Contoh Daftar Riwayat Hidup Skripsi dan Cara Penulisan yang Baik dan Benar

Bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup untuk penulis skripsi yang berkualitas? Tentu saja ini adalah bagian penting yang menjelaskan seluk beluk kamu sebagai penulis karya tulis ilmiah, supaya pembaca tahu mengenai profil dan biodata penulis skripsi yang sebenarnya. Membuat riwayat hidup disini membutuhkan tata cara penulisan supaya terlihat rapi dan terstruktur.

daftar riwayat hidup

Daftar riwayat hidup yang kosngosan buat saat ini berbeda dengan daftar riwayat hidup yang sobat buat ketika melamar pekerjaan. Daftar riwayat hidup lamaran kerja atau biasa disebut kurikulum vitae itu menjelaskan keseluruhan dari riwayat pendidikan dan prestasi mu yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar

Sementara daftar riwayat hidup skripsi hanya menjelaskan secara singkat mengenai Latar belakang pendidikan dan juga jurusan yang kamu ambil saat kuliah. Disimpan dalam format Doc atau Pdf.

Karena skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang memiliki sumber yang jelas, tentu saja sang penulis harus diketahui asal-usulnya. Dan oleh karena itu bagian riwayat hidup penulis sangat penting untuk menjelaskan profil serta biodata penulis skripsi

Baca juga : Cara Menjaga Kesehatan Saat Sibuk Mengerjakan Skripsi

Sobat kosngosan Tentu saja tidak bisa menulis sembarangan daftar riwayat hidup skripsi, dan harus memperhatikan struktur penulisan yang baik dan benar sehingga orang lain juga nyaman untuk membacanya.


Daftar Riwayat Hidup Skripsi


Apabila kalian suka bingung membuat daftar riwayat skripsi, tidak mengetahui harus memulai dari mana, dan kurang menguasai struktur penulisannya maka kamu bisa melihat tips penulisan daftar riwayat hidup skripsi dibawah ini.

Tips Menulis Daftar Riwayat Hidup Skripsi


Ketika membuat daftar riwayat hidup skripsi hal yang perlu kamu perhatikan sebenarnya tidak banyak karena memang bagian ini hanya diperuntukan satu sampai dua lembar saja berupa artikel deskripsi dan daftar

Langkah 1

Perhatikan betul mengenai pembagian paragraf dalam penulisan daftar riwayat hidup skripsi. Untuk paragraf pertama kamu bisa menceritakan perkenalan diri berupa nama Ma dan penjelasan keluarga serta nama dari orang tua

Langkah 2

Selanjutnya sobat kòsngosan juga bisa membuat daftar atau list di awal paragraf berupa informasi si si seperti nama, tempat tanggal lahir, alamat, nama orang tua, email dan nomor HP.

Langkah 3

Pada paragraf selanjutnya mulailah menjelaskan Latar belakang pendidikan mu dimulai dari sekolah dasar hingga jurusan yang kamu ambil ketika kuliah. Jelaskan secara runtut dan singkat serta gunakan kata yang enak dibaca

Langkah 4

Kemudian bagian terakhir adalah pernyataan bahwa penulis sudah berhasil menyelesaikan tugas akhir skripsi dengan baik dan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta kepada berbagai pihak yang berkontribusi dalam penyelesaian skripsi tersebut

Langkah 5

Jangan lupa untuk menambahkan photo di samping kiri dari paragraf daftar riwayat hidup. Pakai softfile dari pas photo yang kamu pakai untuk keperluan berbagai proses administrasi akademik


Contoh Daftar Riwayat Hidup Skripsi


Contoh 1

Muhammad Reza Harahap lahir di kota Padangsidimpuan, Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 06 Oktober 1994. Penulis lahir dari pasangan Erhan Harahap dan Syam Anna Siregar dan merupakan anak bungsu dari empat bersaudara yakni Riswan Harahap, Ermila Zuliana Harahap, S.Pd, Ade Ikhwan Harahap, S.Pd, dan Rini Novi Harahap, S.Pd.

Pada tahun 2000 penulis masuk Sekolah Dasar Swasta (SDS) Muhammadiyah No 2 Padangsidimpuan dan lulus pada tahun 2006. Kemudian melanjutkan sekolah tingkat pertama pada tahun yang sama di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan dan lulus tiga tahun kemudian pada tahun 2009. Selanjutnya masuk pada sekolah menengah akhir di SMA Negeri 7 Padangsidimpuan dan lulus pada tahun 2012.

Pada tahun yang sama penulis diterima menjadi mahasiswa Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Riau melalui jalur masuk undangan SNMPTN. Pada bulan Juli 2015 sampai bulan Agustus 2015 mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Suka Mulya, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Pada tanggal 09 Mei 2020 penulis dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar Sarjana Pertanian melalui Ujian Komprehensif Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Riau.


Contoh 2

Irvawansyah, Lahir pada tanggal 01 April 1992, di Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Penulis merupakan Anak ke 1 dari 4 bersaudara, dari pasangan H.Saade dan Hj. Hamsinah

Penulis pertama kali masuk pendidikan Formal di SDN Maccini 1 Makassar pada tahun 1994 dan tamat pada tahun 2000.

Pada tahun yang sama penulis melanjutkan pendidikan ke SLTP Negeri 4 Makassar dan tamat pada tahun 2003. Setelah tamat di SMP, penulis melanjutkan ke SMA Negeri 1 Kosngósan, Kabupaten Sidrap dan tamat pada tahun 2006. Dan pada tahun yang sama penulis terdaftar sebagai Mahasiswi di Universitas Negeri Makassar Fakultas Teknik Jurusan Pendidikan Teknik Elektro melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB)


Contoh 3

Irma Andriani adalah nama penulis skripsi ini. Lahir pada tanggal 19 Oktober 1996, di Boepinang Provinsi Sulawesi Tenggara. Penulis merupakan Anak ke 1 dari 2 bersaudara, dari pasangan Syamsuddin.N dan Bungatang.

Penulis pertama kali masuk pendidikan di SD Negeri 01 Kastarib pada tahun 2002 dan tamat 2008 pada tahun yang sama penulis melanjutkan pendidikan ke MTS Negeri 01 Poleang dan tamat pada tahun 2011. Setelah tamat di MTS, penulis melanjutkan ke SMA Negeri 01 Poleang dan tamat pada tahun 2014. Dan pada tahun yang sama penulis terdaftar sebagai Mahasiswa di Universitas Sembilan belas November Kolaka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Bahasa Indonesia dan tamat pada tahun 2018.

Dengan ketekunan, motivasi tinggi untuk terus belajar dan berusaha. Penulis telah berhasil menyelesaikan pengerjaan tugas akhir skripsi ini. Semoga dengan penulisan tugas akhir skripsi ini mampu memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan.

Akhir kata penulis mengucapkan rasa syukur yang sebesar-besarnya atas terselesaikannya skripsi yang berjudul “Latar dalam Kumpulan Cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Atas”.


Contoh 4

Nur Saukina Kosngosan dilahirkan di Benteng, Selayar pada tanggal 29 November 1993, putri dari pasangan H. Andi Ahmad S.Pd.I dan Hj. Radinasa. Penulis merupakan anak kedua dari tiga bersaudara.

Penulis memulai pendidikan formal di MIS AISYIYAH Benteng Kab. Kepulauan Selayar pada tahun 1999 dan tamat tahun 2005, pada tahun yang sama penulis melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Benteng Selayar dan tamat pada tahun 2008, kemudian penulis melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 1 Benteng Selayar dan selesai pada tahun 2011.

Ditahun yang sama penulis terdaftar sebagai Mahasiswa di program studi Manajemen Fakultas Ekonomi, program Strata Satu (S1) di Universitas Negeri Makassar melalui SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Sampai dengan skripsi ini penulis masih terdaftar sebagai mahasiswa program studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.


Contoh 5

Nama : Sigit Heriadi
Tempat dan Tanggal Lahir : Sulang Betung, 26 November 1995
Alamat Asal : Dsn. Sulang Betung, Ds. Sungai Sambang, Kec. Sekadau Hulu, Kab. sekadau
Alamat Sekarang : Jln. Purnama I, Komplek Purnama Agung 7, blok R No. R 8, Pontianak Tenggara
Nama Orangtua
Ayah : Erhan Harahap
Ibu : Syam Anna Kósngosan
Email : sigitheriaxxi@gmail.com
No. Hp : 0815286865xx

Riwayat Pendidikan

Penulis menyelesaikan pendidikan dasar di SD Negeri 06 Sungai Sambang Kecamatan sekadau Hulu Kabupaten Sekadau lulus pada tahun 2007, SMP Negeri 02 Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau lulus pada tahun 2010, SMA Karya Kosngosan Kabupaten Sekadau lulus pada tahun 2013.

DIII Keperawatan Dharma Insan Pontianak lulus pada tahun 2006 dan mulai tahun 2016, dan penulis melanjutkan pendidikan S1 di Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah Pontianak sampai dengan penulisan skripsi ini penulis masih terdaftar sebagai mahasiswa Program pendidikan S1 di Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah Pontianak

Baca juga : Portal Berita Pendidikan yang Bermanfaat untuk Referensi Bahan Skripsi


Kata Penutup


Daftar riwayat hidup menjadi 1 bagian penting dalam penulisan skripsi yang menjelaskan mengenai asal usul pendidikan penulis serta menjelaskan latar belakang kehidupan secara singkat dan jelas.

Semoga sobat kosngosan yang membaca artikel ini bisa bermanfaat dan menjadikan referensi untuk membuat daftar riwayat hidup skripsi yang berkualitas. Jangan lupa mimin meminta kelegaan hati untuk menekan tombol share di bawah dan bagikan artikel ini di sosial media kalian, terimakasih.
By

0 Response to "Contoh Daftar Riwayat Hidup Skripsi dan Cara Penulisan yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel