Contoh Undangan Syukuran Rumah Baru dan Cara Membuatnya

Apakah kamu sedang mencari undangan selamatan rumah dalam format doc yang bisa diedit menggunakan ms word? untungnya kali ini blog kosngosan akan memberikannya kepada kalian, sekaligus panduan bagaimana cara membuat surat undangan yang baik dan benar

undangan syukuran rumah baru

Setiap orang pasti sangat bahagia dengan siapnya hunian atau rumah baru milik mereka. Sebagai masyarakat yang menjunjung tinggi tradisi ketimuran banyak diantara kita yang mengundang para tetangga dan saudara untuk merayakan syukuran.

Salah satunya adalah syukuran untuk rumah baru yang akan dihuni oleh satu keluarga. Pindah rumah dan memiliki rumah baru sama saja dengan memulai hidup baru yang pastinya setiap anggota keluarga sangat berantusias.

Sebelum kamu memutuskan untuk merayakan syukuran untuk rumah baru kamu harus memperhatikan hari yang tepat supaya para undangan bisa menghadiri acara tersebut tanpa terganggu dengan aktivitas mereka.

Baca juga : Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang

Contohnya saja adalah dengan memilih waktu akhir pekan dan setelah salat magrib untuk mengadakan selamatan, makan-makan dan mengundang pemuka agama untuk ikut doa bersama dan mendoakan keberkahan rumah baru tersebut

Banyak yang mengatakan bahwa Jangan pindah rumah pada saat malam hari selain ditinjau dari sisi bathiniyah, tradisi ini dianggap tabu oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Bila ditinjau dari sisi ilmiah memang memindahkan barang di malam hari sangat beresiko terhadap perabotan dan keselamatan kerja.

Di rumah baru tersebut juga harus sudah tersedia air dan sebelumnya sudah meminta izin kepada tetangga dan pihak yang berwenang seperti RT RW atau kepala lingkungan. Dengan demikian kamu bisa mengadakan selamatan rumah baru dengan baik dan benar

Cara Pembuatan Surat Undangan Syukuran Rumah Baru


Membuat surat undangan untuk acara selamatan rumah baru bisa dipilih model yang formal atau nonformal. Hal ini tergantung dari tujuan undangan apakah ditujukan kepada pihak masyarakat saja atau ikut pejabat lingkungan terkait.

Namun secara umum akan lebih baik untuk membuat undangan secara formal dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

langkah pertama

Buka lembar kerja word baru, kemudian atur margin sesuai dengan 3-3-3-3, penggunaan font time new roman atau arial, ukuran font 12 dengan spasi 1.5 atau yang menyesuaikan dan rapi dilihat. Mulailah membuat bagian surat seperti dibawah ini

langkah kedua

Buatlah kop surat atau kepala surat, sebagai salah satu bagian penting dari surat formal, berisi nama lembaga atau badan, kontak dan alamat institusi, serta logo di samping kiri bila ada.

Bagi surat undangan yang biasanya lipat 3, bagian ini ditampilkan di depan sebagai cover.

langkah ketiga

Sobat kosngosan buatlah paragraf pembuka, tujuan surat, tanggal, tempat dibuatnya surat, ucapan salam dan kata pembuka yang mengarah kepada detail dan maksud acara.

Setelah itu buat detail acara, mengenai tanggal, waktu dan tempat acara.

langkah keempat

Buat paragraf penutup. Berisi ucapan salam kembali diakhiri dengan pernyataan terimakasih apabila pihak yang ditujukan kepada undangan berkenan hadir, dengan tambahan catatan yang perlu di beritahukan.

Diakhiri dengan tanda tangan penanggung jawab, bisa dibuat juga dua posisi, sebelah kiri ketua panitia dan kanan sekretaris atau bendahara. Bisa juga buat bagian tembusan di akhir surat, kepada pihak yang lebih tinggi jabatannya.

Contoh Undangan Selamatan Rumah Baru


Tidak ingin repot membuat dan menulis surat undangan selamatan untuk rumah baru dari awal seperti yang diarahkan di atas? sobat kosngosan cukup klik link Unduh di bawah dan dapatkan formatnya dalam bentuk DOC yang bisa di edit menggunakan aplikasi MS Word.



Download file tersebut dengan klik tautan DISINI

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Puji syukur kami haturkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan
rahmat dan hidayah Nya kepada kita semua. Solawat dan salam mari kita sanjungkan
kepada Nabi Muhammad SAW.

Sehubungan dengan telah selesainya pembangunan rumah kami, dan demi mengharapkan keberkahan-Nya, dengan ini kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i untuk menghadiri acara syukuran yang insya Allah akan kami laksanakan pada :

Hari/Tgl : Minggu, 30 Desember 2019
Jam : 16.00 WIB (Ba’da Ashar)
Tempat : Jl. Nusa Indah No. 2C, Panam
Pekanbaru, Riau

Adalah suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kami, apabila Bapak/Ibu/Sdr/i
berkenan untuk menghadiri undangan kami

Atas kehadirannya dan perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Jazaakumullahu khoiron katsiiron
Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh


Muhammad Reza Harahap dan Keluarga

Baca juga : Contoh Pembuatan Surat Over Kredit

Semoga dengan mengetahui cara pembuatan surat undangan syukuran untuk rumah baru dan mengunduh contoh undangan tersebut bisa membantu kalian dalam mengadakan syukuran. Selamat menempuh hidup di rumah baru, dan jangan lupa untuk bagikan artikel kosngosan ini, terimakasih.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel