Tips Menjadi Ketua dan Anggota Pramuka yang Baik di Sekolah

Bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik dalam organisasi praja muda karana (pramuka)? Seperti yang kita ketahui, pramuka memiliki struktur organisasi yang diatur oleh Undang-Undang Republik Indonesia pada setiap tingkatan, dan salah satu nya adalah organisasi pramuka di sekolah yang menjadi salah satu kegiatan ektrakulikuler yang banyak diminati siswa.

tips menjadi ketua pramuka

Organisasi pramuka di sekolah disebut juga sebagai gugus depan atau GuDep. Gudep akan diketuai oleh Guru atau kepala sekolah langsung, kemudian dibantu oleh anggota pembina pramuka sekolah.

Setelah itu, GuDep Pramuka di Sekolah memiliki yang namanya Dewan Kerja Penggalang, yang bertugas melakukan kegiatan kepramukaan di lingkungan sekolah.

Ada juga yang namanya Dewan Kehormatan Pramuka Penggalang yang terdiri dari beberapa anggota pramuka yang sudah mencapai Terap dan kelas 3 pada berbagai tingkatan sekolah. Dewan Kehormatan ini bertugas apabila diperlukan dalam kegiatan spesial.

Selain itu ada juga yang namanya Ambalan Pramuka. Apakah pengertian ambalan penegak? merupakan struktur kepengurusan pramua dalam Gugus Depan yang memiliki anggota pramuka penegak, yang menjadi wadah pembinaan dan kaderisasi anggota Pramuka yang berumur 16 sampai 20 tahun yang disebut Pramuka Penegak

Baca juga : Stuktur Organisasi Pramuka SD, SMP, SMA dan SMK

Pramuka pandega merupakan tingkatan pramuka setelah penegak, yaitu anggotanya berumur antara 21 tahun sampai dengan 25 tahun. Pramuka Pandega ini mempunyai kegiatan pramuka yang sama dengan Pramuka Penegak dalam satuan gugus depan di suatu perguruan tinggi misalnya.


Tips Menjadi Pemimpin Pramuka


Nah beberapa struktur organisasi Pramuka di atas secara singkat hanya dijelaskan mengenai tugas dan definisinya saja karena kita akan fokus kepada tips untuk kalian yang akan menjadi ketua atau pengurus Pramuka di salah satu lembaga pendidikan selnya di sekolah atau perguruan tinggi. Berikut yang bisa sobat kosngòsan lakukan :

Setia pada sumpah pramuka


Dalam menjadi anggota pramuka, haruslah setia pada sumpah pramuka yaitu Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Dengan komitmen ini maka diharapkan setiap anggota pramuka akan menjadi pribadi yang positif, bersyukur, bertaqwa, cinta alam, setia pada pancasila, dan berbagai poin yang tercantum dalam sumpah tersebut.

Menjadi anggota pramuka yang aktif


Sudah hampir dapat dipastikan bahwa untuk menjadi ketua pramuka Kamu harus menjadi anggota yang aktif dan terlibat dalam kegiatan pramuka di sekolahmu. Baik itu untuk tingkat SD, SMP atau SMA

Kamu harus menjadi anggota pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak yang aktif, sehingga nantinya dari keaktifan kamu tersebut akan direkomendasikan oleh pembina Pramuka untuk dimasukkan dalam calon ketua dalam musyawarah tahunan.

Dapat mempengaruhi banyak orang


Pentingnya kepemimpinan dalam pramuka menuntun kamu untuk menjadi seorang yang dapat mempengaruhi orang lain. Maksudnya disini adalah sobat kosngósan harus bisa membuat orang lain setuju dengan pendapat yang kamu miliki dengan cara yang tidak mereka sadari (soft influence)

Hal ini nantinya akan bermanfaat untuk terpilihnya kamu sebagai ketua Pramuka karena dianggap penting serta memiliki pengaruh yang besar di antara warga sekolah. Ini menjadi poin utama untuk menjadi ketua organisasi Pramuka di sekolah. Tentunya akan ada pihak yang kontra dengan kamu, namun hal tersebut biasa dalam persaingan untuk mendapatkan jabatan di pramuka

Disiplin dan berwibawa


Nah ini merupakan sifat yang wajib kamu miliki sebagai ketua pramuka. Tidak hanya ketua saja sih, tetapi juga seluruh pengurus dan anggota pramuka yang ada disekolah. Apabila pramuka tidak disiplin maka akan menghancurkan marwah dan harga diri dari organisasi pramuka itu sendiri, bukan?

Berwibawa itu ketika menyampaikan setiap pendapat dengan tegas dan penuh keyakinan, serta memiliki keteguhan hati terhadap suatu pemikiran yang positif. Jadi kedua sifat ini harus kamu miliki sebagai seorang pramuka sejati

Setia dan amanah


Menjadi seorang ketua Pramuka harus bisa dipercaya untuk mengemban amanah dan tanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan dan mengembangkan organisasi Pramuka di sekolahnya. Salah satu poin dari dasa darma ini menjadi penting, terlebih sobat kosngosan nantinya akan memimpin dan mewakili setiap kegiatan pertama kepramukaan yang dilakukan di berbagai tempat

Membawa nama baik sekolah


Seperti dikatakan sebelumnya menjadi ketua dan pengurus praja muda karana di sekolah, berarti mewakili Pramuka sekolah di setiap event besar yang diadakan misalnya Jambore, Perkemahan hingga Musyawarah berbagai tingkat.

Dengan mewakili sekolah maka kamu harus dapat membawa nama baik dengan tetap bersikap taat terhadap norma dan aturan, tidak melanggar dan mengamalkan setiap pesan dari dasa dharma pramuka.

Membantu anggota lain


Menjadi seorang ketua tidak membuat kamu berlepas tangan dengan hal-hal teknis yang dilakukan oleh anggota lain. Oleh karena itu jangan segan untuk membantu kegiatan apabila memagn diperlukan, dengan demikian kamu akan menciptakan keakraban di dalam organisasi Pramuka yang ada di sekolahmu

Tidak melakukan kecurangan


Jangan menjadi ketua pramuka yang melakukan kecurangan, misalnya bermain anggaran ketika mengadakan kegiatan pramuka, tidak serius melakukan tugas, menghabiskan anggaran pramuka untuk kepentingan pribadi, memiliki tujuan lain dalam melakukan kunjungan kegiatan pramuka di daerah lain dan sebagainya. Hal ini harus dihindari dan jadilah seorang pemimpin sejati yang memang layak untuk memimpin

Mewakil warga sekolah kepada guru


Terakhir ketua pramuka, sobat kósngosan bisa menjadi mediator antara murid sekolah dengan guru, menampung aspirasi warga sekolah untuk kemudian disampaikan kepada guru, dan menjadi salah satu influencer atau tokoh yang berpengaruh ditengah warga sekolah.

Baca juga : Kata motivasi pramuka keren untuk status dan caption


Kesimpulan


Pada dasarnya menjadi ketua atau anggota pramuka adalah suatu kebanggaan yang harus disertai dengan tanggung jawab penuh untuk pengurus organisasi pramuka. Jangan sampai kamu mencoreng nama baik pramuka dengan melakukan tindakan yang tidak dibenarkan.

Demikian pembahasan kosngosan kali ini jangan lupa untuk membagikan artikel ini di media sosial kalian supaya teman-teman pramuka yang lain juga bertambah pengetahuan yang telah membaca artikel ini, terima kasih
By

0 Response to "Tips Menjadi Ketua dan Anggota Pramuka yang Baik di Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel