Cara Membuat Pojok Baca Ruangan Kelas yang Unik dan Kreatif

Bagaimana cara membuat pojok baca dengan memanfaatkan ruangan kelas yang disukai oleh murid? Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan membahas beberapa langkah untuk membuat tempat membaca yang nyaman bagi para murid sekolah yang berada didalam ruangan kelas.

Pojok baca memiliki fungsi yang cukup penting dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah. Seperti yang kita tahu, kebiasaan membaca buku dan budaya literasi perlu ditingkatkan, mengingat perkembangan zaman saat ini yang membuat generasi muda malas untuk membaca.

Untuk mendorong mereka nyaman membaca, maka dibuatlah tempat khusus membaca dengan desain pojok baca yang unik dan kreatif, ditambah dengan tulisan yang membangkitkan semangat membaca.

Dengan berbagai tingkatan sekolah, seperti SD, SMP dan SMA menyesuaikan dengan keaadaan murid-murid. tentunya pojok baca untuk pelajar SD lebihr ramai, dihiasi dengan ornamen dan pohon literatur yang menarik perhatian.

Membuat pojok baca juga tidak butuh modal besar. Pojok baca bisa dibuat dengan bahan bahan sederhana, hasil kreatifitas seluruh anggota kelas.

Sehingga pembuatan nya juga bisa menjadi momen untuk meningkatkan kebersamaan dan kekompakan antar kelas, juga bersama guru

Adanya ruangan khusus membaca di sudut kelas ini merupakan salah satu program dari pemerintah untuk meningkatkan minat baca siswa.

Didalamnya juga disediakan banyak buku buku menarik tentang pengetahuan dan diberikan kreasi dari berbagai hasil kerja siswa

Baca juga : Contoh Desain Susunan Bangku Meja Sekolah yang Unik dan Kreatif


Cara Membuat Pojok Baca Ruangan Kelas


contoh pojok baca

Untuk membuat pojok baca, dibutuhkan kerjama sama antara guru dengan siswa, baik itu dalam aspek desain, pengerjaan pagar, dinding, dan juga aksesoris tambahan yang menambah kesan ramai untuk pojok baca.

Berikut cara yang bisa diterapkan untuk membuat pojok baca yang menarik dan disukai oleh para murid :

Langkah pertama

Guru atau wali kelas mengumumkan pengerjaan proyek pojok baca kepada murid murid didalam kelas. Kemudian membuat tim untuk pengerjaan pojok baca kali ini, yang terdiri dari tim desain, tim aksesoris, tim penyediaan buku, dan tim pengerjaan pagar serta tim peralatan bangku dan alas untuk lantai-nya.


Langkah kedua

Untuk pengerjaan pagar, bisa menggunakan tali rapia yang dibalut dengan kertas pernak pernik, diberikan tiang yang pada sudut yang sudah ditempelkan di atas pot yang sudah di semen.

Untuk tim desain, bisa memberikan desain terbaik untuk dindingnya, dengan ditempel kertas origami yang sudah dibentuk dengan berbagai desain, membuat pohon literasi, menulis quotes motivasi pendidikan dan sebagainya


Langkah ketiga

Kemudian pengerjaannya bisa menggunakan beberapa meja dan untuk bangku, atau  bisa juga lesehan (hanya menggunakan meja saja). Sediakan rak buku, dan yang terpenting adalah pasokan buku yang sudah dipersiapkan.

Sobat kosngosan bisa mendapatkan buku - buku baru dari peminjaman di perpustakaan, membeli baru, atau berasal dari sumbangan siswa. Oleh karena itu, ada baiknya proyek pojok baca kali ini juga guru bekerjasama dengan orangtua wali murid, sehingga stok buku yang diperoleh juga bertambah


Langkah keempat

Terakhir, setelah pojok baca selesai dibuat, jangan lupa untuk membuat jadwal piket untuk membersihkannya secara berkala. Karena yang terpenting adalah menjaga kebersihan pojok baca secara rutin. Jadi seluruh siswa mendapatkan tugas masing masing untuk membersihkannya.

Dan satul lagi yang perlu diperhatikan, untuk meningkatkan minat baca, guru juga harus memberikan tugas membaca dan menyimpulkan materi dalam buku, supaya mereka bisa memanfaatkan waktu luang nya untuk membaca di pojok baca ruangan kelas.

Lihat Proses pembuatannya dibawah ini :

pembuatan pojok baca kelas

pembuatan pojok baca kelas

pembuatan pojok baca kelas

pembuatan pojok baca kelas

pembuatan pojok baca kelas

Baca juga : Contoh Pohon Literasi untuk SD, SMP dan SMA


Kesimpulan


Pojok baca dibuat dengan cara sederhana, namun punya dampak yang positif untuk mendorong minat baca para murid. Berikan tugas kepada mereka untuk menyimpulkan buku yang mereka baca.

Kemudian tuliskan di pohon literasi yang sudah dibuat untuk membuat suasana belajar lebih kreatif dan menyenangkan. Sobat kosngosan bisa membaca dibawah ini bagaimana cara membuat pohon literasi yang baik dan bena

Demikian pembahasan mengenai cara membuat ruangan pojok baca untuk ruangan kelas yang dapat meningkatkan minat baca anak anak. Semoga dapat menginspirasi dan memberikan preferensi untuk kalian. Silahkan share URL postingan ini di media sosial kalian, supaya lebih viral dan memberikan manfaat ke teman teman lainnya.
By