Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Contoh Undangan Syukuran Haji dan Umroh

Apakah kalian sedang mencari contoh format undangan untuk acara selamatan atau syukuran untuk keberangkatan haji dan umroh? Berikut akan dijelaskan contoh surat undangannya beserta cara penulisannya yang baik dan benar dalam format docx yang bisa kamu edit menggunakan ms word sesuai kebutuhan masing masing.

Biasanya di masyarakat kita, digelar acara tasyakuran, pamitan, syukuran dalam rangka menyambut keberangkatan haji maupun kedatangan haji yang disebut juga dengan undangan walimatussafar. Karena setiap orang yang berangkat haji, pasti tidak afdhal rasanya apabila tidak menggelar acara syukuran ini.

Ibadah haji adalah salah satu dari rukun islam yang harus dilaksanakan bagi umat islam yang sudah mampu secara jasmani dan rohani. Namun terkadang keluarga sering kebingungan mempersiapkan acara syukuran dikarenakan waktu yang mepet atau ketidaksiapan panitia. Termasuk dalam penyediaan undangan kepada masyarakat.

Ibadah ini merupakan peninggalan syariat dari nabi Ibrahim. Buat yang akan melakukannya, kamu wajib tahu bahwa ibadah ini memiliki 5 rukun yang apabila tidak dilakukan salah satunya, maka batallah ibadah hajinya yaitu ihram, wukuf di Arafah, tawaf, sai, dan mencukur rambut.

Baca dulu : Cara Mengajak Anak Kecil ke Masjid


Contoh Undangan Haji Walimatussafar


undangan-haji

Apa yang disediakan dalam acara tasyukuran, pamitan haji atau undangan walimatussafar? paling sering adalah oleh oleh dari mekah dan madinah seperti kurma, kismis, dan yang paling spesial air zam zam. Para masyarat yang belum berkesempatan ke tanah suci biasanya sangat antusias menghadisi tasyakuran ini, selain menikmati aneka hidangan khas arab, juga bisa mendengar cerita dari pihak keluarga yang baru saja melakukan ibadah haji tersebut.

Dalam tradisi masyarakat kita, sebenarnya mengadakan acara syukuran tidaklah wajib. Namun kebanyakan dari masyarakat sudah terbiasa dengan tradisi ini. Selain itu acara in juga memberikan banyak sisi positif yaitu mempererat tali silaturahim.


Undangan Haji Word


Assalamu'alaikum Wr. Wb

Sehubungan dengan keberangkatan kami ke tanah suci, sekiranya Bapak/ ibu/saudara/i dapat hadir dan memberikan do'a restu sehingga kami di sana bisa beribadah dengan khusuk, diberi kemudahan dan keselamatan dalam perjalanan menuju ke tanah suci.  Untuk itu kami mengundang pada acara Walimatussafar, yang Insya Allahakan kami laksanakan pada :

Hari/Tgl: Ahad, 7 November 2021
Jam: 10.00 WIB sampai dengan selesai
Tempat: Jl. Sukarno Hatta 36 Pekanbaru

Atas perhatian dan kehadirannya, kami ucapkan terima kasih. Semoga Allah SWT senantiasa mencurahkan rohmat-NYA kepada kita sekalian.

Jazaakumullahu khoiron katsiiron
Wassalaamu'alakum Wr Wb

Syam Anna Siregar

Sekeluarga


Undangan Umroh


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan memohon ridho dan rahmat Allah SWT, kami bermaksud mengadakan syukuran untuk memanjatkan do’a bersama untuk keselamatan, kelancaran dan kemudahan bagi kami Suami Istri, Yaitu :

Ferry Usnizar bin Muhammad Usman (Alm.)
Latifah binti H. Rusli Ra’un

Yang insya Allah akan menunaikan Ibadah Umroh ke Tanah Suci Mekkah Al Mukarromah. Insya Allah acara syukuran akan dilaksanakan pada

Hari dan tanggal : Ahad, 3 Oktober 2021
Pukul : 10.00 Pagi s.d selesai
Tempat : Padangsidimpuan, Batunadua, Jl. Raja Inal Siregar No. 2C

Semoga Bapak/Ibu berkenan hadir memenuhi undangan kami. Atas perhatian dan keikhlasan, kami mengucapkan banyak terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat kami
sekeluarga


Undangan Haji 2


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
LabbaikAllahumma Labbaik

Alhamdulillah, wa Syukurillah atas limpahan Rahmat, Taufiq, Hidayah, Inayah
Dan Ridha Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, Kami sekeluarga akan melaksanakan Acara:

Walimatul Hajj

Yang Insya Allah akan dilaksanakan pada:

Hari : Sabtu
Tanggal : 03 Agustus 2021
Jam : 11.30 WITA
Tempat : JL. Nusa Indah, No. 2C, Padangsidimpuan

Merupakan suatu kehormatan dan kebahagaiaan bagi kami sekeluarga apabila Bapak/Ibu/Saudara/i dapat untuk berkenan hadir, sekaligus memberikan do’a restu kepada Kami Sekeluarga untuk keberangkatan kami menunaikan Ibadah Haji Tahun 2021 / 1442 H

Atas kehadiran dan do’anya kami ucapkan terimakasih yang tiada terbatas. Semoga Allaw SWT, senantiasa melimpah ruahkan ganjarannya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Hormat Kami,

HARAHAP (BLOGGER)
BELLA (SEKRETARIS)


Undangan Haji DOC


Bagi kamu yang tidak mau repot hendak membuat undangan tasyakkuran haji dari awal, tenang saja kali ini kosngosan memberikan format surat-nya dalam bentuk word, sehingga kamu bisa edit sepuasnya sesuai kebutuhanmu. Mari lihat preview filenya dibawah ini :



Download contoh surat undangan tasyakuran haji format doc DISINI


Contoh Undangan Haji Word



Download contoh surat undangan tasyakuran haji format doc diatas dengan klik DISINI

Petunjuk Download : Setelah sobat kosngosan klik tautan diatas, kamu akan diarahkan pada tab baru menuju halaman safelink. Tunggu 5 detik hingga tombol download muncul. Setelah itu klik tombol downloadnya, maka kamu akan diarahkan ke halaman google drive. Selamat mengunduh.


Cara Membuat Undangan Haji


Membuat undangan untuk syukuran dan selamatan keberangkatan dan kepulangan haji pada umumnya sama saja dengan membuat undangan lainnya, hanya saja tujuan dan maksud penyelanggaran acaranya yang berbeda.

Adapun langkah langkah yang harus kamu lakukan untuk membuat surat undangan ini seperti :

Membuat surat undangan untuk tasyakuran keberangkatan dan kepulangan haji memang tidaklah sulit, karena pada dasarnya hampir sama dengan pembuatan surat lainnya. Kamu bisa menggunakan software pengolah kata microsoft word 2013 untuk memulai mengetik bagian bagian seperti dibawah ini :

Langkah 1 :

Membuat lembar kerja baru dengan word, dengan membuka ms word, dan membuat file baru. Kamu bisa mengatur jarak margin misalnya 2-2-2-2. Spasinya 1.5 dan kasih nilai 0 untuk after dan before space-nya.

Langkah 2 :

Membuat bagian cover surat, pada bagian sampul, desain sesuai selera merupakan page border, tambahkan nama dan alamat tamu undangan, perihal undangan, dan nama keluarga pengundang.

Langkah 3 :

Membuat pendahuluan surat, yaitu termasuk kata pendahuluan berupa salam, dan memberikan kata pengantar singkat.

Langkah 4 :

Membuat isi surat yang mengandung penjelasan surat tersebut dibuat, detail teknis acaranya mulai dari hari, tanggal, waktu, dan tempat penyelenggaraan tasyakuran.

Kemudian pada bagian penutup, berikan dengan ucapan terimakasih dan pengharapan akan kehadiran pihak yang diundang. Pemberian salam juga bisa digunakan pada bagian akhir.

Langkah 5 :

Membuat bagian ttd pihak keluara, setiap surat tentunya memiliki bagian ini, sertakan bagian ttd pihak keluarga misalnya, lalu berilah dengan tanda tangan.

Baca juga :


Kata Penutup


Haji dan umroh merupakan salah satu ibadah yang sangat dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Bagaimana tidak, karena kita akan mengunjungi Kabah dan bisa shalat di dua masjid yang paling utama bagi umat muslim, yaitu Masjidil Harom dan Masjid Nabawi.

Semoga kamu yang akan menggelar tasyakuran tersebut bisa terselenggara dengan lancar dan tanpa masalah. Menjadi haji mabrur dan berkah, bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Jangan lupa bagikan postingan ini ke teman teman mu yang ada di media sosial ya, dan tinggalkan komentar apabila ada yang ingin ditanyakan. Terimakasih.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya