Contoh fakta dan opini dalam bentuk artikel, kalimat dan paragraf

Contoh fakta dan opini dalam bentuk artikel, kalimat dan paragraf

Penggunaan kalimat dan kata tentang fakta dan opini dalam pembelajaran bahasa Indonesia sangat sering dipelajari. kamu yang masih bingung membedakan nya bisa membaca postingan kali ini mengenai contoh kalimat dan kata fakta dan opini. silakan simak artikelnya di bawah ini.

Ada banyak contoh kalimat fakta dan opini yang kita temui di berbagai artikel atau berita sehari-hari. hanya saja kita belum dapat membedakan keduanya. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan mengenai ciri-ciri keduanya.

Salah satu contoh fakta adalah kalimat yang berlandaskan data dan dapat dipertanggung jawaban kevalidannya. Artinya kredibel dan didapat berdasarkan yang sudah terjadi di lapangan. Sementara contoh opini merupakan bentuk pernyataan subjektifitas seseorang terhadap sesuatu.

Keduanya baik fakta dan opini merupakan pembahasan yang sering di pelajari dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Seringnya kamu diminta untuk membuat kalimat atau paragraf mengenai kedua jenis ini.

Kamus Besar Bahasa Indonesia atau yang biasa disingkat KBBI mendefenisikan fakta sebagai sesuatu hal yang benar-benar ada dan terjadi. Sedangkan opini, terdiri dari 3 pengertian yakni pendapat, pikiran dan pendirian.

Baca lainnya : Langkah pertama yang wajib dilakukan dalam penelitian ilmiah

Bila kamu masih bingung dan kurang mengetahui cara membedakan keduanya, maka kamu juga pastinya akan kesulitan membuat berita dan teks tentang keduanya. Oleh karena itu kamu perlu menyimak pembahasan kali ini mengenai cara memberdakan keduanya.

Cara membedakan kalimat fakta dan opini


Ciri kalimat atau pernyataan fakta adalah dapat dibuktikan kebenarannya, memiliki data yang akurat, bersifat objektif, mengandung pertanyaan dengan unsur pertanyaan dari 5W + 1 H, informasinya berasal dari kejadian yang sebenarnya dan memuat data yang bersifat kualitatif (data pernyataan) atau kuantitatif (data angka).

Untuk membedakannya dengan kalimat opini maka lihat saja lawan dari ciri khas fakta tersebut. Biasanya dilengkapi dengan untuk pendapat seperti kata "menurut, berdasarkan, mungkin, diprediksi, diperkirakan, kabarnya, menurut saya, saya rasa, sepertinya, bisa jadi, sebaiknya, seharusnya, tidak mungkin, jika, kalau dan lainnya.

Beberapa contoh fakta dan opini dalam bentuk artikel, kalimat dan paragraf


contoh fakta dan opini

Beberapa contoh pernyataan dibawah ini cukup singkat namun mudah untuk kamu pahami. Mari simak satu per satu yang akan mimin paparkan.

Contoh fakta dan opini dalam bentuk artikel pendidikan adalah sebagai berikut :



Anak-anak daerah pedalaman sangat sulit mendapatkan akses pendidikan. Mereka juga kesulitan mendapatkan air bersih, mengenyam bangku sekolah sesuai batas wajib belajar di Indonesia dan sulit mengikuti perkembangan zaman. Tak hanya itu saja , mereka bahkan tidak mengenal alat komunikasi seperti telepon genggam dan internet.


Menurut Menteri pendidikan RI, hal pokok yang menjadi sorotan utama adalah betapa sulitnya rencana pemerintah dalam mengembangkan pendidikan yang layak dan mengenyam pendidikan dua belas tahun. Pemerintah dalam hal ini kementrian pendidikan mengakui sudah berusaha sepenuhnya dalam mengatasi akses pendidikan di daerah terpencil.


Dapat dilihat pada paragraf pertama adalah pernyataan fakta sementara paragraf kedua adalah opini atau pendapat.

Contoh kalimat fakta pada tentang kehidupan sehari hari sebagai berikut :


  • Pada tahun ini harga barang pokok mengalami kenaikan 3 kali dibarengi dengan kenaikan harga BBM.
  • Semester ini Uang Kuliah Tunggal telah naik sebesar 20%
  • DKI jakarta memiliki penduduk padat dan merupakan ibukota negara Indonesia
  • Smartphone android dan iphone menguasai 95% pasar smartphone dunia
  • Instagram adalah media sosial paling banyak digunakan orang saat ini.
  • 17 Agustus 1945 diperingati sebagai hari kemerdekaan Indonesia
  • Jokowi adalah Presiden Republik Indonesia periode 2014 - 2019

Contoh kalimat opini tentang kehidupan sehari hari sebagai berikut :


  • Jahe dipercaya dapat memperbaiki selera makan dan meningkatkan suhu tubuh
  • Menurut BMKG, nanti sore diperkiran intensitas hujan akan semakin meningkat
  • Mungkin kamu akan tertawa bila mendengar dia menyanyi
  • Semoga semester ini saya dapat IPK tinggi
  • Target saya tahun ini adalah bisa menikah dengan si fulan
  • Menurutmu apakah dia berhasil menyelesaikan tugasnya malam ini?
  • Dosen ingin liburan sehingga mungkin perkuliahan diliburkan sementara waktu
  • Bagaimana jika kita pergi menonton bioskop diakhir pekan?

Contoh kalimat fakta dan opini dalam satu paragraf


Madu adalah hasil produksi lebah yang berasal dari nektar bunga dan berperan sebagai pemanis alami. Selain itu madu juga dipercaya memiliki khasiat menyembuhkan jerawat dan mungkin bisa digunakan untuk minuman yang segar dan manis rasanya.

Perhatikan kedua jenis pernyataaan yang diberikan pewarna diatas, apakah kamu bisa membedakan antara penyataan fakta dengan pernyataan opini ?

Lihat juga : Contoh kata sambutan ketua panitia acara

Demikianlah artikel yang membahas mengenai contoh kalimat fakta dan opini. Semoga dengan membaca artikel ini kamu dapat menambah pengetahuan dan dapat membedakan antara kalimat fakta dan opini. kamu bisa membagikan tulisan ini ke media sosial milik.
Buka Komentar