurusan ini di perguruan tinggi yang ada di indonesia.

2. Jurusan pendidikan bahasa jepang

pendidikan bahasa jepang

Siapa yang tidak kenal jepang?  Pendidikan bahasa dan sastra Jepang adalah jurusan yang yang membuat mendidik mahasiswanya agar pandai dan terampil untuk menjadi guru bahasa Jepang ketika nanti lulus. Pada dasarnya kamu akan belajar mengenai teknis kebahasaan. Bahkan bisa dibilang delapan puluh persen muatan mata kuliahnya adalah hal yang bersifat jepang dan memberikan pembelajaran tentang bahasa.

3. Jurusan pendidikan luar sekolah

luar sekolah

Kamu akan mempeljari mata kuliah yang lebih mengutamakan kepada masyarakat umum. Oleh karena itu lulusan jurusan ini, bisa menjadikan sebuah prospek kerja yang sangat menguntungkan seperti bekerja di kemendikbud dan berbagai instansi pemerintah lainnya.

Jurusan ini memungkinkan kamu untuk menjadi guru home schooling yang searang sudah menjadi trend di kalangan menengah ke atas. Karena kesibukan waktu, kebanyakan murid memilih untuk menyewa guru untuk datang ke rumah mereka.

4. Jurusan pendidikan pertanian dan agribisnis

pertanian agribisnis

Pertanian dan agribisnis menjadi berkembang belakangan ini. Tingginya ekspor komoditi pertanian dan semakin banyaknya peminat SMK pertanian menjadikan kebutuhan akan guru pertanian dan agribisnis semakin bertambah. Di indonesia sendiri memang untuk jurusan pertanian dibuat terpisah karena memiliki bidang yang luas.

5. Jurusan pendidikan teknologi informasi

teknologi informasi

Pesatnya perkembangan teknologi informasi belakangan ini menjadikan jurusan ini begitu dicari dan diminati. Berbeda dengan jurusan teknologi informasi yang ada pada fakultas teknik, jurusan ini lebih fokus kepada pendidikan dan mencetak lulusan nya sebagai guru dibidang IT.

Jurusan pendidikan teknologi informasi menjadikan kamu sebagai tenaga pendidik di bidang IT. Kamu diharuskan memiliki kompetensi bidang keguruan seperti kompetensi pedagogik, profesional bidang teknologi informasi, sosial dan kepribadian.

Lulusan menguasai dan mampu melakukan perencanaan, pengelolaan, implementasi, evaluasi pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum, serta bisa mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi.

6. Jurusan pendidikan e-commerce

e-commerce

Inisiatif dari presiden untuk membuka fakultas digital ekonomi menjadikan mimin terbesit memasukkan jurusan ini. Betapa tidak hari ini kita dihadapkan akan penjualan dan transaksi ekonomi online lewat pasar e commerce.

Maka oleh karena itu diperlukan guru yang kompeten dalam mengajarkan bidang ni kepda anak didik dikemudian hari, bila ternyata banyak SMK yang membuka jurusan e commerce untuk menyediakan lulusan dibidang emoomerce ini.

7. Jurusan pendidikan internet marketing

internet marketing

Berdasarkan permintaan pak presiden, mengapa tidak ada yang berani mendirikan Fakultas Digital Economy? toko online misalnya, retail manajemen, logistik manajemen adalah beberapa opsi yang ditawarkan untuk menjawab tantangan zaman yang semakin maju. Oleh karena itu, jurusan imers mimin rasa adalah pilihan yang tepat.

8. Jurusan pendidikan kewirausahaan

kewirausahaan

Walaupun secara nyata jurusan pendidikan ini masih jarang dibuka di perguruan tinggi di indonesia, namun peluangnya cukup besar apalagi meningkatnya tren wirausaha belakangan ini. Kamu bisa mencari tahu apakah perguruan tinggi incaranmu sudah membuka jurusan ini, atau paling tidak kamu menerima pendidikan dan mata kuliah terkait bidang kewirausahaan ini.

9. Jurusan pendidikan guru dan sekolah dasar dan pendidikan anak usia dini

paud

Jurusan keguruan ini khusus menyajikan berbagai lulusan yang siap ditempatkan untuk mengajar di sekolah dasar dan sekolah PAUD. Banyaknya orangtua karir yang tidak sempat mengajari anak mereka menjadikan prospek sekolah PAUD semakin tinggi.

Lihat saja di berbagai kota besar ada begitu banyak lembaga pendiidkan PAUD yang membantu orang tua dalam mengajari anak anak mereka yang berusia dibawah lima tahun. Kamu bisa mengambil jurusan ini karena kedepannya tetap akan dibutuhkan.

10. Jurusan pendidikan bimbingan konseling

bimbingan konseling

Untuk jurusan terakhir ini, kamu akan mempelajari yang berkaitan dengan pembelajaran sebagai dasar dalam melakukan bimbingan terhadap murid. Mata kuliah yang wajib kamu pelajari adalah ilmu psikologi, karena BK adalah cabang dari ilmu psikologi.

Kamu yang punya minat dalam hal psikologi pastinya cocok dengan jurusan ini. Akan banyak sekali guru yang diperlukan nantinya karena semakin banyaknya pola perilaku murid yang kompleks dan membuat lowongan akan profesi guru BK semakin menjanjikan.

Baca juga : Ini Jurusan baru yang berpeluang kerja tinggi di masa depan

Demikianlah pembahasan mengenai 10 Jurusan pendidikan guru yang paling dibutuhkan dunia kerja kali ini, semoga bisa menjadi referensi bagi kamu yang hendak kuliah. Ayo putuskan jurusan mana yang akan kamu ambil secepatnya. Silahkan bagikan tulisan ini kepada teman2 mu agar mereka juga bisa memilih jurusan keguruan yang paling prospektif ke depannya.

Buka Komentar