Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengakali Listrik Prabayar - Pascabayar Supaya Hemat

Bagaimana cara mengakali meteran listrik PLN supaya lebih hemat? Listrik menjadi kebutuhan manusia zaman sekarang. Berbagai peralatan elektronik membutuhkan listrik sebagai sumber tenaganya. Dan di Indonesia, pasokan listrik sendiri disediakan oleh Badan Usaha Milik Pemerintah yang bernama Perusahaan Listrik Negara (PLN). 

Kali ini kosngosan akan membahas bagaimana cara memperlambat putaran meteran listrik prabayar dan pascabayar supaya lebih hemat dalam pemakaiannya. Ada banyak tips bagaimana cara menghemat pulsa listrik, termasuk salah satunya cara hack meteran air dengan magnet. Tapi itu ilegal dan tidak worth it lagi di jaman listrik pascabayar seperti sekarang ini. Sekarang untuk berbagai tegangan seperti misalnya yang umum yaitu 900 watt untuk pemakaian rumah tangga.

Sekarang ini listrik prabayar menggunakan token atau sejenis pulsa prabayar atau menggunakan sistem token sudah banyak dipakai oleh rumah-rumah. untuk menerapkan agar pulsa listrik prabayar tidak berkurang, maka kamu perlu menerapkan tips di bawah ini.

Penggunaan listrik prabayar sedikit berbeda dengan listrik pasca bayar. seperti pada penggunaan meteran. untuk meteran listrik yang menggunakan token, kamu perlu menginput nomor togel yang dibeli agar pulsa listrik dapat dipakai. kamu perlu setting token listrik, apabila sudah berbunyi, maka itu menandakan Token  sudah hampir habis.

Untuk penggunaan listrik pasca bayar, tentunya dihitung dari besarnya putaran meteran. Dahulu ketika penggunaan masih ramai, ada banyak orang yang memberikan magnet untuk memperlambat putaran meteran listrik digital. Hal ini sebenarnya sia-sia. karena informasi tagihan listrik sudah tercantum resmi pada pihak PLN.


Cara Memperlambat Putaran Meteran Listrik PLN

mengakali tagihan listrik pln

Agar pulsa listrik prabayar berkurang nya sedikit, maka kamu perlu melakukan langkah efisiensi penghematan. Begitu juga dengan listrik pasca bayar. Pada intinya, memasang perangkat elektronik yang hemat daya adalah salah satu contoh penghematan.

Sangat beruntung bila kamu masih menggunakan meteran yang lama, dalam artian masih memakai listrik subsidi dengan sistem pasca bayar. 

Kamu tidak bisa menggunakan magnet untuk memperlambat meteran listrik pln. Karena tagihan listrik sekarang sudah pakai sistem prabayar, jadi bayar dulu tokennya, masukkan kode nya dan kamu baru bisa menikmati listrik nya.

Karena untuk jenis meteran lama kamu masih mendapatkan bantuan dari pemerintah, sedangkan untuk meteran yang baru atau untuk prabayar yang menggunakan sistem token, seperti yang sekarang tidak lagi mendapat subsidi dari pemerintah.

Perbedaannya cukup signifikan untuk pemakaian listrik dengan daya yang sama antara meteran lama dan meteran baru bisa sampai 30% - 40% lebih. 

Jika meteran lama hanya menghabiskan per bulan 80 ribu, maka untuk penggunaan listrik meteran token bisa sampai 100 hingga 150 ribu untuk setiap bulannya. Selain itu, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan diantaranya :


Cek kebocoran instalasi listrik di rumahmu

Kebocoran listrik bisa membuat tagihan listrik membengkak. Melakukan pemeriksaan sendiri pada instalasi listrik yang mengalami kebocoran bisa jadi berbahaya. Sebagai contoh, kamu bisa melakukan beberapa cara :

Pastikan untuk mematikan sumber listrik utama sebelum melakukan pemeriksaan pada instalasi listrik. 

Periksa semua kabel dan sambungan di instalasi listrik. Pastikan tidak ada kabel yang terkelupas, terbakar, atau memiliki isolasi yang rusak. 

Menggunakan alat pengukur arus, untuk melakukan pengukuran pada instalasi listrik. 

Cek ground fault circuit interrupter (GFCI), periksa apakah GFCI berfungsi dengan baik. Tekan tombol "test" pada GFCI dan pastikan sirkuit terputus. Kemudian tekan tombol "reset" untuk menghidupkan kembali sirkuit.


Pakai PLTS

Pembangkit Listrik Tenaga Surya bisa dikombinasikan dengan listrik PLN lho. Jadi kamu tetap bisa pakai listrik pln sembari menggunakan panel surya untuk cadangan atau tambahan supply daya nya

Dengan mengurangi penggunaan listrik dari PLN karena adanya supply dari plts, kamu akan melihat pengurangan dalam tagihan listrik bulanan. Seberapa besar penghematan ini akan tergantung pada seberapa besar kontribusi PLTS terhadap kebutuhan energi rumah tangga mu sendiri.

Akan tetapi perlu sobat kosngosan ingat bahwa, penghematan yang dihasilkan dari PLTS sangat tergantung pada ukuran sistem, lokasi geografis, orientasi panel surya, dan efisiensi penggunaan energi di rumah tangga mu itu sendiri

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

listrik pln


Pilih interior ruangan yang memaksimalkan pencahayaan

Ini memang menjadi salah satu langkah konvensional yang efektif untuk memaksimalkan pencahayaan agar penggunaan lampu di siang hari bisa ditiadakan. Memberikan ventilasi maksimal, jendela kaca dan seng plastik uv adalah beberapa langkah yang mungkin bisa kamu coba.


Gunakan perangkat elektronik yang hemat daya

Selain itu, menggunakan perangkat elektronik yang hemat daya adalah salah satu langkah preventif untuk menghemat listrik baik prabayar maupun pascabayar. 

Memilih jenis lampu led ketimbang pijar, menggunakan tv yang hemat daya dan juga pompa air dengan semburan air kuat adalah langkah efisiensi penggunaan listrik.


Mengatur timer atau pengatur waktu untuk penggunaan alat elektronik tertentu

Sebagian perangkat elektronik seperti tv, laptop atau komputer, AC, microwave dan sebagainya bisa digunakan dan diset dengan jangka waktu tertentu. 

Hal ini untuk meminimalisir penggunaan yang tidak perlu dan menghindari terjadinya korsleting. Jadi memasang timer bisa menghentikan pemakaian listrik apabila tidak digunakan.


Cabut colokan listrik bila tidak digunakan lagi

Kamu pernah mendengar nahwa listrik korslet dan menyebabkan kebakaran? Oleh karena itu rajinlah mencabut kabel dari sakelarnya. 

Selain merupakan langkah pengantisipasian dari kejadian yang tidak diinginkan, mencabut colokan listrik juga bisa menghemat penggunaan listrik.

Hal ini dikarenakan perangkat elektronik masih mengkonsumsi listrik dalam jumlah kecil apabila tidak dicabut dari stop kontak nya.  

Selain itu apabila kamu memiliki anak kecil di rumah, ada bagusnya tidak terlalu banyak kabel yang dipasang. Mungkin setelah dicabut bisa langsung ditutup memakai lakban.


Pakai alternatif perangkat elektronik yang lebih murah dengan fungsi yang sama

Salah satu contohnya adalah bila dimungkinkan sebaiknya menggunakan kipas angin sebagai pendingin ruangan daripada AC, karena konsumsi listrik Air Conditioner tentunya lebih besar daripada kipas. 

Contoh lain memilih merebus telur dengan rice cooker ketimbang menggunakan kompor listrik, memilih lampu led ketimbang lampu pijar dan sebagainya.


Jangan menggunakan peralatan elektronik daya besar di waktu bersamaan

Sangat disarankan untuk tidak memakai peralatan elektronik yang membutuhkan watt besar secara bersamaan. Seperti menggunakan kompor listrik, pompa air, setrika, magic com dan microwave secara bersamaan. 

Selain bisa memberikan konsumsi listrik yang besar, ini juga bisa menghindari terjadinya MCB jeglek, trip atau jepret.


Kesimpulan

Sekianlah pembahasan mengenai cara menyiasati penggunaan listrik PLN agar lebih hemat. Jadi jangan berharap kalau kamu bisa melakukan hal curang ya, kecuali kalau sudah siap dipenjara oleh pihak yang berwenang.

Semoga kamu dapat menerapkan tips diatas untuk menghemat anggaran listrik bulanan mu. Terima kasih sudah mengunjungi kosngosan.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya