Cara Membuka Website yang Error/Terhapus Menggunakan WebCache dan Archieve

Cara Membuka Website yang Error/Terhapus Menggunakan WebCache dan Archieve

Baca juga :

Terkadang apabila kita ingin membuka suatu website terjadi error atau sudah dihapus oleh pemiliknya yang membuat tidak bisa mengunjungi halaman tersebut. Eror tersebut bisa karena server, domain atau masalah teknis lainnya. Dan oleh karena itu diperlukan peran webcache yang bisa membuat kita tetap bisa mengunjungi web tersebut tanpa harus mengunjunginya.

Kali ini kosngosan akan membahas tips nya. Bagaimana membuka website yang sedang mengalami eror tersebut. Terlebih apabila konten yang ingin kita cari hanya ada di web tersebut. Simpel sekali, tapi sebelumnya kita bahas terlebih dahulu mengenai fungsi webcache ini.

Siapa yang sering mendengar istilah chace? Bagi kamu yang sering menggunakan komputer atau pun smartphone, pastinya sudah sangat akrab dengan istilah ini. Cache sendiri merupakan bentuk memory ukuran kecil yang sifatnya temporary dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Dalam artian lain, chache berarti memory berkecepatan tinggi yang menjembatani aliran data antara processor dengan memory utama (RAM) yang memiliki kecepatan lebih rendah.

Cache diatas adalah pengertian secara umum. Bagaimana kaitannya dengan website? Web Cache juga hampir sama dengan cache yang ada di memory perangkat kita sebenarnya. Dia adalah komponen kecil yang bersifat menyimpan data dari website yang sudah dijalankan sebelumnya, sehingga tidak perlu memulai dari awal ketika ingin menggaksesnya kembali.

Baca juga : Cara Menghapus Permalink Bulan, Tahun dan Html di URL Blogspot

Nah bisa disimpulkan pentingnya cache ini bagi kecepatan akses suatu website. Dengan adanya cache ini, para pengunjung bisa mengakses website atau blog dalam waktu yang singkat, karena tidak perlu mengulang proses aksesnya.

Hampir semua website dan browser sudah menggunakan sistem cache ini. Jadi apabila kamu menemukan suatu website yang saat ini mengalami eror atau sudah terhapus, maka jangan khawatir, sejatinya data data yang ditampilkannya tidaklah hilang begitu saja, akan tetapi masih tersimpan dalam suatu penyimpanan sementara yang disebut webcache.

Cara membuka website lewat webcache


Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara membuka kembali website yang sudah terhapus atau mengalami eror tersebut? Jawabannya adalah dengan menggunakan webcache dan archieve.

Seperti yang sudah mimin katakan diatas, website yang sudah publish di internet sejatinya sudah tersimpan dalam mekanisme webcache. Jadi apabila kita ingin mengunjungi nya kembali, cukup menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh webcache dan archieve sebagai berikut :

Langkah 1 :

Sebagai contoh kasus, pertama kali mimin menemukan salah satu website resmi milik bank pembangungan aceh yang beralamatkan bankaceh.co.id mengalami eror database seperti gambar dibawah ini

website eror


Langkah 2 :

Nah kemudian kunjungi salah satu situs website yang menyediakan fitur penampil webcache atau archieve tersebut, seperti misalnya cachedview.com, cachedpages.com atau archive.org

Sebagai contoh mimin menggunakan cachedview.com tinggal kunjungi saja websitenya

Langkah 3 :

Masukkan alamat domain utama dari website yang error tadi ke kotak URL-nya dan klik "google webcache" untuk melihat tampilan websitenya secara utuh

cacheview


Langkah 4 :

tampilan webcache

Secara otomatis akan terbuka tab baru dan kamu akan mendapatkan tampilan web kurang lebih seperti diatas tanpa adanya  css mungkin.

Yang terpenting cacheview sudah bisa menampilkan informasi baik teks dan foto yang bermanfaat untuk kepentingan pembuatan postingan di kosngosan selanjutnya.

Terus apa bedanya google web cache dengan archieve.org cache? Pada dasarnya sama, kamu tetapi bisa menampilkan website yang eror menggunakan fitur keduanya.

Lihat juga : Cara ByPass Internet Positif untuk Buka Situs yang Diblokir

Sekian postingan seputar Cara Membuka Website yang Error atau Terhapus Menggunakan WebCache dan Archieve kali ini. Semoga bisa membantu mu dalam menemukan berbagai konten yang "hilang" menjadi muncul kembali. Jangan lupa share dan beri komentar ya!
Buka Komentar