Wisata Candi Prambanan Terletak di Sleman yang Mendunia

Apakah kamu pernah berwisata di Yogyakarta dan mengunjungi candi prambanan untuk belajar sejarah singkat mengenai peninggalan dari Kerajaan Hindu ini? Kalau belum, barangkali bisa membaca deskripsi singkat dari kosngosan dibawah ini untuk menambah referensi kalian.

Indonesia memang memiliki banyak candi sebagai salah satu peninggalan sejarah. Ada pula candi yang ditetapkan UNESCO sebagai situs akan warisan dunia, selama ini kita mungkin lebih mengenal Borobudur. Namun sejak 1991 wisata Candi Prambanan juga dijadikan destinasi wisata. Yuk kita bahas lebih mendalam keindahan yang bisa kita dapatkan di wisata Candi Prambanan ini.

wisata candi prambanan

Mendengar kata candi Prambanan, pasti yang terlintas dibenak mu adalah legenda candi ini. Ya, legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bkamuwasa. Bangunan candi yang memang indah dan menawan ini merupakan tempat penting bagi umat Hindu.

Banyak hal yang bisa di ekspos dari candi ini. Mulai dari legenda Roro Jonggrang hingga sendratari Ramayana. Berikut ini adalah beberapa hal menarik yang harus kamu ketahui sebelum berkunjung ke candi Prambanan:

Deskripsi Menarik Wisata Candi Prambanan


Fungsi candi prambanan


Sebagai salah satu peninggalan umat hindu terdahulu, candi ini memiliki fungsi yang sama dengan candi pada umumnya, yaitu sebagai kegiatan keagamaan yang ditujukan sebagai tempat untuk ketiga dewa dalam Agama Hindu, yaitu Siwa, Brahma dan Wisnu.

Namun sekarang, fungsi candi ini sudah berganti menjadi objek wisata dan peninggalan sejarah yang dijadikan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Kompleks ini juga menjadi tempat pengenalan budaya dan tradisi lokal dan dijadikan media promosi kepada turis internasional yang tentunya akan meningkatkan pariwisata Indonesia.

sejarah candi prambanan

Bahasa di sekitar lokasi Candi Prambanan


Karena merupakan destinasi wisata yang mendunia, tak heran bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang digunakan di sekitar candi, selain bahasa Indonesia dan bahasa Jawa.

Oleh karena itu sobat kosngosan harus menguasai paling tidak bahasa lokal, yaitu jawa untuk bisa berbaur dengan masyarakat di sekitaran candi prambanan. Untuk berinteraksi dengan bule, tentu saja kalian harus menguasai english.

Kondisi iklim di sekitar candi


Prambanan berada di kecamatan Sleman yang beriklim tropis basah. Bulan November hingga April adalah musim dimana hujan biasanya turun. Sementara Mei hingga Oktober adalah masa dimana musim kemarau datang.

Tips berwisata ke Prambanan


Sebelum berwisata ke lokasi candi ini, ada baiknya kamu mencari informasi sebanyak-banyak nya akan perihal candi ini, seperti menggunakan website atau aplikasi Traveloka. Hal ini akan membuat wisata kamu menjadi lebih seru karena kamu lebih siap.

Pastikan untuk menonton sendratari Ramayana pada saat terang bulan. Momen ini sayang jika sobat kosngosan lewatkan ketika berkunjung ke Candi Prambanan.

Berkata dan bertingkah laku sopan selama berada di area candi. Serta tidak mengambil benda dan barang apapun. Hal terpenting, berhati-hatilah berjalan di sekitar candi karena banyaknya bebatuan besar.

Bukan hanya menjadi saksi sejarah akan legenda candi tersebut, kamu juga akan mendapatkan beberapa hal menarik selama berada di komplek candi ini seperti misalnya :

Mengenal sejarah prambanan lebih detail


Di bagian utara candi, terdapat museum yang harga tiketnya sudah termasuk dengan harga tiket masuk komplek Candi Prambanan. Dari museum ini kamu dapat mendalami sejarah akan terbentuknya candi serta struktur bangunan yang cukup luas.

Tempat favorit untuk berfoto


Sobat kosngosan dapat mengambil foto dari sisi mana saja dari bangunan candi ini. Maka dari itu candi ini menjadi tempat favorit para fotografer. Seluruh sisi dari candi ini memang selalu menarik untuk menjadi latar foto kamu. Di malam hari, dengan sinar lampu candi ini terlihat semakin megah.

Terlebih, lampu keemasan yang mengarah ke candi Trimurti. Akan semakin menambah cantik tampilan candi ini untuk menjadi latar bagi foto kamu.

Berburu souvenir


Banyak souvenir berbentuk candi yang dapat kamu temukan di banyak kios di sekitar candi. Mulai dari baju kaos, daster wanita dan anak-anak, kalung, gantungan kunci serta pernak pernik lainnya. Kamu dapat memesan dengan partai besar maupun kecil. Dengan harga yang dapat di nego tentunya. Mencoba kuliner khas setempat

Kuliner khas candi prambanan


Tidak hanya souvenir baju dan gantungan kunci, berbagai makanan khas daerah setempat dapat kamu jumpai. Bahkan makanan tersebut terkadang yang tak pernah kamu jumpai dan dalam bentuk yang unik. Diantara warung kuliner yang cocok untuk kamu kunjungi adalah Soto daging sapi Trunojoyo serta soto daging kambing mbah Semar

Kuliner ini dapat menjadi pengganjal perut selama sobat kosngosan berada di komplek candi ini. Begitu pula halnya Bakmi Jawa pak Gocip dan Bakmi Jawa pak Doyok, warung bakmi ini menawarkan bakmi goreng, bakmi rebus, nasi goreng dan magelangan.

Sebagai pelepas dahaga, es dawet Ngudi roso dapat kamu andalkan sebagai daya tarik tersendiri mencoba kuliner di sekitar candi. Mie ayam bu Tini dan mie ayam pak Suro terletak di utara candi Prambanan, mie ayam ini merupakan makanan yang sudah melegendaris bagi pengunjung tempat wisata candi Prambanan ini. Yang menjadi daya tarik lainnya dari warung mie ayam ini adalah harganya yang 1/3 lebih murah dari harga mie ayam di warung biasanya.

Demikian ulasan perihal Candi Prambanan. Selain dapat menjadi saksi sejarah candi ini, sobat kosngosan juga dapat mencoba kuliner khas disana. Jadi, ilmu di dapat perut pun kenyang. Selamat berwisata Prambanan bagi kamu dan keluarga.
By

0 Response to "Wisata Candi Prambanan Terletak di Sleman yang Mendunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel