Contoh Undangan Syukuran Haji doc dan Cara Membuatnya

Berangkat dan pulang haji merupakan suatu kegiatan yang patut untuk disyukuri. Oleh karena itu biasanya di masyarakat kita, digelar acara tasyakuran atau acara syukuran keberangkatan haji maupun kedatangan haji yang disebut juga dengan walimatussafar.

Pada kesempatan kali ini kosngosan akan memberikan contoh surat undangan syukuran haji beserta cara penulisannya yang baik dan benar dalam format word yang bisa kamu edit sesuai kebutuhan. Karena setiap orang yang berangkat haji, pasti tidak afdhal rasanya apabila tidak menggelaar acara syukuran ini.

Daftar isi :
Panduan membuat undangan tasyakuran haji
Contoh undangan tasyakuran haji doc

Ibadah haji adalah salah satu dari rukun islam yang harus dilaksanakan bagi umat islam yang sudah mampu secara jasmani dan rohani. Namun terkadang keluarga sering kebingungan mempersiapkan acara syukuran dikarenakan waktu yang mepet atau ketidaksiapan panitia. Termasuk dalam penyediaan undangan kepada masyarakat.

Baca juga : 6 Solusi Umat Islam Membutuhkan Modal untuk Usaha

Ibadah ini merupakan peninggalan syariat dari nabi Ibrahim. Memiliki 5 rukun yang apabila tidak dilakukan salah satunya, maka batallah ibadah hajinya yaitu ihram, wukuf di Arafah, tawaf, sai, dan mencukur rambut.

Apa yang disediakan dalam acara tasyukuran? paling sering adalah oleh oleh dari mekah dan madinah seperti kurma, kismis, dan yang paling spesial air zam zam.

Para masyarat yang belum berkesempatan ke tanah suci biasanya sangat antusias menghadisi tasyakuran ini, selain menikmati aneka hidangan khas arab, juga bisa mendengar cerita dari pihak keluarga yang baru saja melakukan ibadah haji tersebut.

Dalam tradisi masyarakat kita, sebenarnya mengadakan acara syukuran tidaklah wajib. Namun kebanyakan dari masyarakat sudah terbiasa dengan tradisi ini. Selain itu acara in juga memberikan banyak sisi positif yaitu mempererat tali silaturahim.

Cara membuat surat undangan tasyakuran haji


undangan-haji

Membuat undangan untuk syukuran dan selamatan keberangkatan dan kepulangan haji pada umumnya sama saja dengan membuat undangan lainnya, hanya saja tujuan dan maksud penyelanggaran acaranya yang berbeda.

Adapun langkah langkah yang harus kamu lakukan untuk membuat surat undangan ini seperti :

Membuat surat undangan untuk tasyakuran keberangkatan dan kepulangan haji memang tidaklah sulit, karena pada dasarnya hampir sama dengan pembuatan surat lainnya. Kamu bisa menggunakan software pengolah kata microsoft word 2013 untuk memulai mengetik bagian bagian seperti dibawah ini :

Langkah 1 :

Membuat lembar kerja baru dengan word, dengan membuka ms word, dan membuat file baru. Kamu bisa mengatur jarak margin misalnya 2-2-2-2. Spasinya 1.5 dan kasih nilai 0 untuk after dan before space-nya.

Langkah 2 :

Membuat bagian cover surat, pada bagian sampul, desain sesuai selera merupakan page border, tambahkan nama dan alamat tamu undangan, perihal undangan, dan nama keluarga pengundang.

Langkah 3 :

Membuat pendahuluan surat, yaitu termasuk kata pendahuluan berupa salam, dan memberikan kata pengantar singkat.

Langkah 4 :

Membuat isi surat yang mengandung penjelasan surat tersebut dibuat, detail teknis acaranya mulai dari hari, tanggal, waktu, dan tempat penyelenggaraan tasyakuran.

Kemudian pada bagian penutup, berikan dengan ucapan terimakasih dan pengharapan akan kehadiran pihak yang diundang. Pemberian salam juga bisa digunakan pada bagian akhir.

Langkah 5 :

Membuat bagian ttd pihak keluara, setiap surat tentunya memiliki bagian ini, sertakan bagian ttd pihak keluarga misalnya, lalu berilah dengan tanda tangan.


Contoh undangan tasyakuran haji format doc


Bagi kamu yang tidak mau repot hendak membuat undangan tasyakkuran haji dari awal, tenang saja kali ini kosngosan memberikan format surat-nya dalam bentuk word, sehingga kamu bisa edit sepuasnya sesuai kebutuhanmu. Mari lihat preview filenya dibawah ini :



Download contoh surat undangan tasyakuran haji format doc disini

Petunjuk download


Setelah kamu klik tautan diatas, kamu akan diarahkan pada tab baru menuju halaman safelink. Tunggu 5 detik hingga tombol download muncul. Setelah itu klik tombol downloadnya, maka kamu akan diarahkan ke halaman google drive. Selamat mengunduh.

Baca juga : Cara Mendidik Anak Perempuan Memakai Jilbab

Semoga kamu yang akan menggelar tasyakuran tersebut bisa terselenggara dengan lancar dan tanpa masalah. Menjadi haji mabrur dan berkah, bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Jangan lupa bagikan postingan ini dan tinggalkan komentar apabila ada yang ingin ditanyakan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel