8 Tips Membeli Laptop dan PC Bekas Untuk Mahasiswa

Laptop kini sudah menjadi kebutuhan untuk berbagai kalangan, tidak terkecuali mahasiswa. Untuk mendukung aktifitas pembelajaran di kampus, laptop adalah perangkat yang harus dimiliki oleh seorang civitas akademika. Lalu bagaimana cara membeli laptop second yang baik dan benar? Mari simak ulasan dari kosngosan dibawah ini.

laptop bekas mahasiswa

Ketika membeli komputer atau laptop, ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan. Mulai dari spesifikasi sampai dengan harga laptop itu sendiri. Biasanya, jika tidak memiliki cukup budget untuk membeli laptop baru, orang-orang akan cenderung beralih ke laptop bekas atau second karena termasuk kategori harga pc murah.

Tidak masalah meskipun itu laptop second, asalkan semua komponennya bisa berjalan dengan baik, maka tidak perlu yang dikhawatirkan. Untuk itu, sebelum membeli laptop bekas, Kamu wajib memastikan hal-hal berikut ini:

Tentukan jenis laptop yang ingin dibeli


Jangan hanya terpaku dengan harga pc murah saja, Kamu juga harus menentukan jenis laptop yang ingin dibeli. Jenis built up atau rakitan. Semua jenis pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga putuskanlah lebih dulu.

Memastikan perangkat lunak bekerja dengan baik


Tidak hanya perangkat keras saja yang sebenarnya harus bekerja baik, namun perangkat lunak juga. Kamu bisa mengecek kinerja laptop yang akan kamu beli dengan mengecek dari perangkat lunak juga. Pastikan sistem operasi berjalan baik, aplikasi office atau editing dibuka dengan smooth.

Bila perlu, kamu bisa menginstal aplikasi yang bisa mengetest performa laptop seperti StressMyPC, Passmark PerformanceTest, SiSoft Sandra Lite, System Stability Tester, Memtest86+ dan masih banyak lagi.

Cek garansinya


Jangan sampai tergiur oleh harga pc murah yang ditawarkan oleh si penjual, Kamu sampai lupa mengecek soal garansinya. Tanyakan ke si penjual berapa lama garansi yang diberikannya untuk laptop bekas yang akan Kamu beli.

Selain menanyakan garansinya, Kamu juga bisa menanyakan kemungkinan lainnya seperti tukar-tambah dan lain sebagainya.

Mengecek komputer lebih dulu


Sebelum memutuskan membeli laptop bekas tersebut, minimal sobat kosngosan harus cek lebih dulu bagian layarnya, lihatlah apakah bermasalah atau tidak. Layar merupakan hal yang sangat penting, karena Kamu akan melakukan banyak pekerjaan di depan layar laptop.

Jika kualitas layarnya baik, minimal bisa bertahan lima tahunan lebih.Pengecekannya bisa dilakukan dengan membuka gambar yang memiliki warna kontras.

Lihatlah, apakah layarnya bisa menampilkan warna yang natural atau tidak. Kemudian, cobalah untuk menghidupkan dan mematikan laptop selama beberapa kali. Jika terdapat garis putih pada layar, maka Kamu harus tawar harga jualnya.

Cek semuanya tombol keyboard


Hal selanjutnya yang harus Kamu cek pada laptop yang termasuk harga pc murah ini adalah seluruh tombol keyboardnya dan juga port-port USBnya. Biasanya, untuk bisa menggunakan mouse, Kamu akan membutuhkan port.

Cara untuk mengecek apakah portnya masih dapat berfungsi dengan baik yaitu dengan memasang mouse di port tersebut, lalu melepasnya dan memindahkan ke port yang lain. Selain menggunakan mouse, Kamu bisa coba dengan menggunakan flashdisk untuk mengecek bahwa proses pentransferan datanya berjalan dengan maksimal.

Mengecek bagian cd roomnya


Jika laptop bekas yang Kamu beli memiliki fitur cd room, maka Kamu harus melakukan pengecekan bagian tersebut menggunakan DVD atau CD yang disesuaikan dengan jenis CD room dari laptop tersebut. Ceklah dengan baik apakah masih normal atau sudah tidak.

Mengecek prosesor, hardisk, RAM dan VGA laptop tersebut


Selanjutnya beralih ke spesifikasi dari laptop bekas tersebut seperti prosesor, RAM, hardisk sampai dengan VGAnya. Kamu harus tanyakan semua hal itu kepada penjualnnya. Kamu bisa langsung melakukan pengecekan pada sistem komputernya dengan menuliskan perintah dxdiag di bagian kolom pencarian.

Mengecek komponen output laptop


Hal selanjut yang Kamu cek adalah komponen output laptop. Seperti pengecekan audio dan videonya. Bisa mengeluarkan suara yang masih baik atau tidak serta berapa musik atau film yang dapat dimainkan dalam satu putaran.

Kamu juga harus melakukan tes burning cd untuk melihat kinerja dari cd room. Salah satu laptop bekas yang bisa Kamu beli adalah Axioo. Bagi Kamu yang berniat membeli laptop tersebut, Kamu bisa melakukan pengecekan harga laptop Axioo terbaru di Bukalapak. Tidak hanya laptop baru, laptop bekas pun bisa Kamu cari harganya di Bukalapak.

Demikian sedikit ulasan seputar laptop dan komputer bekas yang bisa menjadi opsi bagi kalian mahasiswa yang ingin mendapatkan laptop dengan spesifikasi mumpuni, namun dengan harga yang terjangkau. Silahkan bagikan tulisan ini di media sosial kalian, tekan button share dibawah, terimakasih sudah berkunjung di blog kosngosan.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel