17 Aplikasi AntiVirus yang Tidak Perlu diInstall di HP Android

Apa aplikasi antivirus yang direkomendasikan untuk keamanan smartphone? Faktanya sobat kosngosan tidak perlu menginstal dan menggunakan antivirus apapun untuk HP yang menggunakan platform sistem operasi Android. Mengapa hal ini bisa demikian?

aplikasi antivirus tidak harus diinstall

Pada kesempatan kali ini blog kosngosan akan membahas mengenai beberapa daftar antivirus yang sering dipakai oleh pengguna Android dengan tujuan untuk mengamankan perangkat HP miliknya dari serangan virus atau malware.

Ketika sobat kosngosan sedang browsing di internet, dan mendapati laman yang bertulis HP kamu terkena virus, maka tenanglah. Karena seorang pakar keamanan data yang bernama Siddharth Shankar, mengatakan bahwa android merupakan sistem operasi yang paling aman, karena berbasis linux kernel yang memiliki Security Enhanced Linux.

Selain itu, hampir 100% software yang diperuntukkan kepada perangkat dengan sistem operasi android dikembangkan dengan bahasa pemrograman JAVA yang paling aman.

Baca juga : Jangan Buang Hardisk Rusakmu! Begini Cara Memperbaikinya

Dan user android harus lebih waspada terhadap virus android daripada malware. karena malware merupakan software perusak, yang memang diciptakan seseorang untuk merusak perangkat orang lain.

Diantaranya merupakan pencurian data pribadi, pencurian akun, melacak lokasi, hingga merusak sistem operasi android tersebut.

Lalu bagaiaman tips untuk menjaga HP Android dari serangan virus? Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa sobat kosngosan terapkan :

  1. Tidak pernah menginstal software selain yang bersumber dari play store.
  2. Tidak pernah mengakses situs pornografi.
  3. Tidak pernah membuka link mengenai undian atau hadiah yang dibagikan melalui SMS, whatsaap dan lain-lain.

infografis antivirus

Daftar Aplikasi Antivirus yang Tidak Seharusnya Kamu Download dan Install


Berkebalikan dari yang sering kamu baca di internet mengenai pentingnya antivirus untuk suatu perangkat, hari ini mimin kosngosan merekomendasikan kepada kalian untuk tidak perlu menggunakan beberapa aplikasi dibawah ini, karena hanya akan memberatkan RAM dan kinerja HP kalian :

Avast Mobile Security


Antivirusyang pertama adalah Avast dimana selain dapat digunakan pada perangkat Android bisa juga diinstal di Komputer. Antivirus ini sebenarnya berguna untuk keamanan data, namun tidak benar benar diperlukan selama sobat kosngosan mengikuti tips dari kosngosan diatas.

Ghost Push Trojan Killer


Ini adalah aplikasi yang berperan untuk menghapus aplikasi lainnya yang berpotensi membahayakan handphone kamu. Untuk menggunakannya cukup mudah tetapi HP harus memastikan perangkat android milik mu sudah di-root. Versi terbarunya bisa sobat kosngosan download secara gratis dan menggunakan bahasa Indonesia

AVG Antivirus Security


Antivirus yang bernama AVG ini memang sangat berguna untuk perangkat komputer dalam menghadang virus yang masuk. Mendeteksi setiap aplikasi yang terinstal apakah berbahaya atau tidak. Namun untuk android, sepertinya antivirus ini tidak perlu kamu install, karena akan memberatkan RAM-mu.

Clean Master - Antivirus


Clean Master merupakan salah satu tool pengoptimalan dengan pembersih ruang dan antivirus untuk perangkat android. Namun untuk membersihkan file dan chache, sobat kosngosan cukup menggunakan tool bawaan hp mu, dan juga untuk antivirus memang tidak terlalu dibutuhkan oleh perangkat android milik mu.

Avira Antivirus Security


Katanya aplikasi ini akan melindungi foto, kontak, email, dan nomor kartu kredit yang tersimpan di perangkat android mu. Aplikasi ini memang memiliki fitur lengkap dan menyediakan penelusuran yang aman dan fitur anti-pencurian jarak jauh untuk melacak dan menemukan android.

Namun tetap saja, sobat kosngosan masih bisa menggunakan fitur bawaan google untuk melakukan tracking, dan juga untuk peran antivirus, perangkat android masih kurang membutuhkan tool tambahan seperti ini (asal kamu menjaga aplikasi yang diinstall di perangkatmu)

Adapun beberapa aplikasi antivirus android lain yang tidak perlu kamu install di perangkat mu adalah :

6. MAX Cleaner - Antivirus
7. Kaspersky Mobile Antivirus
8. NoxSecurity - Free Antivirus
9. Norton Security and Antivirus
10. Bitdefender Antivirus Free
11. Dr. Safety: Free Antivirus
12. 360 Security Lite
13. APUS Security
14. GO Security-AntiVirus
15. LINE Antivirus
16. NQ Mobile Security
17. Zemana Antivirus

Kesimpulan


Lalu kamu cukup menggunakan tool default untuk membersihkan file dan cache secara berkala. Juga untuk keamanan data, jangan pernah menginstall aplikasi diluar google play, dan tidak mengklik link yang mencurigakan dari browser, serta mengunduh file yang mencurigakan

Dengan demikian, sobat kosngosan akan terhindar dari malware dan virus, sekali pun tidak menginstalll antivirus yang disebutkan diatas.

Baca juga : Intip dan Kepoin Chat WA orang Lain dengan Cara Ini

Demikian pembahasan kosngosan kali ini mengenai berapa daftar aplikasi antivirus yang tidak seharusnya kamu install, karena hanya akan memberatkan perangkat Android mu. Semoga artikel diatas mencerahkan jangan lupa untuk share artikel ini

By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel