Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengurus Surat Pindah Kuliah Bagi Mahasiswa Antar Kampus

Bagaimana cara mengurus surat pindah antar kampus, universitas atau perguruan tinggi? Kali ini kosngosan membahas contoh surat permohonan pindah dan persyaratan apa saja yang harus kamu penuhi sebelum memutuskan untuk pindah kampus karena sesuatu alasan.

Sebelumnya, ada berbagai alasan yang mungkin bisa membuat kamu harus pindah kuliah. Seperti misalnya alasan pribadi, jarak yang cukup jauh, akreditasi yang tidak jelas, ingin pindah dari universitas swasta ke negeri, dan alasan lain yang menjadikan kamu tidak ingin kuliah di kampus tersebut

Mungkin sebagian dari sobat kosngosan kurang memahami atau bahkan tidak mengerti, apakah mahasiswa dapat pindah kampus atau tidak. Tentunya kamu tidak bisa melakukan perpindahan kampus dengan sembarangan, ada regulasi yang mengaturnya.

Karena terdapat peraturan dari pemerintah dalam hal ini undang-undang nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi yang mengatur perpindahan mahasiswa, yang hanya dapat dilakukan apabila memenuhi persyaratan yaitu, program studi yang sama antar jenis pendidikan tinggi atau perguruan tinggi

Adapun perguruan tinggi di sini dapat berupa universitas negeri atau pun universitas swasta. Pada dasarnya kampus diberikan kewenangan atau otoritas sendiri untuk mengatur penetapan norma dan kebijakan operasional terkait pendidikan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Selain itu, setiap kampus juga memiliki kewenangan terhadap kebijakan yang menyangkut organisasi, keuangan, kemahasiswaan, ketenagaan, dan sarana prasarana.

Baca juga : Tips Sukses Mengikuti KKN (Kuliah Kerja Nyata)

Cara Mengurus Surat Pindah Kampus

Cara Mengurus Surat Pindah Kampus

Terkait dengan proses perpindahan antar kampus, sangat berpengaruh dengan kebijakan dan aturan yang sudah ditetapkan antar kampus asal dan tujuan.

Namun, secara umum persyaratan pindah antar perguruan tinggi dapat dijelaskan sebagai berikut :

Langkah 1

Untuk menjadi mahasiswa pindahan, maka sobat kosngosan harus membaca terlebih dahulu syarat yang dibuat oleh kampus tujuan, supaya nantinya bisa diterima. 

Syarat ini berbeda setiap kampus, namun secara umum bisa berlaku :

  • Berasal dari kampus negeri dan atau swasta yang program studi berakreditasi A
  • Terdaftar dan aktif paling kurang selama 4 (empat) semester di Perguruan Tinggi asal
  • Mempunyai nilai IPK minimal 2.75
  • Perpindahan mahasiswa antar program studi hanya dibolehkan satu kali
  • Memenuhi persyaratan akademik dan persyaratan lainnya sebagai mana ditetapkan oleh Universitas dan Fakultas dan Program yang bersangkutan

Langkah 2

Mengajukan permohonan yang ditujukan kepada Rektor Universitas dengan tembusan kepada Dekan Fakultas dan Program Studi yang dituju, setelah memperoleh izin pindah dari Perguruan Tinggi asal.

Mengajukan permohonan pindah kepada Dekan Fakultas atau Program asal dan Fakultas atau Program yang dituju

Mendapat izin pindah dari Dekan atau Ketua Program asal dan diterima oleh fakultas yang dituju;

Perpindahan program studi ditetapkan dengan Surat Keputusan Rektor.


Langkah 3

Mendaftar pada BAAK sesuai prosedur yang berlaku

Diberikan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) yang berlaku di Universitas

Kredit mata kuliah yang dibawa mahasiswa pindahan, dievaluasi oleh fakultas atau program yang bersangkutan untuk diakui dan disahkan oleh Rektor

Membayar sumbangan pembinaan pendidikan dan biaya administrasi lainnya sebagai mana layaknya mahasiswa baru


Langkah 4

Kamu juga harus ingat bahwa mahasiswa yang telah dinyatakan gagal studi (drop out) biasanya tidak dapat diberikan surat keterangan pindah, tetapi dapat diberikan surat keterangan pernah kuliah di Universitas oleh Rektor dan transkrip nilai yang telah diambilnya dikeluarkan oleh Dekan


Langkah 5

Permohonan harus dilampiri dengan berkas dibawah ini :
  • Daftar nilai asli yang diperoleh dari Universitas asal, dengan mencamtumkan perolehan SKS dan IPK
  • Surat pindah dari Universitas asal
  • Persetujuan orang tua/wali/instansi
  • Surat keterangan tidak pernah melakukan pelanggaran peraturan dari Universitas asal

Contoh Surat Permohonan Pindah Kampus

Berikut contoh surat keterangan pindah kuliah yang bisa kamu gunakan sebagai salah satu persyaratan untuk pindah antar kampus atau perguruan tinggi. Kamu bisa unduh dan edit sesuai dengan kebutuhan mu.



Kamu bisa download contoh surat keterangan pindah kuliah diatas DISINI


Contoh 2
Hal : Permohonan Pindah Kuliah Pekanbaru, 17 Juni 20xx

Kepada : Yth.Bapak Pembantu Rektor 1
Cq.Kepala BAAK UNRI
Di- Pekanbaru.

Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Reza Harahap
Tempat/Tgl.Lahir : Palembang, 25 Desember 19xx
NPM/NIM : 093110483
Fakultas/ Jurusan : Teknik/ Sipil
Alamat : Jl. Soebrantas No.5 Panam - Pekanbaru

Dengan ini saya mengajukan permohonan pindah kuliah dari fakultas teknik UNRI ke salah satu perguruan tinggi di-Palembang. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :

1. Poto Copy Kartu Mahasiswa
2. Poto Copy KRS/ KHS terakhir

Demikian surat permohonan ini saya ajukan, dan atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Ttd

Surat keterangan pindah dari perguruan tinggi lama

Universitas Kosngosan
Jl. Sudirman Baru, Kec. Panam
22343
Pekanbaru

Tanggal: 
Nomor Surat: 

Kepada,
[Universitas Tujuan]
[Alamat
[Kode Pos]
[Kota]

Perihal: Surat Keterangan Pindah Mahasiswa

Dengan hormat,
Bersama surat ini, kami ingin memberitahukan bahwa mahasiswa kami yang bernama :

Nama Mahasiswa: 
NIM:
Program Studi: 
Semester:

Telah mengajukan permohonan pindah dari Universitas Kosngosan ke [Universitas Baru] untuk melanjutkan studinya di program yang sama. Kami mengonfirmasi bahwa mahasiswa tersebut adalah bagian dari mahasiswa yang aktif dan telah menyelesaikan berbagai persyaratan akademik hingga saat ini.

Pergantian perguruan tinggi ini dipandang sebagai langkah yang sesuai dengan aspirasi akademik mahasiswa tersebut dan telah mendapatkan persetujuan dari pihak kami. Kami memberikan rekomendasi kepada [Nama Mahasiswa] untuk melanjutkan studinya di [Universitas  Baru] dan menjalani perubahan ini dengan semangat belajar yang sama seperti di Universitas Kosngosan

Kami sangat mengapresiasi upaya kerjasama antara kedua perguruan tinggi ini dalam mewujudkan visi pendidikan yang lebih luas. Kami juga menyatakan kesiapan kami untuk memberikan informasi lebih lanjut kepada [Universitas Baru] mengenai catatan akademik dan perkembangan [...] selama berkuliah di Universitas Kosngosan.

Demikian surat keterangan ini dibuat, atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Harahap, Ph.D
Wakil Rektor III
Universitas Kosngosan
Ttd dan Cap

Lampiran:

Fotokopi Kartu Mahasiswa
Transkrip Nilai Terakhir
Riwayat Studi


Kesimpulan

Setelah kamu membaca uraian mengenai cara dan persyaratan perpindahan kampus di atas, Semoga kamu bisa mengurusnya dengan baik dan mempersiapkan persyaratan yang sudah ada di kampus masing-masing. 

Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan, Jangan lupa untuk share artikel ini di media sosial kalian, bookmart juga jika kalian ingin berkunjung kembali di halaman ini.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya