Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mencapai Sukses Berdagang BitCoin bagi Pemula

Bagaimana cara dagang bitcoin yang sukses ke depannya? Apakah kamu masih tertarik melakukan investasi dan trading dibidang crypto currency ini? Tentu saja peluang keuntungannya masih menggiurkan. Akan tetapi bagi pemula seperti kamu, harus benar - benar mempersiapkan beberapa hal sebelum terjun langsung ke dunia trading ini. 

Oleh karena itu, kali ini kosngosan akan memberikan beberapa tips untuk kalian para pemula yang ingin masuk ke dunia trading bitcoin.

Apa itu Bitcoin? Bitcoin adalah salah satu mata uang kripto, dimana sudah berhasil menarik minat dari segala kalangan terutama dalam beberapa tahun terakhir. 

Karena popularitas dari mata uang kripto, pasar trading khusus Bitcoin mulai muncul. Karena itu jika kamu ingin menjadi trader yang sukses, berikut 5 cara agar trading Bitcoin kamu bisa berhasil.


Cara Trading Crypto BitCoin

cara sukses berdagang bitcoin

Belajar Dasar Trading

Termasuk salah satu yang kami rekomendasikan buat kalian untuk trading adalah platform KuCoin. Kalian bisa mempelajari dulu tentang poin keunggulan dan kelemahan KuCoin di ulasan KuCoin dari BitDegree. Platform yang memberikan pembelajaran mengenai berdagang mata uang enkripsi ini cocok buat pemula lho.

Kamu tidak bisa memulai segala sesuatu tanpa tahu seluk beluknya terlebih dahulu. Begitu juga dengan dunia Bitcoin. 

Untuk itu kamu perlu belajar mengenai mata uang ini, sejarahnya, bagaimana cara kerjanya, termasuk setiap proses untuk mendapatkan keuntungan dari trading-nya.

Hal hal dasar seperti ini bisa kamu pelajari di internet secara gratis. Cukup ketik saja "belajar Bitcoin" dan ada banyak situs yang menyediakan nya. 


Miliki Modal yang Cukup

Sebelum kamu mulai transaksi, jangan gunakan semua modal yang kamu miliki. Ini adalah aturan nomor satu agar kamu menjadi trader Bitcoin yang sukses. 

Spekulasi harga Bitcoin sering kali naik turun. Acap kali, keputusan trading Bitcoin kamu bisa sangat beresiko, dan itu harus kamu hindari.

Karena alasan ini, kamu hanya boleh transaksi dengan sebahagian modal yang kamu siap jika kalah. Prinsip ini sama dengan manajemen keuangan dalam trading. 

Manfaatnya mulai dari emosi yang stabil, keuangan juga aman, dan kamu bisa berfokus pada keuntungan dan kembali meraup keuntungan dari kegagalan sebelumnya. 

Meminimalisir potensi kerugian akan membuat kamu bisa menghindari penjualan dengan kepanikan dan punya pilihan investasi yang lebih banyak.


Tentukan Batas Rugi dan Untung

Seperti yang kamu tahu, saat melakukan transaksi Bitcoin, harganya sendiri sangat mungkin naik turun dengan cepat. Untuk menghindari mu membuat keputusan emosional, coba buat strategi batas yang tetap. 

Sehingga saat pasar sedang sangat riskan, kamu bisa ingat kembali batas ini dan ikut ke aturan sebelumnya. Selain membatasi tingkat kerugian, kamu juga bisa mengambil keuntungan dari batas harga sehingga tidak terlalu lama bermain di aset yang aus nilainya secara fundamental.

Tekanan dari jual beli Bitcoin bisa kamu hindari. Contohnya saat harga Bitcoin mulai turun. Kemudian kamu mulai berfikir jika harganya akan kembali naik dan kamu memutuskan untuk tidak menjualnya. 

Jika harganya terus turun, kamu harusnya langsung menjual Bitcoin mu. Namun jika emosi ikut serta, keputusan mu bisa sangat bias dan menyebabkan hilangnya potensi keuntungan.


Pelajari Analisa Teknikal

Banyak pemula, yang hanya memperhatikan sentimen pasar dan spekulasi dalam transaksi mereka. Jika kamu ingin menjadi trader sukses, kamu harus belajar cara untuk melihat bagan dan gunakan analisa teknikal untuk menyusun strategi trading mu sendiri.

Analisa teknikal adalah skill untuk melihat pola dan mempelajari indikator dari data aset dengan maksud untuk mengambil keputusan transaksi. 

Memang awalnya, analisa teknikal terlihat terlalu rumit bagi pemula, namun jika kamu mau belajar dan sabar untuk itu, kamu akan menguasai ini dalam waktu dekat.


Ikuti Perkembangan Berita

Bahkan jika sobat kosngosan sudah menerapkan analisa teknikal, kamu tetap perlu untuk melihat berita politik dan ekonomi dunia. 

Dalam banyak kasus, Bitcoin sangat rentan dari kebijakan pemerintah dan berita lain yang terkait dengan mata uang kripto.

Pastikan kamu mengikuti situs berita tentang Bitcoin. Bisa lewat Google News atau dari situs populer lainnya. Apapun data yang kamu dapatkan bisa kemudian dituangkan dalam strategi mu  ke depannya.


Kelola Risiko Sendiri

Trading Bitcoin bisa menjadi sangat volatil (lebih volatil crypto daripada saham lho) dan harga bisa berubah dengan cepat bahkan dalam hitungan detik. 

Untuk menghindari kehilangan modal, maka perlu untuk menetapkan batasan risiko yang jelas. Gunakan stop-loss orders untuk menghentikan kerugian kamu jika harga bergerak melawan kamu, dan hanya risikokan jumlah modal yang dapat kamu tanggung kehilangannya.


Buatlah Strategi Trading Plan

Sebelum memasuki pasar, rencanakan strategi trading kamu dengan baik. Tentukan kriteria untuk masuk dan keluar dari pasar, serta aturan manajemen risiko yang akan kamu ikuti. 

Apakah kamu akan menggunakan analisis teknis, fundamental, atau kombinasi keduanya? Apakah kamu akan trading jangka pendek atau jangka panjang? Rencanakan strategi kamu dengan baik sebelumnya.


Diversifikasi Portofolio

Jangan menempatkan semua investasi kamu dalam 1 jenis mata uang crypto saja, seperti Bitcoin misalnya. Perlu untuk men-diversifikasi portofolio kamu dengan berbagai aset kripto lain, sebut saja seperti Etherium, BNB, dll.

Mungkin juga aset lain seperti saham, reksadana, SBN dan emas. Ini akan membantu melindungi modal kamu jika harga Bitcoin turun secara signifikan.


Jangan Berlarut dalam Kesalahan

Membuat kesalahan dalam trading, tidak mungkin dihindari. Seringkali trader membuat banyak kesalahan dengan berfikir terlalu banyak tentang keputusan buruk di masa lalu. Bagaimanapun, ini tidak berarti kamu gagal total hanya karena beberapa kesalahan.

Untuk menjadi trader Bitcoin yang sukses, kamu tidak boleh berkutat pada kesalahan. Bahkan, coba duduk dan lakukan evaluasi apa yang terjadi. Apa kesalahan yang kamu lakukan. Kemudian cari solusi untuk kamu terapkan di transaksi selanjutnya.

Kamu tidak mungkin terus menang. Saat kalah, kamu harus mampu bangkit, salah satunya adalah dengan menerapkan tips pertama, yaitu manajemen keuangan. 

Dengan modal yang baik kamu bisa transaksi kembali dan belajar dari kesalahan yang lalu dimana penting untuk perkembangan kamu menjadi trader Bitcoin yang sukses di masa yang akan datang.



Kesimpulan

Demikian 5 perdagangan Bitcoin yang bisa membantu mu sukses sebagai seorang trader. Bagaimanapun, kamu harus tetap melakukan analisa mendalam dari nilai fundamental dan teknikal Bitcoin. 

Ada PR besar yang perlu kamu selesaikan terutama dalam hal pola harga pasar agar kamu bisa berspekulasi dengan tepat.

Awalnya akan lebih sulit jika kamu adalah seorang pemula, namun dengan kerja keras di awal dan adaptasi yang baik, kamu bisa menjadi ahli dalam waktu singkat seperti halnya banyak milyuner Bitcoin di Indonesia.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya