Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh dan Cara Pembuatan Operation Process Chart OPC

Operation Process Chart atau yang biasa disingkat OPC merupakan serangkaian langkah yang digambarkan kedalam suatu bentuk diagram proses mengenai suatu proses produksi sampai menjadi komponen utuh yang siap dipakai. Adanya OPC ini akan memudahkan kita dalam memahami alur dan proses terbentuknya suatu barang atau produk.

Contoh opc dalam bidang industri seperti pembuatan sepatu, pakaian, rak sepatu, meja lipat, alat elektronik dan lain lain. Kamu bisa menggunakan OPC ini dalam karya tulis seperti misalnya jurnal, skripsi atau laporan terkait.

Bagaimana cara membuat OPC yang baik dan benar? Kali ini kosngosan akan membahas sedikit mengenai OPC, cara pembuatannya dan juga contoh nya dalam bentuk gambar yang bisa menjadi referensi bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Operation Process Chart ini punya banyak manfaat seperti untuk mengetahui kebutuhan akan mesin dan penganggarannya, memperkirakan kebutuhan akan bahan baku dengan menghitung efisiensi setiap operasi

Hal ini juga menentukan tata letak pabrik, sebagai alat untuk menentukan perbaikan cara kerja yang sedang dipakai, dan bisa menjadi alat untuk latihan kerja.

Setiap pebisnis seharusnya mengetahui pembuatan OPC ini agar bisnis milik nya bisa lebih digali lagi potensinya dan dianalisis menggunakan OPC mengenai seberapa besar efisiensi

Dan juga untuk memperbaiki metode kerja para karyawan yang dapat meningkatkan hasil produksi dan penjualan perusahaaan.

Beberapa informasi dalam OPC yang bisa diperoleh, sebagai berikut :
  • Bahan baku dan bahan penunjang yang dibutuhkan (digambarkan dengan garis panah horizontal)
  • Operasi yang dibutuhkan setiap komponen bahan baku (digambarkan dalam lingkaran)
  • Waktu yang dibutuhkan dalam proses
  • Mesin atau alat yang digunakan dalam operasi


Cara Membuat OPC Chart

Cara Membuat OPC Chart

Dalam pembuatan OPC Chart, maka kita membutuhkan beberapa bahan pembuatan apabila ingin membuat dengan cara manual. 

Namun bisa juga dibuat menggunakan sofware pengolah gambar, sehingga tidak repot menulis dan menggambar lagi.

Ada beberapa prinsip dasar yang harus kamu ketahui sebelum membuat OPC ini, antara lain :

  1. Sebelah kiri paling atas memberikan informasi nomor peta, nama, kapasitas dan efisiensi
  2. Bagian tengah atas memberikan informasi nama perusahaan, engineering consultant dan operation process chart
  3. Sebelah kanan atas bisa diisi dengan informasi nama instruktur, tanggal dipetakan, dan tanggal pengesahan.
  4. Data yang diproses berada diatas horizontal yang menunjukan data tersebut masuk kedalam proses.
  5. Lambang dibuat dalam arah vertikal, yang menunjukan terjadinya perubahan proses.
  6. Penomoran kegiatan pemeriksaan diberikan tersendiri dan prinsipnya sama dengan penomoran proses operasi.
  7. Produk yang paling baik membutuhkan operasi, harus dipetakan pertama kali, dipetakan dengan garis vertikal disebelah kanan
  8. Setelah semua proses dipetakan, halaman terakhir dibuat ringkasan yang memuat keseluruhan informasi, keseluruhan pemeriksaan, dan waktu keseluruhan yang dibutuhkan dalam pembuatan produk.

Untuk membuat Operation Process Chart (OPC), ada beberapa tahap yang harus dilakukan, di antaranya:
  • Identifikasi proses: Tentukan proses yang ingin dibuat OPC-nya.
  • Gather data: Kumpulkan informasi tentang proses yang ingin dibuat OPC-nya, termasuk alur proses, aktivitas, input dan output, serta staf yang terlibat dalam proses tersebut.
  • Buat diagram alir: Gunakan diagram alir (flowchart) untuk menggambarkan alur proses secara visual. Gunakan simbol-simbol standar seperti oval, kotak, dan panah untuk menunjukkan aktivitas, input, output, dan aliran data.
  • Tambahkan detail: Tambahkan detail seperti nama aktivitas, input, output, serta staf yang terlibat dalam setiap aktivitas.
  • Review dan validasi: Review OPC yang dibuat dan pastikan bahwa semua informasi yang ditampilkan benar dan sesuai dengan proses yang sebenarnya.
  • Distribusikan dan implementasikan: Distribusikan OPC ke semua staf yang terlibat dalam proses dan pastikan semua staf memahami proses yang digambarkan dalam OPC.
Ini adalah panduan umum untuk membuat OPC, namun beberapa perusahaan mungkin memiliki proses yang berbeda untuk membuat OPC.

Baca juga : Contoh MoU Kerjasama Bisnis

contoh operation process chart

Setelah mengetahui beberapa prinsip dasar diatas, kamu bisa memulai membuat OPC berdasarkan data yang diperolah menggunakan software pengolah gambar

Seperti AutoCad, SolidWorks, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop dan Microsoft Visio yang bisa memudahkan mu dalam pembuatan OPC secara efektif dan efisien.

Seperti misalnya kita ingin membuat OPC menggunakan Microsoft Visio, maka langkah yang harus kita lakukan antara lain :

Membuka aplikasinya, pilih New kemudian Basic Flowchart dan pilih kategosi template yang sudah tersedia, yaitu Flowchart dan Pilih create. Kemudian akan muncul layar kerja baru seperti tampilan dibawah ini.

microsoft visio

Untuk menambahkan shape atau bentuk ke dalam diagram OPC, cukup sederhana dengan melakukan drag shape yang kita pilih ke window drawing. Lakukan penambahan shape baru, sehingga diagram kamu sesuai dengan proses produksi nya

Penambahan teks, kamu dapat melakukan klik 1x pada shape yang ingin diberi keterangan, kemudian langsung mengetik dengan keyboard. Selain itu, kamu juga bisa melakukannya dengan me-klik 2x shape, kemudian dilanjutkan dengan mengetikkan keterangan

Untuk menghubungkan chart per chart kamu bisa menggunakan fitur autoconnect dari visio atau bisa menghubungkan secara manual. kamu bisa membuat bagian per bagian sesuai dengan kebutuhanmu setelahnya.


Contoh OPC Produk

Berikut dua contoh opc produk sederhana yang mimin sajikan dalam bentuk gambar, semoga bermanfaat :

Berikut ini contoh dari sebuah Operation Process Chart (OPC) untuk proses pemesanan dan pengiriman makanan di sebuah restoran:
  • Pelanggan memesan makanan melalui meja pelayan atau melalui aplikasi online
  • Pesanan diterima oleh koki dan dicatat dalam sistem
  • Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat makanan diperoleh dari gudang
  • Koki mulai memasak makanan sesuai dengan pesanan pelanggan
  • Makanan selesai dibuat dan diterima oleh meja pelayan
  • Meja pelayan mengantar makanan ke meja pelanggan
  • Pelanggan membayar dan menerima struk
  • Makanan yang tidak habis dapat dibawa pulang oleh pelanggan
Note: Ini hanyalah contoh sederhana dari OPC proses restoran, proses mungkin lebih kompleks tergantung pada ukuran dan jenis restoran.


Contoh OPC Pembuatan Susu Anggur



contoh opc


Contoh OPC Minuman

contoh opc


Contoh OPC Sepatu


contoh opc sepatu

Contoh OPC Makanan Ikan Tuna


opc pengolahan ikan tuna


OPC Pengolahan Daging


OPC Pengolahan Daging


Baca juga : Contoh Quality Control QC Perusahaan


Kata Penutup

Operation process chart sangat penting untuk dibuat oleh perusahaan. Oleh karena itu, kamu sebagai karyawan atau yang memiliki kepentingan terhadapnya harus mengetahui bagaimana cara membuat OPC yang baik dan benar. Semoga dengan membaca postingan diatas, bisa menambah pengetahuanmu terkait hal ini.

Sekianlah pembahasan mengenai Contoh Pembuatan Operation Process Chart OPC kali ini, semoga bisa membantu dan menjadi referensi materi bagi kalian. Jangan lupa bagikan materi ini di media sosial milik mu dan berikan komentar juga.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya