Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Internet, Mobile, Sms Banking Bank Kalbar, Kalimantan Barat

Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi di pulau Kalimantan yang memiliki ibukota Pontianak. Sebutan untuk daerah ini adalah seribu sungai, karena memiliki banyak sungai mengalir di dataran kalbar. Provinsi ini memiliki bank pembangunan daerah yang bernama Bank Kalbar.

Bank Kalbar merupakan bank milik daerah provinsi Kalimantan Barat yang memberikan layanan perbankan untuk masyarakat kalimantan barat, dengan berbagai produk simpanan dan fasilitas pembiyaan yang membantu dalam pengembangan usaha

Provinsi ini langsung berbatasan dengan negara bagian Sarawak, Malaysia. Oleh karena itu memiliki potensi ekonomi yang bisa dikembangkan, termasuk pengoptimalan fasilitas finansial seperti suntikan modal untuk bank pembangunan daerah Kalbar.

Sebelum membahas prosedur pendaftaran internet banking, mobile banking dan sms banking bank Kalbar kali ini, kosngosan akan membahas singkat mengenai sejarah bank ini. Bank Kalbar didirikan pada tanggal 28 November 1963.

Kemudian pada tanggal 2 Februari 1999 dilakukan perubahan status hukum BPD Kalbar dari Perusahaan Daerah menjadi Perseroan Terbatas serta perubahan nama menjadi PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat dengan call name Bank Kalbar.

Pada bulan Desember 2005 silah, Bank ini melakukan kegiatan operasional berdasarkan prinsip syariah dengan membuka Kantor Bank Kalbar Cabang Syariah Pontianak. Data dari laman resminya, Bank ini sudah tersebar di seluruh wilayah kalimantan barat, termasuk di Jakarta Pusat.

Saat ini sudah memiliki 1 Kantor Pusat, 21 Kantor Cabang, 59 Kantor Cabang Pembantu, 1 Unit Usaha Mikro, 58 Kantor Kas, 22 Kas Mobil, 63 Payment Point, 65 Layanan Syariah, 208 mesin ATM, dan 14 Mesin CDM.



Cara Mendaftar iB, M Banking dan SMS banking bank Kalbar


iB, M Banking dan SMS banking bank Kalbar

Untuk saat ini (hingga artikel ini ditulis), bank Kalbar hanya melayani fasilitas mobile banking saja. Kita tunggu saja untuk penambahan fasilitas internet dan sms banking lainnya.

Adapun untuk proses pengurusan mobile banking bisa kamu lakukan menuruti beberapa langkah dibawah ini :


Langkah 1 :

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat rekening di Bank Kalbar. Tentu saja kamu harus mendatangi kantor cabang bank kalbar yang ada di daerah mu.

Kemudian datangi customer service, katakan kalau kamu ingin membuat rekening baru di bank tersebut. Persyaratan utamanya adalah KTP asli saja. 

Kemudian menyetorkan sejumlah uang sebagai persyaratan awal membuka rekening


Langkah 2 :

Kamu bisa mendaftarkan layanan mobile banking bank Kalbar melalui 2 cara, pertama bisa langsung meminta bantuan dari Customer service setelah menyelesaikan pembuatan rekening

Atau kamu bisa pakai fitur dari ATM bank Kalbar terdekat. Masukkan kartu ATM seperti biasanya, kemudian pilih menu Reg Mbanking. Isi data data yang diperlukan seperti username, pin atau password dan lainnya.


Langkah 3 :

Kemudian untuk mengaktifkannya, datang kembali ke salah satu kantor cabang bank kalbar, temui customer servicenya dan katakan bahwa kamu ingin mengaktifkan mobile banking. 

Pada umumnya persyaratan yang diperlukan adalah smartphone dengan akses internet, nomor handphone valid, email valid, username dan pin.
 

Langkah 4 :

Nantinya CS akan membuatkan akun baru untuk kamu. Kemudian download aplikasi mobile banking-nya di google playstore. 

Kamu bisa unduh aplikasinya dibawah ini. Setelah itu install di smartphone menggunakan jaringan internet yang sama dengan nomor handphone-mu.




Langkah 5 :

Menyetujui term and condition (syarat dan ketentuan yang berlaku), lalu memilih operator seluler yang digunakan dan kemudian mengirim pesan teks (sudah disiapkan) melalui SMS

Setelah SMS berhasil di-verifikasi, kamu bisa memulai membuat kata sandi aplikasi yang terdiri atas karakter angka dan huruf. 

Setelah berhasil, kamu sudah login dan mulai bertransaksi dengan aplikasi mobile banking Bank Kalbar.

Fasilitas yang dapat dinikmati antara lain sebagai berikut :

Cek saldo
Transfer dana
Purchase / pembelian
Payment / pembayaran
Penggantian PIN

Baca juga : Daftar Nomor Bank Keliling


Kesimpulan


Semoga artikel ini bisa memberikan penjelasan kepada nasabah bank kalbar mengenai pentingnya memanfaatkan setiap fitur yang sudah ada, untuk produktifitas pekerjaan. 

Bila kamu masih belum menjadi nasabah bank ini, ayo segera buka tabungannya. Jangan lupa untuk share artikel ini dan bookmart juga halamannya ya!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya