Cara Mengetik dan Menambah Teks ke Dalam PDF dengan Mudah

Bagaimana cara mengedit menambah dan menghapus tulisan pada file PDF? Kali ini blog kosngosan akan membahas seputar cara tersebut yang banyak orang cari. Seperti yang kita ketahui file PDF bersifat permanen sehingga tidak bisa diubah atau diketik ulang, tidak seperti docx yang fleksibel dan bisa diubah menggunakan ms word.

Namun ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengedit file PDF yang sudah dibuat tanpa harus membongkar habis file tersebut. Mengapa kita harus mengedit offline kembali PDF yang sudah kita buat? File PDF kan sudah tidak bisa diedit lagi? begitu kata orang-orang awam, biasanya.

mengedit teks pdf

Karena terkadang sobat kosngosan ingin menambahkan suatu informasi pada dokumen PDF. Sebut saja ketika kamu membuat skripsi dan convert dalam bentuk PDF. Kemudian tiba-tiba dosen yang melakukan revisi, namun pada pilihan yang sudah kita buat sudah dalam bentuk final.

Nah kan bisa melakukan tips dan cara di bawah ini. Sebenarnya cara ini memanfaatkan tool yang sudah diberikan oleh salah satu pembaca pdf yang sudah banyak dipakai orang, yaitu foxit reader. Dengan menggunakan tool typewriter-nya, kita bisa dengan mudah memodifikasi tulisan pada pdf.

Penggunaan PDF sendiri sangat banyak digunakan untuk kepentingan transfer data Internet. Penggunaan file pdf untuk keperluan transaksi online memang lebih efektif dan efisien juga..

Kamu biasa mendapatkan file ebook dalam bentuk PDF, karena file dengan ekstensi atau jenis ini memang lebih sulit untuk dimasuki Malware atau virus. Jadi apabila kamu mendapatkan file pdf dari internet, itu relatif lebih aman ketimbang file dengan ekstensi docx atau dokumen lainnya.

Baca juga : Cara Mengedit Dokumen File PDF di Android dan iPhone

Menurut beberapa sumber yang admin kosngosan rangkum, PDF merupakan kepanjangan dari portable document format, suatu format dokumen online yang diciptakan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital dan dibuat oleh Adobe system pada tahun 1993.

Penggunaan format PDF ini memang sangat banyak digunakan selain kemampuannya yang bisa mengkompresi data dan teks dalamnya juga dinilai bisa dibuka pada aplikasi bawaan dan lebih aman dari serangan Malware dan virus.

Cara Mengetik Menambah teks dalam PDF


Ada berbagai aplikasi pembaca PDF seperti Adobe Reader Foxit Reader maupun Browser yang bisa sobat kosngosan membuka file PDF secara sederhana.

 Namun kali ini kita akan menggunakan software Foxit Reader yang mana bisa mengedit dan menambah teks dalam digital serta menyimpannya dalam bentuk PDF baru.

Langkah 1

Pertama kamu buka terlebih dahulu file PDF yang akan diedit, atau ditambahkan teksnya. Disini kita menggunakan foxit reader untuk mengedit file PDF tersebut. Buka menggunakan foxit reader.

Langkah 2

pdf editor

Setelah itu, pergi ke tab Home, kemudian pilihh Typewriter. Jangan lupa mengarahkan kursor ke area yang akan ditambahkan teks-nya pada file PDF.

Langkah 3

Setelah teks ditambahkan, kamu bisa mengatur jenis font, ukuran font dan mengatur letaknya pada posisi yang diinginkan. Setelah itu jangan lupa save atau tekan CTRL + S

Langkah 4

Selesai, kamu sudah berhasil menambahkan teks tanpa perlu mengedit dan membuat pdf dari awal. Bila kamu ada pertanyaan, bisa bertanya di kolom komentar dibawah.

Baca juga : Mengecilkan Ukuran File Word 2010, 2013 dan 2016 Secara Offline dan Online


Demikian pembahasan kosngosan mengenai bagaimana cara mengedit menambah dan mengetik pada format PDF. Semoga bisa membantu dan menambah referensi kalian. Jangan lupa untuk share serta berikan komentarmu di bawah ini Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel