Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Sikap Integritas di Sekolah, Rumah dan Lingkungan Masyarakat

Apa saja contoh sikap integritas dalam kehidupan sehari hari? Integritas adalah suatu sikap yang mewujudkan konsistensi dan ketetapan hati yang tidak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai keluhuran atau ideologi yang diyakininya sebagai prinsip hidup. 

Orang yang berintegritas akan memiliki komitmen dalam hatinya untuk terus berbuat sesuai apa yang dia yakini benar Banyak orang yang mengaitkan sikap integritas dalam kehidupan sehari hari terhadap sifat suatu karyawan atau pekerja di kantor. 

Hal ini memang bisa dimaklumi karena integritas karyawan sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Padahal sifat integritas juga harus dimiliki oleh pelajar, anggota keluarga dan masyarakat dalam kehidupan sehari harinya.

Kata integritas berasal dari bahasa Latin "Integer" yang berarti bersifat teguh dalam mempertahankan prinsip, tidak melakukan pelanggaran hukum, dan memiliki potensi serta kemampuan yang menimbulkan kewibawaan dan kejujuran dalam bertindak

Sejatinya, sifat integritas dibutuhkan oleh siapa saja tidak hanya sobat kosngosan yang menjabat sebagai pemimpin atau karyawan perusahaan. Karena sifat ini sangat mempengaruhi kepercayaan orang terhadap kita, dan bagaimana kita bisa mencapai kesuksesan dengan kemampuan diri sendiri.

Sebagai seorang pelajar misalnya, sobat kosngosan memiliki integritas yang harus ditumbuhkan sehingga tidak terjadi yang namanya kecurangan dalam ujian. Atau bagi anggota keluarga yang berintegritas, mengerjakan setiap tugas dengan penuh tanggung jawab. 

Untuk di lingkungan masyarakat sifat integritas bisa dicirikan dengan tidak melanggar norma yang berlaku di tengah masyarakat tersebut.

Integritas itu ibarat Kompas atau pengarah yang akan memberikan kita bimbingan dan menggambarkan keseluruhan karakteristik pribadi dari seseorang.

Baca juga : Contoh Perbuatan Amal Saleh di Sekolah


Contoh Sikap Integritas di Sekolah

contoh sikap integritas di sekolah

Bertanya Kepada Guru

Sifat integritas pertama yang harus kamu miliki di sekolah adalah sering bertanya kepada guru mengenai pelajaran yang kurang kamu mengerti. 

Dengan sering bertanya maka sobat kosngosan akan lebih percaya diri dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik. Oleh karena itu jangan malu untuk bertanya


Mengerjakan PR dengan Baik

Pekerjaan rumah merupakan salah satu kewajiban yang harus kamu kerjakan di rumah secara individu. Ini merupakan tugas yang yang membantu kamu dalam memahami materi yang sudah diajarkan di sekolah. 

Sebisa mungkin kamu harus mengerjakannya sendiri, Namun apabila tidak bisa kamu bisa meminta bantuan saudara atau orang yang kompeten.


Aktif Diskusi Kelompok

Selain belajar individu di dalam kelas Adakalanya kamu ditugaskan untuk pelajar secara berkelompok. Salah satu bentuk integritas seorang siswa adalah aktif dalam kelompok belajar. 

Kalau perlu sobat kosngósan bisa menjadi ketua kelompok dan memberikan arahan serta masukan yang positif untuk setiap anggota dalam mengerjakan tugasnya masing-masing


Melaksanakan Piket Kelas

Sistem piket kelas merupakan jadwal rutinitas yang yang dimiliki oleh setiap anggota kelas, Di mana kamu di wajibkan untuk membersihkan ruangan dan halaman kelas secara tim. 

Salah satu bentuk integritas adalah mengerjakan piket dengan baik, Sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan


Membayar Uang Kas

Uang kas adalah iuran wajib yang dikumpulkan dari setiap anggota kelas, ditujukan untuk anggaran dalam kelas. 

Uang kas ini nantinya akan berfungsi untuk membiayai setiap pengeluaran yang ada sangkut pautnya dengan kepentingan kelas. Jadi salah satu bentuk integritas seorang siswa dalam membayar uang kas tepat waktu, tanpa berhutang.


Masuk Sekolah Tepat Waktu

Setiap sekolah memiliki peraturan jam berapa masuk dan keluar. Nah sobat kósngosan harus bisa berangkat sekolah tepat waktu tanpa mengalami keterlambatan. 

Hal ini selain sebagai bentuk disiplin juga merupakan bentuk integritas yang harus dimiliki seorang siswa dengan masuk tepat waktu dan sesuai jadwal yang ditentukan


Mematuhi Peraturan Sekolah

Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal tentu saja memiliki peraturan yang harus dipatuhi oleh setiap warga sekolah. Tidak hanya kamu sebagai seorang pelajar, tetapi juga guru dan para karyawan didalamnya. 

Nah mematuhi peraturan tersebut merupakan salah satu bentuk integritas yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari


Mengikuti Upacara dengan Khidmat

Upacara bendera yang diadakan secara rutin setiap hari Senin pagi adalah salah satu bentuk kecintaan terhadap tanah air untuk memupuk rasa nasionalisme dan patriotisme siswa di sekolah. mengikuti upacara merupakan salah satu bentuk integritas yang juga harus dipupuk sejak dini


Aktif Ekstrakulikuler

Kamu juga bisa aktif di luar kelas, menambah pengalaman dan keterampilan mu dengan mengikuti berbagai organisasi seperti OSIS, Pramuka dan PMR. Dengan aktif didalam organisasi ini sobat kosngosan bisa belajar bagaimana cara menjadi siswa yang berintegritas tinggi


Contoh Sikap Integritas di Rumah

Sikap integritas juga bisa diaplikasikan dan dilakukan di dalam rumah, dengan mengerjakan beberapa kegiatan seperti dibawah ini :

Mengerjakan Kewajiban Rumahan


Setiap anggota keluarga tentunya memiliki peran dan fungsinya masing-masing dalam rumah tangga. Kewajiban seorang anak seperti membersihkan kamar dan halaman rumah serta membantu orang tua. 

Begitu juga dengan orang tua yang memiliki kewajiban untuk menafkahi anak dan memberikan perlindungan. Segala kewajiban yang dinaikkan menjadi bentuk integritas yang harus di tegakkan dalam rumah tangga


Membersihkan Kamar dan Halaman Rumah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya membersihkan kamar dan halaman rumah menjadi salah satu kewajiban. dengan menjalankan rutinitas tersebut berarti sobat kośngosan sudah memiliki integritas yang cukup dalam keluarga.


Laporan Rutin Kepada Orangtua

Komunikasi antara anak dengan orang tua merupakan hal yang penting dalam menjaga hubungan yang lebih positif. 

Terlebih apabila orang tua sering berada di luar kota, maka sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk melaporkan segala sesuatu yang terjadi di rumah kepada mereka. Dengan demikian maka kita telah berintegritas dalam menjaga kondisi rumah tetap kondusif


Tidak Menerima Tamu Asing

Tamu asing di sini merupakan orang yang belum kita kenal. Namun apabila memang kamu tersebut adalah kenalan dari anggota keluarga, maka kita bisa mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada mereka dan mempersilahkan masuk.

Menerima tamu asing memang bukanlah hal yang berbahaya. Namun lebih kepada memperhitungkan segala sesuatu apalagi di rumah hanya sobat kosngosan sendiri. Lain ceritanya apabila di rumah terdapat orang tua yang bisa menanganinya.


Menjaga Keamanan Rumah

Menjaga keamanan dan kenyamanan rumah merupakan kewajiban setiap anggota keluarga. Rumah yang nyaman dan aman untuk ditempati menjadikan kita hidup lebih bahagia. 

Tidak hanya keamanan fisik saja, tetapi kondisi hubungan yang harmonis dan saling menyayangi juga turut dalam mempengaruhi hal tersebut


Mengembalikan Barang Ketempatnya

Seringkali kita menemukan barang kepunyaan orang tua atau saudara berceceran tidak pada tempatnya. Sebagai seorang yang berintegritas kita wajib menempatkan barang tersebut ke tempat asalnya. 

Salah satunya adalah uang. Kamu harus bisa bersifat jujur untuk mengembalikan uang tersebut kepada pemilik aslinya, sekalipun nilainya kecil.


Contoh Integritas di Lingkungan Masyarakat

Sikap integritas juga bisa diterapkan di lingkungan masyarakat dan sosial disekitar kita, baik itu sesama tetangga atau masyarakat lain yang ada di desa, kelurahan, RT dan RW setempat :

Tidak Korupsi Anggaran


Seseorang yang berintegritas tinggi tentunya tidak akan tergoda dengan yang namanya uang yang bukan menjadi hak nya. 

Setiap perbuatan melanggar hukum yang bisa menyelewengkan dana anggaran seperti korupsi, kolusi dan nepotisme harus benar-benar dijauhi dalam kehidupan bermasyarakat


Melaksanakan Ronda Malam

Ronda malam merupakan salah satu sistem keamanan lingkungan yang banyak diterapkan dalam Kompleks Perumahan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya tindak kriminal di tengah masyarakat yang bisa mengakibatkan kerugian.

Nah salah satu bentuk dari integritas sobat kosngosan anggota masyarakat adalah mengikuti ronda malam sesuai dengan jadwal piket yang telah ditentukan sebelumnya. Karena ini merupakan kewajiban masing-masing yang harus ditunaikan sebagai anggota masyarakat


Mengikuti Gotong Royong

Gotong royong merupakan kegiatan bersama dalam berbagai hal. Biasanya kegiatan gotong royong diadakan secara rutin di akhir pekan seperti membersihkan drainase, jalan umum, halaman rumah masing masing, rumah ibadah dan balai pertemuan warga.


Mematuhi Peraturan Lingkungan

Setiap lingkungan memiliki peraturan yang harus dipatuhi oleh sobat kosngosan sebagai anggota masyarakat. Misalnya peraturan tidak boleh menerima tamu diatas jam 11 malam, atau tamu wajib lapor selama 2x24 jam. 

Peraturan tersebut tidak boleh dilanggar sebagai bentuk integritas kita dalam menjaga keamanan dan kenyamanan hidup bermasyarakat


Membayar Iuran Rutin

Yang namanya Iuran wajib adalah suatu pengambilan dana dari masyarakat yang dikumpulkan untuk kepentingan bersama. Seperti misalnya untuk menggaji satpam, mengadakan acara sosial atau membeli dan membangun fasilitas umum yang bisa dinikmati bersama.


Aktif Bersosialisasi

Sebagai anggota masyarakat kamu ajak untuk bersosialisasi dan bergaul dengan tetangga dan anggota masyarakat lainnya di suatu lingkungan perumahan. 

Selain mewujudkan integritas hal ini juga untuk menambah relasi pergaulan yang nantinya bisa bermanfaat untuk berbagai hal misalnya ketika kamu ingin memasarkan bisnis mu.


Melaporkan Barang Temuan

Terakhir adalah bersifat jujur. Ketika kamu menemukan barang tercecer di jalan, sobat kosngosan harus menemui pihak RT, RW atau pengurus masjid 

Misalnya untuk segera mengumpulkan kepada masyarakat yang masa mengalami kehilangan barang. Kejujuran seperti ini perlu untuk dipupuk demi meningkatkan integritas diri

Baca juga : Contoh Sikap Amanah di Sekolah


Kata Penutup

Semua kita harus memiliki integritas dalam kehidupan. Hal ini semacam harga diri yang harus dimiliki untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain. 

Mari kita berdoa supaya para pemimpin negeri ini memiliki integritas yang tinggi dalam mengelola negara. Dan integritas juga harus diajarkan sejak dini ketika di sekolah untuk melahirkan sumber daya manusia yang tidak hanya berkualitas secara pendidikan tetapi juga akhlak

Semoga pembahasan dari kosngosan diatas mengenai beberapa wujud pengaplikasian sikap integritas dalam kehidupan sehari-hari bisa bermanfaat dan menjadi motivasi untuk kita dalam mencontohnya. Untuk tekan tombol share di bawah dan berikan komentarmu ya
Oleh rezaharahap