Cara melamar kerja lewat yayasan atau outsourcing

Cara melamar kerja lewat yayasan atau outsourcing

Melamar pekerjaan merupakan kegiatan yang menyita waktu, karena harus mempersiapkan berkas lamaran juga mengirim satu per satu surat baik melalui kantor pos, diantar langsung atau pun online. Dan salah satu tujuan lamaran kerja adalah melalui outsourcing. Ada banyak daftar outsourcing terpercaya yang bisa membantu mu dalam bekerja secepat mungkin. Dan kali ini kosngosan akan membahas mengenai Cara melamar kerja lewat yayasan atau outsourcing.

Lowongan kerja outsourcing memang memiliki kelebihan dan kelemahan masing masing. Kamu dapat melihat contoh surat lamaran kerja melalui jasa outsourcing dibawah ini. Namun sebelum itu kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu outsourcing.

Apa itu outsourcing? Menurut Undang Undang No. 13 tahun 2003 mengenai outsourcing, disebutkan bahwa outsourcing memiliki dua bentuk, yaitu penyediaan jasa pekerja dan pemborongan pekerjaan. Outsourcing bisa diartikan sebagai perusahaan yang menyediakan jasa tenaga kerja untuk keahlian pada bidang pekerjaan tertentu sesuai dengan permintaan perusahaan klien yang membutuhkan.

Mungkin banyak dari pencari kerja yang meragukan bekerjasama dengan pihak outsourching. Karena banyaknya pemberitaan dari media yang menyebutkan adanya ketidak adilan dalam konsep pembagian penghasilan. Akan tetapi jangan khawatir, sekarang pemerintah sudah benar benar mengatur perusahaan tersebut agar tetap bisa menyalurkan lowongan kerja tanpa merugikan pihak pekerja.

Lihat juga : Begini cara melamar kerja lewat job fair atau bursa kerja

Nantinya akan ada kesepakatan antara pihak outsourcing, pekerja dan perusahaan dalam hal kalkulasi atau perhitungan gaji. Biasanya pihak outsourcing akan membebani pekerja atau perusahaan beberapa persen dari gaji untuk jasa penyaluran yang sudah dikeluarkan oleh mereka.

Panduan melamar kerja lewat perusahaan outsourcing


melamar kerja outsourcing

Melamar kerja ke perusahaan outsourcing bisa dikatakan cukup mudah, lebih mudah dibandingkan dengan perusahaan multi nasional. Hal ini dikarenakan layanan outsourcing selalu membuka loker untuk kemudian disalurkan kepada perusahaan mitra yang bekerja sama dengan mereka.

Perusahaan Outsourcing mayoritas menyalurkan pencari kerja untuk beberapa posisi seperti Office Boy atau Cleaning Service, Driver atau Sopir, Security atau Satpam, Operator Produksi, Forklift, Staff Admin dan pekerjaan lain. Jadi akan banyak peluang kamu bila memilih melamar kerja melalui perusahaan jenis ini.

Hal yang perlu kamu ketahui adalah outsourcing tidak langsung memperkerjakan kamu kepada perusahaan mitra mereka. Akan tetapi kamu juga harus melalui serangkaian pelatihan dan seleksi cukup ketat agar nantinya berkompeten di pekerjaan yang kamu tempati.

Langkah 1 :

Seperti persiapan lamaran kerja lainnya, persiapkan segala persyaratan dokumen lamaran kerja seperti surat lamaran, cv, transkrip, ijazadah dan lainnya. Kamu bisa membaca 10 dokumen yang wajib kamu bawa sebelum melamar kerja disini.

Langkah 2 :

Setelah itu cari tahu apakah perusahaan outsourcing itu menerima lamaran kerja lewat email, pengiriman melalui kantor pos atau bisa diantar langsung. Kamu bisa memilih yang mana kamu suka. Biasanya metode yang paling mudah dan efektif adalah lewat email.

Langkah 3 :

Kirim lamaran. Tunggulah sampai kamu dipanggil kembali untuk melewati seleksi wawancara. sebagian perusahaan mungkin tidak memberlakukan seleksi ini, tergantung dari perusahaan outsourcing-nya.

Langkah 4 :

Jangan pernah tergiur apa pun yang ditawarkan oleh perusahaan yayasan tersebut, termasuk bila mereka meminta sejumlah uang. Outsourching atau vendor sejatinya tidak menerima uang sepeserpun dari pencari kerja karena keuntungan mereka sudah masuk dari kerja sama perusahaan yang meminta bantuan untuk melakukan penyeleksian.

Langkah 5 :

Baca kembali klausul, perjanjian dan persyaratan kerja apabila diterima nanti. Simak poin per poin, tanyakan poin yang tidak kamu mengerti. Hal ini penting, jangan ada yang ditutupi karena nantinya akan merugikan kamu bila kamu sendiri tidak mengetahui perjanjian kerjasama antara kamu dengan pihak perusahaan outsourching dan perusahaan tempat bekerja.

Kesimpulan


Bertanya adalah kunci dalam bekerja sama dengan perusahaan outsourcing. Tanyakan hal hal teknis juga seperti jumlah gaji dan tunjangan yang akan diterima serta waktu pembayaran sesuai dengan yang telah disepakati, posisi dalam perusahaan dan apa saja tugas serta tanggung jawab dan yang terpenting adalah mencari tahu seputar reputasinya perusahaan outsourching.

Baca juga : Begini panduan melamar kerja lewat sms dan telepon

Demikianlah pembahasan mengenai Cara melamar kerja lewat yayasan atau outsourcing kali ini, semoga bisa membantu mu dalam menemukan pekerjaan impian. Apa pun pekerjaannya, berkaryalah yang terbaik dan titi lah karier mu untuk mencapai masa depan yang lebih cerah.

Buka Komentar