Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Mencuci Pakai Mesin Cuci yang Hemat

Bagaimana cara berhemat untuk mencuci pakai mesin cuci? Sebagai orang yang sibuk, sering kali kita tidak sempat untuk mencuci pakaian sendiri. Laundry kiloan menjadi pilihan untuk membantu orang orang yang sibuk bekerja atau belajar. Berapa berat cucian terbesar yang pernah kamu laundry? 1 kg? atau lebih? Setiap jasa pastinya menerapkan harga per kilo yang berbeda beda. Namun tahukah kamu bahwa kita bisa menghemat mengeluarkan uang lebih sedikit dengan menerapkan beberapa tips hemat laundry dari mimin kosngosan berikut. Penasaran? kuy disimak saja.

Laundry memiliki bahasa Indonesia Binatu. Pengertian ini dikaitkan dengan mesin yang dimanfaatkan untuk proses mencuci dan membersihkan pakaian. Dalam konteks bisnis usaha laundry bisa dikelompokkan kedalam beberapa jenis jasa seperti laundry pakaian skala rumahan, laundry garment, rumah sakit, hotel dan sebagainya

Kegiatan laundry atau cuci pakaian pertama kali dilakukan oleh manusia di sungai, menggunakan bahan alami mie dengan menggunakan air untuk menghilangkan noda dan bau dalam pakaian. Namun kebanyakan cara tersebut dilakukan oleh masyarakat pedesaan yang masih memiliki sungai yang bersih. Mungkin sebagian sobat kosngosan juga yang tinggal di pedesaan ada yang masih mencuci pakaian di sungai?

cara mencuci pakai mesin cuci


Tips Hemat Mencuci Pakaian Pakai Mesin Cuci


Dengan berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, terciptalah sabun yang kemudian digunakan untuk membantu membersihkan pakaian. Selain itu saat ini penggunaan parfum dan pengharum juga digunakan untuk memberikan wewangian yang khas dari jasa laundry ini.

Baca juga : Tips Agar Tidak Malas Membersihkan Kamar dan Rumah

1. Dry Clean vs Laundry


Kamu harus tahu apa perbedaan antara laundry dengan dry clean. Laundry adalah teknik pencucian pakaian biasa menggunakan air dan deterjen menggunakan mesin cuci. Sedangkan Dry Clean merupakan proses pencucian pakaian menggunakan bahan kimia dan teknik tertentu tanpa air atau bisa diartikan dengan cuci kering. Tentu saja untuk memilih yang paling murah, laundry menggunakan mesin cuci biasa adalah pilihan tepat.


2. Memilih Jenis Pakaian Tertentu Saja


Banyak yang bertanya, apakah boleh semua pakaian di cuci di mesin cuci? Tentu saja iya. Tapi menurut mimin pribadi, kita juga harus selektif memilih jenis pakaian yang akan di laundry. sangat tergantung dari jenis pakaian yang kita pilih. 

Misalnya kamu memilih untuk mencuci baju kaos saja, jadi satu sesi pencucian bisa sangat banyak. Atau sobat hanya memilih celana, atau kemeja, yang notabene pastinya beratnya lebih daripada kaos. Untuk itu memilih jenis pakaian yang akan dilaundry, sangat signifikan terhadap jumlah berat dan kinerja dari mesin laundry yang akan kita cuci nantinya


3. Pastikan Pakaian Kering


Kamu harus tahu bahwa pakaian yang basah dan bau, tidak bagus untuk dicuci langsung ke mesin cuci. Asalkan sobat kosngosan memilih jenis pakaian yang ringan dan juga dalam kondisi kering, bukan basah. Terkadang kita memberikan pakaian dalam kondisi basah atau lembab di mana kandungan air masih ada di dalam pakaian. Hal ini tentunya dapat menambah pekerjaan mesin cuci sehingga nantinya akan butuh banyak detergen dan waktu untuk membersihkannya.
 

4. Pilih Mesin Cuci yang Berkualitas


Harga mesin cuci memang sangat tergantung dari kualitasnya. Iya palingan kamu bisa mendapatkan potongan harga jika beli mesin cuci yang bekas dan relatif akan menguntungkan. Misalnya sobat kosngosan memilih mesin cuci yang baru, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih mahal, tapi kualitas mesin cuci lebih baik dan pakaian yang dibersihkan juga akan semakin maksimal


5. Pilih Detergen Promo


Harga detergen khusus untuk mesin cuci di bebera kota besar seperti jakarta, bandung dan surabaya tentu tidak sama dengan harga detergen di daerah lain. Sepertinya harga detergen di kota besar lebih mahal dibanding daerah. Oleh karena itu apabila kamu berada di kota besar mungkin kamu bisa mencari detergen yang sedang ada promo atau diskon di supermarket. cek saja dengan berbagai aplikasi. Atau sobat kosngosan bisa lihat langsung dengan keliling keliling daerah mu


6. Sesuaikan Kebutuhan Air


Mesin cuci jenis bukaan atas membutuhkan lebih banyak air untuk merendam cucian dibandingkan mesin cuci bukaan depan. Kamu juga harus tahu bahwa mesin cuci lebih banyak menggunakan listrik hingga 90% untuk memanaskan air, jadi semakin banyak air yang digunakan, semakin besar juga listrik dikonsumsi.


7. Kucek noda membandel pakai tangan


Kamu bisa menangani sendiri noda pada kain dengan tetesan sedikit detergen cair dan air lalu kucek pakai tangan sendiri. Jangan menunggu hingga mesin mencuci bersih sendiri, karena tentu saja mesin cuci akan butuh waktu lama untuk membersihkan nodanya. Atasi dengan kucekan tangan terlebih dahulu, baru masukkan pakaian ke mesin. Dengan demikian, kamu cukup memilih mode "siklus cepat" pada mesin cuci karena noda yang membandel sudah teratasi pakai tangan.
 

8. Pakai Pengeringan alami Saja


Cara lain kamu bisa mengeringkan baju pakai pengeringan alami saja, tanpa menggunakan mode "siklus pengeringan" dari mesin cuci yang juga bisa memakan banyak listrik. Mengapa? Karena mesin cuci harus memanaskan suhu di dalam tabung. Setelah kelebihan air pada cucian hilang dengan putaran sedang, sobat kosngosan bisa menggantung pakaian untuk dikeringkan seperti menjemur tradisional


9. Pakai Detergen Ringan


Nah ketika kamu mengumpulkan pakaian dan menggunakan mesin cuci, jangan menggunakan detergen yang dipakai untuk tangan, dengan berat yang lumayan. Pilihlah jenis detergen yang ringan sehingga nanti tidak akan mempengaruhi warna pakaian ketika dicuci. Walaupun ini tidak terlalu signifikan namun sobat kosngosan tetap harus memperhatikan nya

10. Celana Jeans, Never!


Salah satu pantangan yang menurut mimin tidak boleh dilakukan adalah laundry menyertakan celana atau kemeja jeans. Jenis pakaian ini sangat berat apabila ditimbang. Bayangkan lagi apabila pakaian tersebut dalam kondisi basah atau setengah basah. Jadi lebih baik untuk jenis pakaian yang berat berat, kamu cuci sendiri saja.

11. Cek Kembali Pakaian


Ternyata, pakaian yang sobat kosngosan titipkan kepada pihak jasa laundry, tetap berisiko tertukar dengan pakaian pelanggan lain atau justru dalam beberapa kasus mengalami hilang. Ingat ya, apabila pakaian mu hilang, maka kompensasi yang diberikan juga sering sekali tidak setimpal. Walau belum pernah mengalami kejadian hilang, tetap hati hati saja dan cek kembali pakaianmu ya.

12. Ketahui Kekurangan Mesin Cuci


Cuci pakaian dengan menggunakan jasa laundry bukanlah tanpa kekurangan. Kamu tetap harus memperhatikan dan mengetahui kekurangan dari menggunakan jasa ini seperti Baju Kurang Bersih, Cepat Rusak, Berisiko Tertukar atau Hilang dan Terkadang Bau Lembab




Baca lainnya : 25 Peluang Bisnis Unik Bagi yang Baru Lulus Kuliah


Kata Akhir


Pada akhirnya laundry bisa menjadi pilihan untuk orang-orang sibuk dalam mengurus pakaian mereka yang tidak sempat dicuci. Namun walaupun begitu sobat kosngosan bisa mencoba sesekali untuk mencuci pakaian di akhir pekan, hitung hitung untuk membakar kalori, bukan?

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai tips hemat cara menggunakan jasa laundry. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian dan apabila berkenan silakan tekan tombol share dan bagikan ke sosial media masing-masing, terimakasih!
Oleh rezaharahap