Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetik dan Menambah Teks ke Dalam PDF dengan Mudah

Bagaimana cara mengetik atau menambahkan teks di PDF? Kali ini kosngosan akan membahas seputar tutorial tersebut yang banyak orang cari. Seperti yang kita ketahui, format PDF bersifat permanen sehingga tidak bisa diubah atau diketik ulang, tidak seperti docx yang fleksibel dan bisa diubah menggunakan ms word.

Namun ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengedit file PDF yang sudah dibuat tanpa harus membongkar habis file tersebut. Mengapa kita harus mengedit offline kembali PDF yang sudah kita buat? File PDF kan sudah tidak bisa diedit lagi? begitu kata orang-orang awam, biasanya.

Karena terkadang sobat kosngosan ingin menambahkan suatu informasi pada dokumen PDF. Sebut saja ketika kamu membuat skripsi dan convert dalam bentuk PDF. Kemudian tiba-tiba dosen yang melakukan revisi, namun pada pilihan yang sudah kita buat sudah dalam bentuk final.

Nah kan bisa melakukan tips dan cara di bawah ini. Sebenarnya cara ini memanfaatkan tool yang sudah diberikan oleh salah satu pembaca pdf yang sudah banyak dipakai orang, yaitu foxit reader. Dengan menggunakan tool typewriter-nya, kita bisa dengan mudah memodifikasi tulisan pada pdf.

Penggunaan PDF sendiri sangat banyak digunakan untuk kepentingan transfer data Internet. Penggunaan file pdf untuk keperluan transaksi online memang lebih efektif dan efisien juga..

Kamu biasa mendapatkan file ebook dalam bentuk PDF, karena file dengan ekstensi atau jenis ini memang lebih sulit untuk dimasuki Malware atau virus. Jadi apabila kamu mendapatkan file pdf dari internet, itu relatif lebih aman ketimbang file dengan ekstensi docx atau dokumen lainnya.

Menurut beberapa sumber yang admin kosngosan rangkum, PDF merupakan kepanjangan dari portable document format, suatu format dokumen online yang diciptakan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital dan dibuat oleh Adobe system pada tahun 1993.

Penggunaan format PDF ini memang sangat banyak digunakan selain kemampuannya yang bisa mengkompresi data dan teks dalamnya juga dinilai bisa dibuka pada aplikasi bawaan dan lebih aman dari serangan Malware dan virus.

Baca juga : Cara Mengetik File PDF di Android dan iPhone

Cara Mengetik Teks di PDF

cara mengedit teks di pdf

Ada berbagai aplikasi pembaca PDF seperti Adobe Reader Foxit Reader maupun Browser yang bisa sobat kosngosan membuka file PDF secara sederhana.

Namun kali ini kita akan menggunakan software Foxit Reader yang mana bisa mengedit dan menambah teks dalam digital serta menyimpannya dalam bentuk PDF baru.


Langkah 1

Pertama kamu buka terlebih dahulu file PDF yang akan diedit, atau ditambahkan teksnya. Disini kita menggunakan foxit reader untuk mengedit file PDF tersebut. Buka menggunakan foxit reader.


Langkah 2

pdf editor

Setelah itu, pergi ke tab Home, kemudian pilihh Typewriter. Jangan lupa mengarahkan kursor ke area yang akan ditambahkan teks-nya pada file PDF.


Langkah 3

Setelah teks ditambahkan, kamu bisa mengatur jenis font, ukuran font dan mengatur letaknya pada posisi yang diinginkan. Setelah itu jangan lupa save atau tekan CTRL + S


Langkah 4

Selesai, kamu sudah berhasil menambahkan teks tanpa perlu mengedit dan membuat pdf dari awal. Bila kamu ada pertanyaan, bisa bertanya di kolom komentar dibawah.


Untuk mengedit teks dalam file PDF, kamu dapat menggunakan aplikasi pengeditan PDF seperti Adobe Acrobat Pro, Foxit PhantomPDF, atau Nitro Pro. Cara umum untuk mengedit teks dalam file PDF adalah sebagai berikut:
  • Buka file PDF yang ingin kamu edit menggunakan aplikasi pengeditan PDF yang kamu pilih.
  • Pilih alat "Edit" atau "Edit Teks" dari menu utama.
  • Klik pada teks yang ingin kamu edit. kamu akan dapat mengetik atau mengubah teks yang sudah ada.
  • Jika kamu ingin menambahkan teks baru, klik pada lokasi di mana kamu ingin menambahkan teks, lalu ketik teks yang diinginkan.
  • Setelah selesai mengedit, simpan perubahan yang telah kamu buat dengan mengklik "File" dan pilih "Save" atau "Save As"
Perlu diingat, bahwa beberapa aplikasi pengeditan PDF, dapat memerlukan lisensi untuk mengedit file pdf.


Cara Mengetik PDF pakai PDF Editor Online


Selain pakai aplikasi yang diinstal di laptop atau komputer mu, kamu juga bisa mengetik dan menambahkan teks di PDF mu menggunakan tool online pakai internet

Kamu cukup ketik saja di google "pdf editor online" maka akan muncul banyak sekali penyedia tool online yang bisa kamu gunakan.

Nantinya kamu tinggal upload dokumen pdf mu di halaman depan mereka, kemudian kamu bisa pakai editor text yang sudah disediakan, save kemudian download kembali file pdf nya


Video Cara Mengetik di PDF



Kesimpulan


Demikian pembahasan kosngosan mengenai bagaimana cara mengedit menambah dan mengetik pada format PDF. Semoga bisa membantu dan menambah referensi kalian. 

Jangan lupa untuk share serta berikan komentarmu di bawah ini Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan. juga bookmart halaman ini ya!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya