7 Alasan Mengapa Kamu Harus Memulai Bisnis Online Sejak Muda

Gaji mu masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup? Berangkat dari masalah ini, tersisa alternatif yang bisa jadi belum pernah kamu bayangkan sebelumnya. Salah satunya adalah dengan memulai berbisnis secara online sejak dini.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), seperti dikutip dari beberapa portal berita di Indonesia mencatat hingga tahun ini saja sekitar 82,2 juta dari 132,7 juta pengguna internet telah berkunjung ke toko online. Bayangkan, angka fantastis tersebut sudah ada bahkan sejak dua tahun yang lalu.

bisnis online

Kita semua lekas sadar perihal lahirnya banyak marketplace di tanah air. Belum lagi, usaha komersional konvensional yang juga merambah jaringan elektroniknya. Mungkin ini kesempatan yang tepat bagi kamu untuk mulai berbisnis online. Mengapa demikian?


Pentingnya Bisnis Online Sejak Dini


Semenjak perkembangan jaringan internet yang semakin signifikan dari tahun ke tahun, membuat peluang bisnis online sangat prospektif hingga saat ini. Ada beberapa alasan seharusnya yang bisa mendorongmu untuk terjun langsung ke dunia bisnis online, simak beberapa penjasan dari kosngosan dibawah ini

1. Tidak membutuhkan modal yang besar bahkan bisa mulai dari nol


Ya, apabila ini pengalaman pertama kalinya, Kamu dapat memulainya dengan menjadi reseller atau dropshipper. Caranya cukup mudah, hanya tinggal mengenalkan bisnis supplier Kamu kepada masyarakat dunia maya alias tidak perlu membelinya. Barang yang diperjualbelikan sudah disediakan oleh supplier.

Jelas saja berbeda dengan bisnis offline yang mana umumnya harus menyediakan barang lebih dulu baru menunggu kedatangan pembeli. Lain cerita jika bisnis Kamu sudah mulai besar di pasaran. Alih-alih membayar gaji penjaga toko, Kamu bisa menggunakan perpanjangan tangan secara gratis melalui agen reseller.

Selain dari objek transaksi, Kamu dapat bernapas lega dengan berkurangnya biaya fisik dari bisnis Kamu. Sebut saja sewa kantor, pajak gedung, biaya keamanan, tagihan listrik, bahkan sesederhana kertas perjanjian atau materai. Kamu dapat melakukannya dimana saja, termasuk juga di rumah sendiri.

2. Bisnis online lebih mudah ketimbang bisnis konvensional


Semua yang Kamu butuhkan hanya gadget ditemani koneksi internet. Apalagi akses wifi gratis sudah ada dimana saja. Jangan lupa juga kehebatan internet menyasar sejumlah besar penduduk bumi, menjangkau berbagai penjuru dunia asal terhubungan secara online. Beda dengan toko biasa yang hanya dikenal penduduk sekitaran toko.

Contoh remehnya seperti membagikan katalog daring kepada 100 orang pasti lebih gampang dibanding menyuruh orang menyebarkan langsung pada 100 orang yang ditemuinya.

Dari segi promosi, berjualan secara online juga dinilai lebih efektif. Tidak perlu menunggu pelanggan merekomendasikan bisnis Kamu kepada rekan sejawat. Kamu dapat mengusahakannya dengan membagikan kolom testimoni dari pembeli, menggelar giveaway, atau memberikan endorsement. Selain itu, bisnis online seperti pada marketplace atau P2P Lending tidak mengharuskan penjual dengan pembeli atau calon investor dengan penerima investasi harus bertemu secara langsung.

3. Tidak menguras waktu


Pelanggan tidak lagi perlu kerepotan mengunjungi tempat bisnis Kamu. Bisnis online mungkin dilakukan dimana saja dan kapan saja di tengah kepadatan rutinitas atau waktu berkumpul bersama keluarga. Malahan, uang bisa saja ditransfer meskipun Kamu masih tertidur lelap.

Berlainan dengan bisnis konvensional yang mana kunjungan pun terbatas pada waktu jam buka dan tutup toko juga kondisi cuaca. Boleh jadi ada calon pembeli yang batal datang ke toko offline Kamu hanya karena hujan atau malas terjebak macet.

4. Potensi penghasilan tinggi


Bisnis online sangat berpotensi memberikan penghasilan tambahan dengan jumlah yang besar. Hal ini dikarenakan masyarakat sudah mulai berpindah media berbelanja dari yang offline menjadi ke online.

Masih berhubungan dengan poin nomor satu sebelumnya, semakin sedikitnya modal yang dikeluarkan maka margin keuntungan yang diperoleh akan lebih besar. Jika tanpa modal, tidak ada lagi tuh ceritanya profit dipakai untuk menutupi balik modal terlebih dahulu. Selain itu, Kamu bisa melakukan survei manakah supplier yang paling menguntungkan untuk Kamu.

5. Memiliki database konsumen


Ini yang sulit didapatkan di bisnis konvensional. Pernahkan Kamu menyadari bagaimana transportasi online yang berkembang sekarang ini mampu secara cepat sudah menebak arah tujuan perjalanan Kamu? Atau marketplace dengan tepat mengetahui barang apa yang sedang Kamu inginkan? Itu semua sanggup terjadi karena adanya ‘Big Data’.

Dalam bisnis online, secara otomatis Kamu akan mempunyai database konsumen mulai dari email, nomor handphone, alamat, atau objek apa yang paling sering dipesan. Hal ini dapat menjadi prospek penjualan ke depannya.

Bagaimana tidak, dengan data yang dihasilkan terutama data pelanggan, bermanfaat sebagai acuan dalam menentukan strategi atau langkah Kamu selanjutnya. Jika Kamu meluncurkan produk baru juga Kamu tinggal menawarkan pada mereka yang pernah menjadi konsumen Kamu.

6. Potensi permodalan yang luas


Karena bisnis online dilakukan melalui internet, dampaknya adalah semua hal yang kita lakukan tercatatat dengan baik. Jika kamu menggunakan marktplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee dkk, semua transaksi yang kamu lakukan tercatat di database marketplace tersebut. Saat ini maketplace banyak yang bekerja sama dengan fintech untuk memberikan pembiayaan kepada Online Seller.

7. Menjadikan kamu melek finansial


Sadar atau tidak, ada banyak sekali anak muda yang sangat jarang melek atau mengetahui bagaimana cara mengelola keuangannya. Sehingga tidak jarang bawah banyak sekali kaum milenial yang bersifat heterogen dan tidak bisa mengelola keuangan secara baik

Dengan memulai bisnis Online dan melakukan investasi sejak muda kamu semestinya sudah bebas dari yang namanya permasalahan finansial seperti hutang atau pemborosan anggaran setiap bulannya.


Kesimpulan


Demikianlah beberapa alasan mengapa berbisnis online menjadi pilihan yang tepat untuk menambahkan penghasilan Kamu. Jangan takut mencoba memulai bisnis online, jika konsisten menjalankannya tentu saja kamu bisa mencapai impian kamu tersebut.

Setiap pengusaha tentunya mengawali bisnis nya dengan skala kecil, setelah konsisten mengembangkannya, kemudian bisa berekspansi. Mulai aja dulu, nanti sobat kosngosan bakal tahu seperti apa suka dukanya berbisnis secara daring. Terimakasih sudah berkunjung jangan lupa share dan berikan komentar kalian ya.
By

0 Response to "7 Alasan Mengapa Kamu Harus Memulai Bisnis Online Sejak Muda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel