11 Contoh Sikap Adil di Lingkungan Masyarakat

Bagaimana contoh perilaku yang adil di lingkungan masyarakat? Sebagai manusia kita tentunya selalu mengedepankan asas keadilan disetiap aspek, baik itu hukum, sosial, politik bahkan dalam kehidupan sehari hari. Hidup ditengah masyarakat juga harus berperilaku adil, supaya tidak terjadi ketimpangan yang dapat mengakibatkan pergesekan sosial sesama anggota masyarakat. Pada kesempatan kali ini kosngosan akan memberikan beberapa contoh perilaku yang menggambarkan nilai keadilan dalam ruang lingkup masyarakat.

contoh sikap adil masyarakat

Lalu apa sebenarnya pengertian dari keadilan? Keadilan adalah suatu kondisi kebenaran yang ideal secara moral mengenai suatu hal baik itu yang yang menyangkut menusia, alam, benda dan segala materi yang ada di semesta.

Suatu kondisi disebut sebagai adil karena meletakkan segala sesuatu sesuai dengan kadarnya atau tempatnya. Namun disini keadilan bukan berarti berlaku sama pada semua orang atau sama rata, akan tetapi Adil di sini bersifat proporsional yang sesuai dengan kadarnya masing-masing.

Nah dalam pembahasan kosngosan kali ini, keadilan yang akan difokuskan adalah yang berkaitan dengan sikap dan perilaku manusia sebagai anggota masyarakat yang isinya tuntutan supaya sesama manusia bisa mendapatkan perlakuan sesuai dengan hak dan kewajibannya

Terciptanya keadilan akan mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih baik. Apabila terjadi ketimpangan atau ketidakadilan maka akan ada yang namanya perselisihan, permusuhan hingga sampai pada perpecahan.

Tidak hanya di dalam keluarga, sekolah atau tempat kerja, kita dituntut untuk menjunjung tinggi nilai keadilan dalam kehidupan bersama tetangga kita di dalam lingkungan tertentu, misalnya satu kompleks rumah, satu desa atau RT RW.

Baca lainnya : Apa itu PanSos, Contoh dan Ciri-Cirinya dalam Kehidupan

Contoh Sikap Adil di Masyarakat


Memperlakukan semua orang sama di mata hukum


Berlaku adil berarti sobat kosngósan harus memperlakukan semua orang sama didepan hukum. Misalnya ketika mendapati pencuri yang kedapatan, maka sebaiknya jangan melakukan aksi main hakim sendiri tetapi lebih baik untuk membawanya ke aparat hukum yang berwajib. Dengan demikian maka kamu juga telah melakukan keadilan kepada semua orang, karena kita tidak berhak untuk menghakimi apalagi menghajar pelaku tindak kriminal.

Memberikan bantuan kepada keluarga yang membutuhkan


Masalah keadilan seringkali dikaitkan dengan kesejahteraan yang merata sehingga apabila mendapati sebagian anggota masyarakat yang hidup dalam kekurangan maka sudah sepantasnya elemen masyarakat bekerja sama saling membantu untuk memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Perilaku ini merupakan cerminan dari keadilan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik

Tidak berpihak kepada salah satu tim ketika bertanding


Nah ketika beberapa kelompok dari masyarakat mengadakan pertandingan, seperti lomba futsal atau voli, maka kita tidak harus memihak salah satunya karena keduanya merupakan bagian dari masyarakat juga. Mungkin kita bisa melihat namun tidak ditunjukkan hanya di dalam hati saja dan kita hanya menonton dan memberi support kepada keduanya

Memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk berpendapat


Setiap orang bebas untuk mengemukakan pendapatnya termasuk memberikan kritik dan saran kepada pembangunan di lingkungannya. Ketika mengadakan musyawarah, maka setiap anggota masyarakat berhak mengutarakan pendapatnya mengenai pengembangan lingkungan tersebut. Sehingga nantinya setiap orang bisa berkontribusi positif terhadap pembangunan lingkungannya.

Memberikan kesempatan kepada pejalan kaki


Ketika kamu berada di jalan raya dan sedang berkendara, jangan mengambil trotoar yang bukan hakmu. Karena itu merupakan hak pejalan kaki. Selain itu di jalan komplek perumahan misalnya, ketika sobat kosngośan lewat, jangan semena-mena kepada pejalan kaki. Perhatikan juga anak-anak yang bermain di jalan, jalan di Kompleks Perumahan adalah milik bersama

Tidak parkir memakan jalan


Ketika kamu memiliki kendaraan roda empat dan tidak punya garasi untuk menyimpannya, banyak sekali dari kita memanfaatkan jalan perumahan sebagai tempat parkir mobil, karena menganggap Jalan didepan rumah adalah hak kita.

Hal ini adalah anggapan yang keliru, karena yang namanya jalan merupakan hak umum di mana kita tidak bisa semena-mena mengganggu orang lewat meskipun itu di depan rumah kita. Jadi admin kosngosan sarankan sebelum memiliki mobil persiapkan terlebih dahulu garasi supaya tidak merugikan orang lain

Membagi jadwal ronda dengan adil


Jadwal ronda idealnya berisi 3 sampai 4 orang yang berasal dari setiap anggota masyarakat di suatu lingkungan atau komplek perumahan. Ronda malam menjadi bagian dari Siskamling atau sistem keamanan lingkungan, yang berguna untuk mencegah terjadinya aksi pencurian di malam hari.

Dengan adanya ronda malam, panitia harus menyusun piket ronda yang adil untuk semua orang misalnya sekali sebulan atau dua kali sebulan menyesuaikan dengan jumlah laki-laki dewasa di suatu kompleks atau lingkungan. sobat kosńgosan sebagai anggota masyarakat juga wajib mengikutinya untuk menciptakan keamanan dilingkungan

Memberikan hak kepada warga untuk ikut pemilihan


Setiap orang berhak dan harus diberikan kesempatan yang sama untuk memilih pemimpin, dalam hal ini adalah kepala lingkungan, kepala desa, ketua RT atau RW. Dengan pemilihan yang adil maka akan didapatkan pemimpin yang dapat diterima oleh semua orang, dan tidak menimbulkan konflik yang berkepanjangan.

Memberikan hak kepada warga untuk menjadi ketua


Sama halnya seperti pemilihan kepala lingkungan, maka setiap orang juga berhak untuk diberikan kesempatan secara adil dalam mencalonkan diri sebagai pemimpin di suatu daerah. Apabila dia memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya maka ia juga harus diberikan kesempatan yang sama seperti orang lain.

Membagi anggaran secara adil di berbagai proyek


Ketika sobat kosngosan menjabat sebagai kepala lingkungan atau pemimpin di suatu daerah, keputusan untuk mengalokasikan beberapa anggaran dana untuk proyek harus benar-benar dipilih yang mana yang paling bermaslahat bagi banyak orang. Kamu harus adil untuk menentukan di mana anggaran akan dihabiskan dan dimanfaatkan dengan maksimal

Memberikan kewajiban secara adil kepada setiap keluarga


Setiap anggota masyarakat di dalam suatu lingkungan memiliki kewajiban yang sama untuk berkontribusi dalam kegiatan sosial. Misalnya ketika sudah disepakati untuk gotong royong membersihkan drainase kompleks perumahan, maka perlu untuk bersifat adil yaitu memberikan tugas yang sama kepada setiap keluarga untuk bertanggung jawab membersihkan drainase didepan rumahnya.

Baca lainnya : Contoh Keberagaman Individu dalam Masyarakat


Kata Akhir


Keadilan merupakan nilai universal yang menjadi hak seluruh anggota masyarakat. Tanpa adanya keadilan maka kehidupan akan mengalami gesekan dan perselisihan. Semoga materi mengenai contoh keadilan dalam kehidupan masyarakat di atas bisa menjadi referensi bagi teman-teman dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari

Apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat silahkan tekan tombol share di bawah dan bagikan ke sosial media masing-masing untuk memberikan informasi ini ke teman-teman. Terimakasih banyak.
By

0 Response to "11 Contoh Sikap Adil di Lingkungan Masyarakat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel