Contoh Lamaran Kerja Pondok Pesantren yang Baik dan Benar

Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan agama Islam yang sudah ada Jauh sebelum Indonesia merdeka. Sistem pendidikan Islam ini dikenal sangat menjunjung tinggi pendidikan agama, dan biasanya menerapkan sistem pendidikan tradisional. Walaupun saat ini sudah banyak Pesantren Modern di berbagai kota

Bagi teman-teman setia kosngosan, yang berniat untuk melamar pekerjaan baik itu menjadi tenaga pengajar atau guru, penjaga pondok, pembina asrama, dan pekerjaan lain yang terkait dengan wilayah pesantren, bisa membaca pembahasan di bawah ini mengenai tips bagaimana menulis dan mempersiapkan lamaran kerja ke pesantren.

Ada juga beberapa alumni pesantren yang dikontrak atau dalam istilah lain disebut dalam masa pengabdian untuk mengajar dan bekerja di lingkungan pesantren sebelum mereka dilepas ke dunia kerja.

Menjadi salah satu bagian dari pesantren, bisa meningkatkan pengetahuanmu mengenai agama seperti bidang akidah, bahasa arab, ekonomi syariah dan sebagainya. Walaupun terkadang gaji yang ditawarkan tidaklah sebanyak gaji honorer di sekolah pada umumnya

Banyaknya pondok pesantren modren yang berdiri, membuat para tenaga pengajar tidak hanya terbatas dari unsur pendidikan agama saja, namun saat ini sudah ada berbagai bidang studi umum yang diajarkan di pesantren, seperti pelajaran sains, matematika, sosial dan ekstrakurikuler lain.

Bahkan tidak jarang kita melihat santri Mengikuti berbagai Olimpiade atau kejuaraan olahraga baik tingkat provinsi atau nasional. Ini menunjukkan bahwa pesantren kini semakin modern dan fleksibel terhadap dunia kerja.

Banyak juga yang menganggap masuk pesantren itu adalah pilihan terakhir ketika masuk sekolah negeri tidak diterima. hal ini harus dibuang jauh-jauh karena kini Pesantren sudah naik kelas dan bisa membuktikan kualitas lulusannya sebaik dengan kualitas lulusan sekolah formal lainnya.

Baca juga : Ini dia Motivasi Buat Kamu Setelah Dipecat atau Kena PHK

Cara Membuat Lamaran Kerja Pesantren


Langkah 1

Pada penulisan surat lamaran kerja pesantren, sebenarnya sama saja dengan penulisan lamaran kerja pada umumnya. Sobat kosngosan harus menggunakan font standar seperti Times New Roman atau Arial dengan ukuran 12 danmargin 4-3-3-3

Langkah 2

Tambahkan keterangan tanggal dan waktu penulisan surat di bagian atas, perhatikan justify untuk semua paragraf didalam surat supaya rapi. Untuk spasi bisa dikondisikan antara 1.5 dan 2

Langkah 3

Bisakah menulis surat lamaran dengan cara tulis tangan? Tulisan tangan boleh saja asal rapi dan mudah dibaca.

Tips penulisan surat lamaran harus singkat dan padat. Menggunakan kaidah EYD. Tapi sebenarnya tidak ada format khusus dalam menulis surat lamaran pekerjaan ini. (jadi kamu bisa berimprovisasi)

Berikut format penulisan surat lamaran kerja untuk pesantren yang akan membantu pemahaman mu lebih detail :

Contoh Surat Lamaran Kerja


Contoh Lamaran Kerja Pesantren


Contoh lamaran 1

Perihal : Lamaran Pekerjaan
Pekanbaru, 30 Februari 2020

Kepada Yth.
Yayasan Pondok Pesantren Kosngosan
Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan dibawah ini :

  • Nama : Muhammad Reza Harahap, Lc
  • Tempat dan Tanggal Lahir : Pekanbaru, 4 Maret 1994
  • Pendidikan Terakhir : Ushuluddin wal Dakwah
  • Universitas : Universitas Al-Azhar, Kairo
  • Alamat : Jalan Garuda Sakti, Perum UNRI, No. 1 RT 05, Tampan, Pekanbaru
  • Handphone : 0852682736xx
  • Email : kosngosan@gmail.com

Dengan ini saya mengajukan permohonan untuk dapat menjadi tenaga pengajar di bidang Dakwah dan Pengembangan Santri. Saya memiliki beberapa pengalaman dalam menjadi pendakwah di berbagai masjid, dan menjadi salah satu anggota ICMI Kota Pekanbaru.

Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan kelengkapan administrasi sebagai berikut :

  • Curriculum Vitae (CV)
  • Photocopy Ijazah dan Transkrip S1 yang dilegalisir
  • Photocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Photocopy Surat Keterangan Berkelakuan Baik (SKCK)
  • Photocopy Surat Keterangan sebagai anggota ICMI

Demikian permohonan ini saya buat, atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Muhammad Reza Harahap, Lc


Baca juga : Cara Cepat Mendapat Kerja untuk Lulusan FreshGraduate


Contoh lamaran 2



Download contoh lamarannya disini


Kata Penutup


Pada akhirnya pesantren memang menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang ingin berkarir namun tetap tidak melupakan aspek agama. Banyaknya pesantren modern bisa menjadikan kamu yang berlatar belakang pendidikan umum menjadi salah satu tenaga pengajar di sana.

Semoga pembahasan dari kosngosan kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Supaya lebih bermanfaat lagi jangan lupa tekan tombol share dan bagikan artikel ini di media sosial kalian, terimakasih banyak ya
By

0 Response to "Contoh Lamaran Kerja Pondok Pesantren yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel