Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Tips Cari Tukang Bangunan yg Murah Berkualitas

Bagaimana cara mencari tukang bangunan yang bagus? Jasa tukang bangunan bisa dibedakan menjadi 2, yaitu sistem harian atau borongan. Kamu sebagai pemilik lahan yang akan membangun rumah, harus mempertimbangkan beberapa faktor dalam memilih jasa tukang bangunan, supaya nantinya bangunan yang akan dibuat selesai dengan baik dan tidak ada kendala atau hal-hal yang tak diingankan.

Tukang bangunan memiliki sistem kerja dan tarif yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh jarak (dekat atau jauh dari lokasi pembangunan), kesulitan arsitektur bangunan, dan pengalaman kerja tukang.

Ketika sobat kosngosan memutuskan untuk membangun atau merenovasi rumah, maka yang pertama harus dilakukan adalah menemukan tukang bangunan yang profesional dan memiliki keahlian.

Kemudian berkonsultasilah untuk menentukan sistem yang akan dipakai, apakah harian atau borongan. Karena hal ini merupakan ujung tombak dari sukses tidaknya bangunan yang ingin dibuat

Untuk menghindari tukang bangunan yang kurang berpengalaman, kamu bisa meminta rekomendasi dari ahli atau yang sudah membangun rumah. Karena biasanya kualitas seorang tukang bangunan itu bisa dilihat dari hasil kerjanya selama ini.

Satu hal lagi yang perlu dihindari adalah jangan menyewa tukang bangunan dari kalangan keluarga sendiri, karena hal ini akan memunculkan rasa tidak enak apabila sewaktu-waktu kinerja mereka tidak bagus.

Carilah tukang bangunan yang kamu kenal dari luar, namun memiliki kualitas yang mumpuni. Lalu Bagaimana cara mendapatkan tukang bangunan yang baik dan benar? Kalian bisa membaca tips sederhananya di bawah ini


Cara Mencari Tukang Bangunan yang Bagus

Cara Mencari Tukang Bangunan yang Bagus

Dalam mencari jasa tukang bangunan yang bagus, tentu saja harus mengetahui beberapa hal, seperti kontrak perjanjian, material yang dibutuhan, harga biaya, jasa yang mereka minta serta elemen teknis lainnya.

Bila kamu tidak ingin repot, kamu bisa menginstal aplikasi tukang bangunan supaya lebih mudah. Intinya kamu terapkan dulu beberapa tips sederhana dibawah ini :

Baca juga : Surat Quotation Penawaran Kerjasama Proyek


Melakukan riset terlebih dahulu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan riset mengenai rekam jejak atau track record dari tukang bangunan yang bersangkutan.

Lihatlah hasil pekerjaan mereka seperti rumah atau bangunan nya sudah diselesaikan, Apakah terlihat bagus dan memuaskan serta sesuai dengan selera?

Terlebih lagi kamu bisa mengkonsultasikan mengenai hasil dan rekomendasi tukang bangunan dari para ahli atau arsitek yang sering menggunakan jasa mereka. Umumnya seorang arsitek atau pekerja proyek lebih mengetahui mengenai tukang bangunan yang berkualitas


Menentukan Biaya Total Pembangunan

Disini sangat perlu untuk mengetahui Berapa besar anggaran yang kamu miliki sebelum membangun suatu rumah atau bangunan.

Misalnya nggak saja sobat kosngósan memiliki uang sebesar 500 juta dan kamu ingin membangun rumah dengan tipe 36 di pinggiran kota.

Tentunya dengan mengetahui anggaran dasarnya kamu akan lebih mudah Dalam menemukan tenaga kerja serta bahan-bahan yang diperlukan


Menentukan Waktu Pengerjaan

Biasanya waktu pengerjaan dari proyek pembangunan rumah itu tergantung dari sistem kontrak, jumlah tenaga kerja dan juga ketersediaan bahan bahan bangunan.

Oleh karena itu perlu untuk menetapkan jangka waktu tertentu dalam pengerjaan proyek untuk memberikan an-naas an terhadap progress dari pembangunan tersebut


Menentukan Sistem Kontrak

Nah di sini ada dua jenis sistem kontrak antara pemilik rumah dengan tukang bangunan yaitu sistem kontrak harian atau sistem kontrak borongan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sistem harian memiliki kelebihan para pekerja harus bekerja terus tanpa ada kesempatan menganggur dan ini untuk mengefisiensikan waktu kerja, maka persiapan bahan material harus sudah tersedia terlebih dahulu

Selain itu system harian juga memiliki kelebihan pemilik rumah bisa mengontrol hasil kerja dari tukang bangunan apabila dirasa bagus maka dilanjutkan apabila dirasa kurang bagus maka bisa dihentikan.

Kekurangan dari sistem kontrak ini adalah pemilik Rumah harus setiap hari mengawasi kinerja dari tukang bangunan karena memang memiliki bayaran harian

Sistem borongan memiliki kelebihan pemilik rumah tidak perlu lagi mengawasi bekerja setiap hari dan cukup mempercayakan kerjanya kepada ada mandor tukang.

Direkomendasikan untuk mempersiapkan gambaran kerja dan spesifikasi dari bangunan yang akan direncanakan. Dan biaya kontraknya juga relatif lebih murah


Memilih Jasa Tukang yang Profesional

Dalam memilih jasa bangun rumah borongan, seorang tukang yang professional tentu sangatlah penting. Hal ini untuk mengantisipasi atau mencegah terjadinya kesalahan dalam pemilihan jasa tukang yang pastinya akan berdampak pula pada jumlah biaya yang dikeluarkan.

Sobat kosngòsan dapat berdiskusi dengan teman atau saudara yang telah berpengalaman untuk dapat mendapatkan tukang yang professional


Melihat bangunan yang sudah mereka kerjakan terlebih dahulu

Sangat penting untuk mencari tahu, apakah jasa tukang tersebut adalah "pemain baru" atau justru "pemain lama" yang sudah lama mengerjakan projek bangunan.

Kamu bisa meminta mereka memberi tahu beberapa bangunan yang sudah mereka bangun. Atau kalau perlu selidiki di berbagai lingkungan sekitar mereka, apakah ada klien mereka yang mengeluh dengan hasil kerja tersebut atau justru mendapatkan pujian.


Menyiapkan Desain dan Material Bangunan

Bagi sobat kosngosan yang telah memutuskan untuk menggunakan jasa bangun rumah borongan ke pemborong, disarankan supaya mempersiapkan material yang kiranya akan dibutuhkan terlebih dahulu.

Selain itu, desain rumah impian mu juga harus telah disiapkan. Dalam mempersiapkan material yang dibutuhkan, untuk takarannya sobat dapat menggunakan adukan 1; 2 ; 3 mapun 1 : 3 : 5 atau sangat direkomendasikan bertanya pada ahlinya langsung.

Kamu dapat menyerahkan persiapan material ini kepada tukang borong, hanya saja ditakutkan apabila material yang dibeli tidak sesuai dengan apa yang sobat inginkan.

Kemungkinan besar bisa saja terjadi penambahan biaya oleh pihak pemborong dengan seribu alasan. Lebih baik kamu mempersiapkan materialnya sendiri atau dengan bantuan keluarga yang dikenal.


Membuat Jadwal serta Pengontrolan Rutin

Para jasa tukang bangunan borongan biasanya menginginkan supaya pekerjaan mereka cepat selesai. Tidak jarang diantara mereka yang rela kerja lembur demi dapat cepat menyelesaikan pekerjaan mereka.

Hal ini membuat pekerjaan mereka terkadang menjadi terkesan asal-asalan, karena dilakukan dengan tidak teliti lagi.

Inilah yang membuat sistem borongan menjadi lebih kurang disukai, namun memang menjadi resiko. Untuk mengatasinya, akan lebih baik jika sobat kosngosan membuat jadwal kontrol kinerja mereka.

Akan tetapi jangan membuat jadwal yang teratur, acak jadwal nya dan biarkan mereka menebak kapan kedatangan mu untuk mengontrol.


Memperhatikan Garansi yang Diberikan

Ketika sobat kòsngosan menggunakan jasa borongan rumah, pastikan terlebih dahulu bahwa jasa tersebut memberikan garansi.

Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya masalah atau gangguan saat bangunan selesai dikerjakan. Dalam proses serah terima bangunan, biaya akan sulit menjangkau masalah tersebut, sehingga di sinilah garansi memiliki manfaat yang sangat penting.


Memilih Sistem Borongan atau Harian

Berbicara mengenai sistem yang akan kita pakai, mana yang lebih baik antara sistem borongan atau harian? Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya. Kita akan bahas kelebihan dan kekurangan dari kedua nya

Sistem harian memiliki kelebihan yaitu jasa tukang harus bekerja lebih efektif dan efisen tanpa adanya kesempatan untuk menganggur.

Selain itu, jika ternyata kinerja tukang kurang memuaskan, kamu bisa segera menghentikan pekerjaannya dan mencari yang lain.

Akan tetapi kekurangannya adalah kamu harus terus menerus mengawasi pekerjaan si tukang bangunan setiap harinya. Sistem harian ini lebih cocok untuk melakukan proyek yang membutuhkan volume pekerjaan kecil

Sementara sistem borongan, dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu borongan upah tenaga dan borongan total keseluruhan.

Untuk sistem borongan upah tenaga, kamu hanya membayar upah tukang bangunan saja dan untuk materialnya menjadi tanggung jawab mu.

Sementara untuk sistem borongan total keseluruhan, semuanya diserahkan kepada mandor bangunan. Kelebihannya adalah kamu tidak perlu mengawasi setiap hari, dan dari segi harga juga relatif lebih murah ketimbang harian.

Sedangkan kekurangannya adalah kualitas kerja borongan biasanya lebih jelek, karena mereka lebih ingin buru-buru selesai tanpa memperhatikan kualitas.

Cara Mencari Tukang Bangunan yang Bagus

Baca juga : Rekomendasi Jasa Bongkar Rumah Jakarta


Kata penutup

Demikian beberapa tips mengenai cara memilih tukang bangunan untuk pembangunan rumah atau gedung. Karena memilih tukang adalah kunci utama keberhasilan dalam membangun rumah atau hunian tempat tinggal

Semoga bisa menjadi referensi bagi kalian yang akan mendirikan suatu bangunan. Jangan lupa untuk mengurus surat izin mendirikan bangunan dan bayarlah pajak bangunan sesuai dengan kriteria yang ada.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya