Cara mengakali listrik prabayar dan pascabayar supaya hemat

Cara mengakali listrik prabayar dan pascabayar supaya hemat

mengakali tagihan listrik pln

Listrik menjadi kebutuhan manusia zaman sekarang. Berbagai peralatan elektronik membutuhkan listrik sebagai sumber tenaganya. Dan di Indonesia, pasokan listrik sendiri disediakan oleh Badan Usaha Milik Pemerintah yang bernama Perusahaan Listrik Negara (PLN). Kali ini kosngosan akan membahas bagaimana cara mengakali listrik prabayar dan pascabayar supaya lebih hemat dalam pemakaiannya. Mari simak pembahasannya dibawah ini.

Ada banyak tips bagaimana cara menghemat pulsa listrik untuk berbagai tegangan seperti misalnya yang umum yaitu 900 watt untuk pemakain rumah tangga.

Sekarang ini Pulsa prabayar atau menggunakan sistem token sudah banyak dipakai oleh rumah-rumah. untuk menerapkan agar pulsa listrik prabayar tidak berkurang, maka kamu perlu menerapkan tips di bawah ini.

Penggunaan listrik prabayar sedikit berbeda dengan listrik pasca bayar. seperti pada penggunaan meteran. untuk meteran listrik yang menggunakan token, kamu perlu menginput nomor togel yang dibeli agar pulsa listrik dapat dipakai. kamu perlu setting token listrik, apabila sudah berbunyi, maka itu menandakan Token  sudah hampir habis.

Lihat juga : 5 Cara Mengirim File dari HP Android ke Laptop Komputer

Untuk penggunaan listrik pasca bayar, tentunya dihitung dari besarnya putaran meteran. Dahulu ketika penggunaan masih ramai, ada banyak orang yang memberikan magnet untuk memperlambat putaran meteran listrik digital. Hal ini sebenarnya sia-sia. karena informasi tagihan listrik sudah tercantum resmi pada pihak PLN.

Bagaimana cara mengakali listrik PLN?


Agar pulsa listrik prabayar berkurang nya sedikit, maka kamu perlu melakukan langkah efisiensi penghematan. Begitu juga dengan listrik pasca bayar. Pada intinya, memasang perangkat elektronik yang hemat daya adalah salah satu contoh penghematan.

Sangat beruntung bila kamu masih menggunakan meteran yang lama, dalam artian masih memakai listrik subsidi dengan sistem pasca bayar. Karena untuk jenis meteran lama kamu masih mendapatkan bantuan dari pemerintah, sedangkan untuk meteran yang baru atau untuk prabayar yang menggunakan sistem token, seperti yang sekarang tidak lagi mendapat subsidi dari pemerintah.

Perbedaannya cukup signifikan untuk pemakaian listrik dengan daya yang sama antara meteran lama dan meteran baru bisa sampai 30% - 40% lebih. Jika meteran lama hanya menghabiskan per bulan 80 ribu, maka untuk penggunaan listrik meteran token bisa sampai 100 hingga 150 ribu.

listrik pln

Selain itu, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan diantaranya :

1. Pilihlah interior ruangan yang memaksimalkan pencahayaan


Ini memang menjadi salah satu langkah konvensional yang efektif untuk memaksimalkan pencahayaan agar penggunaan lampu di siang hari bisa ditiadakan. Memberikan ventilasi maksimal, jendela kaca dan seng plastik uv adalah beberapa langkah yang mungkin bisa kamu coba.

2. Gunakan perangkat elektronik yang hemat daya


Selain itu, menggunakan perangkat elektronik yang hemat daya adalah salah satu langkah preventif untuk menghemat listrik baik prabayar maupun pascabayar. Memilih jenis lampu led ketimbang pijar, menggunakan tv yang hemat daya dan juga pompa air dengan semburan air kuat adalah langkah efisiensi penggunaan listrik.

3. Mengatur timer atau pengatur waktu untuk penggunaan alat elektronik tertentu


Sebagian perangkat elektronik seperti tv, laptop atau komputer, AC, microwave dan sebagainya bisa digunakan dan diset dengan jangka waktu tertentu. Hal ini untuk meminimalisir penggunaan yang tidak perlu dan menghindari terjadinya korsleting. Jadi memasang timer bisa menghentikan pemakaian listrik apabila tidak digunakan.

4. Cabut colokan listrik bila tidak digunakan lagi


Kamu pernah mendengar nahwa listrik korslet dan menyebabkan kebakaran? Oleh karena itu rajinlah mencabut kabel dari sakelarnya. Selain merupakan langkah pengantisipasian dari kejadian yang tidak diinginkan, mencabut colokan listrik juga bisa menghemat penggunaan listrik.

Hal ini dikarenakan perangkat elektronik masih mengkonsumsi listrik dalam jumlah kecil apabila tidak dicabut dari stop kontak nya.  Selain itu apabila kamu memiliki anak kecil di rumah, ada bagusnya tidak terlalu banyak kabel yang dipasang. Mungkin setelah dicabut bisa langsung ditutup memakai lakban.

5. Menggunakan alternatif perangkat elektronik yang lebih murah dengan fungsi yang sama


Salah satu contohnya adalah bila dimungkinkan sebaiknya menggunakan kipas angin sebagai pendingin ruangan daripada AC, karena konsumsi listrik Air Conditioner tentunya lebih besar daripada kipas. Contoh lain memilih merebus telur dengan rice cooker ketimbang menggunakan kompor listrik, memilih lampu led ketimbang lampu pijar dan sebagainya.

6. Jangan menggunakan peralatan elektronik daya besar dalam waktu bersamaan


Sangat disarankan untuk tidak memakai peralatan elektronik yang membutuhkan watt besar secara bersamaan. Seperti menggunakan kompor listrik, pompa air, setrika, magic com dan microwave secara bersamaan. Selain bisa memberikan konsumsi listrik yang besar, ini juga bisa menghindari terjadinya MCB jeglek, trip atau jepret.

Lihat juga : Cara mengubah windows 32 Bit Ke windows 64 Bit

Sekianlah pembahasan mengenai cara menyiasati penggunaan listrik PLN agar lebih hemat. Semoga kamu dapat menerapkan tips diatas untuk menghemat anggaran listrik bulanan mu. Terima kasih sudah mengunjungi kosngosan.
Buka Komentar