Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Absensi Daftar Hadir Siswa Format Excel (XLS) Terbaru

Bagi sekolah, peran absensi sangat diperlukan sebagai metode pencatatan kehadiran bagi siswa. Begitu juga dengan lembaga pendidikan lainnya baik tingkat SD, SMP, SMA, SMK bahkan Kuliah. Sebenarnya apa pengertian absensi? Absensi adalah suatu dokumen pencatatan jam hadir bagi setiap anggota pada suatu organisasi, baik berupa daftar hadir biasa, atau ada juga kartu hadir yang diisi dengan mesin pencatat. Perkembangan teknologi saat ini, memungkinkan absensi dalam bentuk fingerprint atau scan iris mata.

Namun kali ini kita akan fokus kepada absensi biasa yang digunakan oleh sekolah dalam rangka mencatat kehadiran siswanya setiap hari. Apabila kalian ingin men-download format absensi dalam bentuk excel, bisa mendapatkannya pada postingan kosngosan kali ini.

Walaupun saat ini sudah ada software absensi siswa gratis yang bisa di implementasikan ke platfrom berbasis Android, WEB, Windows atau iOS, tetap saja metode absensi manual dinilai lebih mudah dan mendukung segala kondisi.

Format absensi kali ini adalah XLS, dimana bisa dibuka dalam aplikasi ms excel yang merupakan bagian dari profram microsoft office. Sistem pencatatan kehadiran dalam sekolah akan mempengaruhi penilaian di akhir semester dan akan tercatat di buku rapor.

Jika karyawan dicatat kehadirannya dan mempengaruhi gaji, maka sekolah atas kehadiran seorang siswa, memberikan penilaian dengan melihat keaktifan dan kehadiran yang nanti akan diakumulasikan dalam rentang waktu tertentu, misalnya dalam satu semester.

Mengapa sistem pencatatan absensi ini sangat diperlukan? Karena ini akan membantu pihak sekolah dalam mengumpulkan data mengenai jumlah jam hadir siswa dalam satu periode. Catatan tersebut juga dapat digunakan untuk mengecek waktu hadir sobat kosngósan, dan mendapatkan data waktu belajar produktif.

Selain itu absensi juga menjadi aturan mutlak bagi seorang siswa untuk mematuhi ketetapan yang diberlakukan pihak sekolah supaya mereka berlaku disiplin. Masing-masing sekolah menerapkan jam masuk yang berbeda, ada yang masuk jam 7 pagi, 7.30 dan jam 8. Tentunya hal ini ini disesuaikan dengan kondisi daerahnya masing-masing

Baca juga : Contoh Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (APKG) oleh Kepala Sekolah


Contoh Format Absen Siswa Excel

absensi kehadiran siswa

Ketika kamu sudah terbiasa menggunakan excel dan bekerja memanfaatkan rumus excel yang ada, maka contoh absensi ini mungkin sangat mudah bagi mu dalam hal pengoperasiannya. Sobat kosngosan bisa menggunakan rumus nya bisa dilihat seperti dibawah ini :

=COUNTIF($H13:$AL13;”I”) untuk izin
=COUNTIF($H13:$AL13;”A”) untuk alpa atau tanpa keterangan
=COUNTIF($H13:$AL13;”S”) untuk sakit
=COUNTIF($H13:$AL13;”H”) untuk hadir

Lihat kembali format absensi dibawah ini akan dibagi menjadi beberapa sheet yang setiap sheet nya akan mewakili untuk setiap bulannya. Adapun langkah pengisian atau input data untuk absensi ini adalah sebagai berikut :

Langkah 1

Input beberapa data siswa yang diperlukan seperti Nama lengkap, Nomor Induk, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Jenis Kelamin dan Kelas pada sheet excel masing masing bulan sesuai dengan waktunya saja, untuk halaman bulan berikutnya sudah menggunakan rumus yang sama

Langkah 2

Jadi cara mengisinya yaitu guru setiap hari cukup mengetikkan keterangan H Jika Hadir, S Jika Sakit, I Jika Izin dan A Jika Alpha atau Tanpa Keterangan

Data kehadiran yang sudah di input, akan terekap secara otomatis setiap bulannya, dari tiap bulan absensi akan direkap kembali otomatis untuk hasil totalnya pada halaman rekap kehadiran. 

Jadi sobat kosngośan tidak perlu lagi melakukan rekapitulasi secara manual, karena sudah dilakukan secara otomatis oleh sistem excel.


Contoh Sederhana 

No.

Nama Siswa

Kelas

Absen

1

Ahmad

XII IPA 1

Hadir

2

Budi

XII IPA 1

Alpha

3

Cinta

XII IPA 1

Hadir

4

Dian

XII IPA 1

Hadir

5

Eka

XII IPA 1

Hadir

6

Fajar

XII IPA 1

Alpha

7

Gita

XII IPA 1

Hadir

8

Hani

XII IPA 1

Hadir

9

Indra

XII IPA 1

Izin

10

Joko

XII IPA 1

Hadir


Penjelasan:
  • No.: Nomor urut siswa.
  • Nama Siswa: Nama lengkap siswa.
  • Kelas: Kelas tempat siswa berada
  • Absen: Keterangan absensi siswa untuk hari itu, misalnya "Hadir" jika siswa hadir, atau "Alpha" jika siswa tidak hadir tanpa keterangan.
Kamu bisa menambahkan kolom-kolom tambahan jika diperlukan, seperti tanggal, bulan, atau tahun, tergantung pada kebutuhan dan kompleksitas format absensi yang kamu inginkan. 

Pastikan untuk selalu mencantumkan informasi yang lengkap dan akurat dalam format absen siswa untuk memastikan efektivitas pengelolaan kehadiran.


Download Format Absen Siswa Excel

Berikut beberapa contoh format absensi kehadiran siswa disekolah secara harian, mingguan dan bulanan dalam format Excel atau XLXS yang bisa kamu edit sesuai kebutuhan, seperti yang ada dibawah ini :




Unduh contoh Absensi Format Satu Semester Otomatis Disini




Unduh contoh Absensi Format Satu Bulan Disini




Unduh Contoh Absensi Format Per Kelas Disini


Kata Penutup


Absensi sangat diperlukan untuk pencatatan kehadiran siswa sehari-hari. Dengan adanya contoh format absensi di atas s amemoga dapat membantu para guru dalam men-data kehadiran siswanya di kelas.

Apabila kamu menilai postingan ini bermanfaat jangan lupa tekan tombol share dan bagikan ke teman-teman yang lain yang ada di sosial media, terimakasih.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya