Tata Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email Agar Cepat Diterima HRD

Mengirim lamaran kerja saat ini sudah bisa memanfaatkan teknologi informasi, sehingga para pencaker tidak harus repot mengirim surat lamaran dan berkas lainnya dalam bentuk fisik ke kantor pos atau jasa ekspedisi lain. Kini kita sudah bisa mengirim lamaran kerja melalui email tahu surat elektronik.

cara kirim lamaran kerja online email

Email selain membantu untuk komunikasi, juga bisa dimanfaatkan oleh HRD perusahaan sebagai salah satu media pengiriman lamaran kerja dalam bentuk soft file, sehingga memudahkan pihak rekrutmen dalam menyeleksi calon karyawan lebih efektif dan efisien.

Masih banyak para pencari kerja terutama fresh graduate yang tidak memahami tata cara pengiriman lamaran kerja melalui email. Apabila kamu mengirim secara serampangan, bisa jadi di lamaranmu hanya sebatas dilihat saja tanpa dibuka sama sekali.

Berbagai kesalahan yang sering dilakukan oleh pencari kerja dalam mengirim lamaran melalui email, diantaranya :

1. Menulis surat lamaran menggunakan bahasa informal dan bertele-tele, tidak menggunakan bahasa formal yang baku

2. Menulis seluruh berkas lamaran baik itu CV, Foto, Transkrip dan lainya dalam badan Email, bukan di lampiran

3. Tidak memberikan subjek email, ini sangat penting karena subjek email berfungsi sebagai identitas dan tujuan dari pengiriman email kita.

4. Melampirkan berkas lamaran dengan ukuran yang besar, sehingga perusahaan kan tidak ingin untuk mengupload file tersebut untuk dibuka

5. Melampirkan berkas lamaran dalam format yang tidak baku dan sulit untuk dibuka, seperti misalnya melampirkan dokumen dalam bentuk word versi lama, atau gambar dalam bentuk gif atau webp, dsb.

Baca juga : Tips Mengirim Surat Lamaran Kerja Langsung ke HRD Perusahaan


Tips Cepat Diterima Lamaran Kerja Online


Kamu perlu mengetahui yang namanya mengirim surat lamaran online itu persentase keberhasilannya tidak lantas lebih tinggi dibandingkan dengan mengirim surat lamaran secara konvensional. Jadi kamu butuh yang namanya tips untuk bisa diterima kerja secepatnya seperti yang akan diberikan oleh mimin kosngósan dibawah ini :

1. Membangun relasi


Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mulailah menjalin banyak relasi atau pertemanan yang nantinya akan membuat kamu mudah untuk menemukan informasi lowongan kerja. Banyak teman merupakan suatu aset yang berharga, jadi apabila kamu orangnya introvert mulailah berubah setidaknya terbuka dan berpikiran fleksibel untuk bergaul

2. Mempersiapkan file berkas terlebih dahulu


Salah satu kesalahan dari pencari kerja awam adalah mempersiapkan segala berkas yang ada pada hari H atau H-1. Jelas sekali kamu akan keteteran dan tidak bisa mempersiapkan persyaratan lamaran kerja yang baik.

Oleh karena itu kamu harus melakukan scan terhadap seluruh berkas yang ada dan menyimpannya di laptop atau smartphonemu dan Ketika suatu waktu kamu mengirim surat lamaran tinggal mengedit dan upload saja

3. Waktu terbaik mengirim lamaran


Mimin telah melansir dari laman Business Insider waktu terbaik untuk mengirim surat lamaran secara email ke perusahaan adalah di antara rentang waktu jam 08.00 pagi hingga jam 10.00 pagi. Lalu lamaran yang kamu kirim pada pukul 03.00 hingga 05.00 sore akan memiliki kesempatan paling kecil untuk diterima atau dilanjutkan ke sesi interview. Apalagi kalau sudah sampai malam hari.

4. Memilih Situs Loker yang Kredibel


Di internet ada banyak sekali situs penyedia lowongan kerja online yang bertebaran dan masing-masing di antara mereka itu ada yang memang betul-betul Kredibel ada juga yang hanya copas dan tidak mencantumkan sumber yang didapatkan. Jadi sangat penting untuk mencari situs lowongan kerja yang kredibel saat ini.

Teman teman bisa kunjungi post disini untuk selengkapnya : 12 Website Penyedia Lowongan Kerja Kredibel di Indonesia

5. Memilih lowongan dengan persaingan minim


Ini merupakan salah satu tips yang klise, memang. Kamu bisa mencari lowongan kerja yang memiliki tingkat persaingan yang rendah dan masih merupakan relevan dengan bidang keilmuan yang kamu miliki (atau setidaknya sesuai dengan hobi atau passion kamu). Jadikan pekerjaan tersebut sebagai batu loncatan untuk mendapatkan pengalaman kemudian setelah kamu menjalani beberapa apa bulan atau tahun, kamu bisa mencari pekerjaan yang lebih baik lagi

6. Menggunakan alamat email yang profesional


Ini adalah salah satu tips yang cukup sering disepelekan oleh pelamar kerja online. Disini mimin ingin memberi tahu kalian, bahwa pakailah alamat email dengan nama asli, atau paling tidak gunakan alamat email dengan menggunakan nama singkat tanpa ada kombinasi angka atau karakter yang alay. Karena, hal ini menjadi salah satu pertimbangan bagi pihak perusahaan terkait keformalan pelamar.


Cara Melamar Kerja Lewat Email di HP


Pada dasarnya kamu mengirim surat lamaran via email, itu sama saja dengan mengirim email pada umumnya, hanya saja yang membedakannya disini kamu mengirim lamaran secara formal, dengan melampirkan beberapa berkas yang menjadi syarat lowongan kerja tersebut. Lebih detailnya ada dibawah ini :

Langkah 1 :

Buka aplikasi Gmail di Android. Aplikasi ini biasanya secara deafault sudah terinstall di smartphone mu, namun apabila tidak ada, sobat kosngosan bisa langsung men-download-nya dari google play, atau bisa akses gmail langsung dari browser seperti chrome.

Langkah 2 :

Penting untuk mempersiapkan berkas dokumen yang diperlukan, seperti CV (format pdf), surat lamaran, scan ijazah, transkrip nilai, pas photo, skck, surat kesehatan dan dokumen pendukung lainnya juga dalam format pdf. Usahakan ukuran file tidak lebih dari 500 kb, agar nantinya tidak memberatkan HRD mengunduh file tersebut

Langkah 3 :

Selanjutkan click icon tulis pada bawah kanan, sobat kósngosan mulailah menulis email dengan memasukkan alamat email tujuan pertama kali. Isi subjek dengan "Lamaran Pekerjaan" atau bisa juga menambahkan posisi yang ingin dilamar pada bagian setelahnya, dipisah dengan strip

tulis email

Langkah 4 :

Silahkan buka surat lamaran yang sudah sobat kosngosan persiapkan, copy dan pastekan pada tubuh email. Karena surat lamaran tidak dilampirkan, cukup dituliskan di badan atau body email. Berkas lainnya baru kemudian kamu lampirkan.

Langkah 5 :

Setelah selesai pada badan email, maka lampirkan dokumen seperti cv, scan transkrip nilai, ijazah dan lainnya. Perhatikan, apakah perusahaan meminta lampiran dikumpulkan menjadi satu kedalam format ZIP/RAR, atau dilampirkan secara terpisah. Cek kembali apakah ada berkas yang kurang atau salah dalam penulisan alamat email dan isi surat lamaran.

lampirkan dokumen

Bila alamat email yang kamu kirim benar, maka seharusnya email lamaran kerja-mu sudah sampai dan tinggal menunggu pengumumannya. Biasanya kamu akan dipanggil (bisa dalam bentuk email, sms atau telepon) untuk mengikuti wawancara atau tes selanjutnya.


Cara Melamar Kerja Lewat Email di Komputer


Bagaimana cara mengirim surat lamaran kerja lewaat email di komputer atau laptop? Pada dasarnya sama saja dengan cara yang pertama, yaitu lewat smartphone. Perhatikan beberapa panduan detailnya dibawah ini :

Langkah 1 :

Jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen yang diperlukan seperti biasa, Daftar Riwayat Hidup (format pdf), surat lamaran, scan ijazah, transkrip nilai, pas photo, skck, surat kesehatan dan dokumen pendukung lainnya juga dalam format pdf

Buka browser (mimin sarankan pakai chrome) dan buka penyedia email kalian masing masing. Disini mimin menggunakan gmail, masuk menggunakan akun google kalian. Sekarang mimin sudah menganggap kalian masuk ke halaman utama Gmail ya.

Langkah 2 :

Klik compose atau tulis, untuk membuka form baru berupa bagian email yang siap untuk kita isi lagi. Pada bagian alamat email, ketik alamat perusahaan, untuk subjek email, isi dengan format "Lamaran Kerja - Posisi yang kalian Lamar"

contoh emaill lamaran kerja

Langkah 3 :

Pada bagian badan email, tulis dengan surat lamaran. Sobat kosngosan cukup copy dan pastekan saja surat lamaran yang sudah dibuat di ms word sebelumnya. Cek kembali apakah ada kesalahan penulisan kata

Langkah 4 :

Setelah itu klik icon lampirkan file seperti yang kamu lihat diatas. Upload berkas lamaran yang sudah kamu persiapkan sebelumnya. Terkadang, ada sebagian perusahaan meminta lampiran persyaratan dilampirkan secara terpisah, dan ada juga harus digabungkan dalam satu folder dan membuatnya dalam format zip, rar, atau compressi lainnya. Penting untuk membaca pemberitahuan ini ya. Apabila memang tidak diberitahu secara spesifik, maka bisa dianggap kamu bebas memilih.

Pada tahap ini, kamu sudah selesai mengirim email, setelah kamu menekan tombol "Send" atau "Kirim" dan kini kamu tinggal menunggu pengumuman selanjutnya, apakah kamu lolos ke tahap seleksi berikutnya atau gagal dalam tahap administrasi ini.


Contoh Lamaran Kerja Email


Pada dasarnya lamaran kerja email sama saja dengan lamaran kerja pada biasanya yang sobat kosngosan kirim lewat kantor pos atau diantar langsung ke perusahaan. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah disini kamu menulis surat lamaran di body email, dan melampirkan semua persyaratan berkas yang diminta pada bagian attachment email.

Berikut contoh body email lamaran kerja yang baik dan benar :

Contoh 1 :

Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth,
Bapak / Ibu HRD
PT. KOSNGOSAN
Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan dari koran lokal, saya bermaksud melamar dan bergabung bersama PT. KOSNGÒSAN. Adapun lamaran saya dimaksudkan adalah sebagai Staff Front Office.

Berikut data singkat saya :

Nama : Muhammad Reza Harahap
Tempat / tgl lahir : Padangsidimpuan, 06 Oktober 1994
Pendidikan terakhir : S1 Agribisnis
Alamat : Jl. Garuda Sakti, Simpang Baru, Pekanbaru
Telepon : 0823 90257 900
Status : Belum menikah

Saya memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik, kondisi kesehatan yang baik, senang belajar dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim. Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan :

1. File Daftar Riwayat Hidup
2. Scan Surat Keterangan Lulus Strata 1 dan Transkrip Nilai
3. Scan Sertifikat Pendukung
4. Scan KTP
3. Pas foto

Saya berharap Bapak / Ibu bersedia memberikan kesempatan bagi saya untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya sesuai peraturan yang ada. Demikian surat lamaran ini saya buat. Terima kasih.

Hormat saya,

Muhammad Reza Harahap, S.Pd


Contoh 2 :

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada. Yth,
KETUA YAYASAN KOSNGOSAN ISLAMIC SCHOOL

Berdasarkan informasi tentang adanya lowongan pekerjaan dari KOSNGOSAN ISLAMIC SCHOOL yang saya dapatkan dari informasi lowongan kerja online, maka saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai tenaga pengajar. Adapun posisi pekerjaan yang saya maksudkan adalah GURU EKONOMI SYARIAH. Berikut adalah biodata singkat saya,

Nama : Suci Bella Lestari
Tempat/ Tanggal lahir : Bangkinang, 13 Agustus 1994
Pendidikan Terakhir : S-1 Ekonomi Syariah
Alamat : Jl.Durian No.120 Kel Tampan, Kec Sukajadi, Pekanbaru
Telepon (Hp) : 0813744768xx

Untuk dijadikan sebagai bahan penilaian, saya juga melampirkan beberapa file pendukung, diantaranya adalah :

1. Scan Transkip Nilai
2. Scan Daftar Riwayat Hidup (CV)
3. Scan KTP
4. Pasphoto
5. Scan Ijazah

Panggilan untuk berkesempatan diwawancarai oleh Bapak/Ibu sangat saya harapkan supaya saya dapat memberikan penjelasan ataupun menunjukkan lebih rinci lagi mengenai kemampuan dan pengalaman saya yang bisa diaplikasikan pada posisi yang saat ini Bapak/Ibu inginkan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat sebenar-benarnya, terima kasih atas kerjasama dan perhatiannya.

Hormat Saya,

Suci Bella Lestari, S.E


Tonton Video Panduan


Nah bagi teman-teman kosngosán yang ingin lebih jelas lagi mengetahui beberapa tips dan panduan cara pengiriman surat lamaran melalui email bisa menonton langsung video yang sudah di upload di channel YouTube mirip kosngosan. Di bawah ini sudah di embed (sematkan), tinggal tekan tombol play dan tonton sepuasnya, Jangan lupa untuk like share dan subscribe channel kosngosan ya!




Waktu Menunggu Lamaran


Informasi pengumuman harusnya sudah kamu terima 3 sampai 15 hari setelah tombol "Send" kamu tekan. Penting, apabila tidak ada pemberitahuan lolos atau tidaknya setelah 1 bulan kemudian, maka bisa dipastikan kamu tidak lulus tahap administrasi.

Akan tetapi bila kamu tetap ingin tahu, tidak ada salahnya menghubungi pihak HRD melalui Email atau Telepon mengenai kepastian lolos tidaknya kamu. Hubungi mereka diwaktu yang tepat, saat jam kerja antara jam 08.00 hingga jam 15.00.

Setelah semuanya jelas, maka kamu bisa bernafas lega. Apabila lolos, biasanya kamu akan mengikut tes wawancara atau tes lainnya untuk beberapa hari kedepan di tempat dan waktu yang akan diberitahukan.

Namun jika kamu gagal, jangan berkecil hati. Kamu bisa mengirim lamaran kerja lainnya, bukan? Mungkin ini bukan rezekimu. Jadi jangan menyerah, karena ada banyak peluang kerja yang bisa kamu ambil diluar sana, asal kan kamu tidak malas saja.


Kenapa HRD Mengabaikan Email mu?


Pertanyaan yang sering diajukan oleh para pencaker seperti sobat kosngosan yang sedang membaca artikel ini. Memang suatu keberuntugan buat para pelamar kerja saat ini, untuk dapat mengirim berkas lamaran kerjanya hanya melalui email saja. Namun banyak sekali yang secara sembarangan mengirim email kerja, juga belum memperhatikan etika dan tata cara mengirim lamaran lewat email yang baik.

Kebanyakan HRD menolak dan mengabaikan lamaran emailmu, karena kamu tidak memperhatikan persyaratan dan kriteria yang diminta oleh perusahaan tersebut. Atau ada banyak sekali kesalahan penulisan diberkasmu. Oleh karena itu buatlah CV yang sesuai dengan posisi saat kamu melamar. Jangan menuliskan informasi yang tidak ada sangkut pautnya dengan jabatan yang akan kamu lamar.

Apabila kamu tidak memperhatikan tata cara mengirim lamaran lewat email yang baik, maka tidak akan heran apabila surat lamaran onlinemu itu akan diabaikan atau bahkan ditolak sama sekali oleh HRD perusahaan. Sehingga seberapa sering dan banyak pun kamu mengirim lamaran kerja, bakalan percuma saja.

Baca juga : Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Kantor Pos dan PO BOX


Kesimpulan


Walaupun sebenarnya mengirim surat lamaran melalui email relatif lebih mudah dan murah dibandingkan dengan mengirim lamaran lewat kantor pos atau langsung, akan tetapi kamu tetap harus memperhatikan tips yang sudah diberikan oleh kosngosan diatas. jangan sampai lupa ya.

Akhir kata, mimin mengucapkan Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, dan jangan lupa untuk tekan tombol share di bawah demi membagikannya kepada teman-teman dunia maya mu yang lain supaya mereka juga dapat informasi menarik mengenai tata cara pengiriman surat lamaran Melalui email ini
By

0 Response to "Tata Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email Agar Cepat Diterima HRD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel