6 Tips Belajar Mempersiapkan Ujian SAT

Bagaimana cara lolos ujian SAT? Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti tes SAT (Scholastic Aptitude Test). Kamu mungkin bahkan sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti tes beberapa bulan kedepan. Namun apakah persiapan yang dilakukan sudah matang? Sebaiknya sebelum menempuh tes persiapan yang matang harus benar-benar dilakukan.

tips ujian SAT

Tanpa persiapan, mental dan juga kemampuan bisa saja tidak memenuhi. Kamu akan merasa kaget ketika dihadapkan dengan soal tes. Mempersiapkan tes sejak awal adalah langkah yang tepat.

Semakin cepat Kamu belajar dan menyusun jadwal belajar untuk menentukan target, tujuan mendapat skor tinggi pasti bisa tercapai. Jadi bagaimana sebaiknya persiapan yang harus dilakukan? Simak tips persiapannya disini.


Tips Belajar Tes SAT


Persiapan tes tidak tersedia di bangku sekolah, jadi siapa saja yang akan menempuhnya harus mempersiapkan sendiri. Baik itu belajar secara mandiri dan juga melalui kursus. Ya, saat ini sudah banyak sekali lembaga kursus yang menyediakan kelas khusus dalam persiapan tes SAT. Namun Kamu tentu tidak hanya bergantung pada tempat kursus saja.

Mempelajari apa itu tes SAT, format soal yang keluar dan contoh soal pada tes sebelumnya harus dipelajari. Baik itu di dalam kelas dan di luar kelas, luangkan waktu lebih banyak untuk mempelajarinya. Lebih mudah untuk bisa belajar, Kamu bisa mengikuti beberapa tips belajar berikut ini.


1. Temukan kelemahan dalam tes


Cobalah untuk menemukan kelemahan apa saja yang Kamu miliki dalam tes. Nah untuk menemukannya Kamu harus mencoba latihan mengerjakan tes SAT. Latihan tes ini bisa dilakukan di tempat kursus. Begitu keluar hasilnya cobalah untuk menganalisa mana saja bagian tes yang belum dikuasai.

Mengetahui kelemahan akan mempermudah Kamu untuk belajar. Buatlah catatan khusus pada jawaban yang salah dan nantinya materi tentang soal tersebut harus lebih banyak dipelajari.


2. Menentukan tujuan atau goal


Kamu mungkin sudah menemukan kelemahan dalam mengerjakan tes, namun selanjutnya adalah menentukan tujuan atau goal yang harus diraih. Gol ini harus masuk akal dan sesuai dengan waktu yang dimiliki. Gol bisa berupa skor yang harus didapatkan dalam beberapa bulan kedepan.

Tentu saja ini nantinya berhubungan dengan pembuatan jadwal belajar dan materi yang akan dipelajari. Ujilah gol yang telah dibuat apakah sudah tercapai melalui tes setiap beberapa minggu sekali.


3. Membuat jadwal belajar


Inilah yang paling sulit ketika Kamu tidak mengikuti kursus. Ketika belajar secara mandiri, maka Kamu harus menentukan materi sendiri dan juga jam belajar yang disiplin. Setidaknya jam belajar mandiri haruslah sekitar 2,5 jam setiap harinya.

Selama waktu tersebut Kamu harus mempelajari materi baru sekaligus mengerjakan soal untuk mengetes kemampuan. Jangan berlebihan dalam mengatur jadwal karena otak juga membutuhkan istirahat. Pastikan mengikuti jadwal yang telah dibuat secara disiplin.


4. Latihan tes dengan stopwatch


Sudah banyak sekali buku-buku latihan tes SAT yang bisa dibeli dan digunakan untuk belajar. Latihan tes ini sangat berpengaruh untuk mengetes hasil belajar. Ketika mengerjakan jangan lupa untuk memasang stopwatch untuk mengetahui seberapa lama Kamu bisa berpacu dengan waktu yang disediakan.

Isi semua jawaban karena tidak ada tidak ada penalti pada jawaban yang salah. Garis bawahi inti pada soal yang akan mempermudah Kamu mencegah kesalahan karena terburu-buru mengerjakan. Berlatih dengan stopwatch bisa memacu Kamu mengerjakan dengan lebih cepat, sisa waktu bisa digunakan untuk mengoreksi jawaban.


5. Mengeliminasi jawaban yang salah


Penalti karena salah menjawab tidak ada dalam tes namun bukan berarti Kamu bisa sembarangan menjawabnya. Soal dari tes SAT sebagian besar adalah pilihan gkamu dan disinilah kesempatan Kamu untuk mengasah otak. Ada empat pilihan jawaban artinya peluang jawaban yang benar adalah 25%.

Jika Kamu bisa menghilangkan satu atau dua jawaban yang salah maka peluangnya akan semakin naik. Asahlah kemampuan dalam mengeliminasi jawaban yang salah dalam pilihan gkamu dengan cepat


6. Jangan lupa Istirahat


Dalam mempersiapkan tes, istirahat sangat penting sebagai bentuk persiapan fisik dan batin. Ini menjadi hal yang harus dilakukan saat akan menghadapi ujian SAT. Hal ini bermanfaat demi mengurangi risiko tidak enak badan, dan yang paling merugikan adalah kamu mengalami sakit. Istirahat bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Kamu bisa mencoba untuk rebahan di rumah, tidak melakukan kegiatan yang berat dan tentu saja tidur. Istirahat yang cukup, maka fisikmu akan menjadi lebih bugar dan segar serta terhindar dari kelelahan. Karena salah satu sumber penyakit itu sebenarnya adalah berasal dari kegiatan yang berlebihan, termasuk belajar yang terlalu diforsir. Sebelum melaksanakan ujian, tubuh harus kamu istirahatkan dengan cukup supaya nantinya kamu dapat melaksanakan ujian dengan optimal


Kata Penutup


Jadi sudah siapkah Kamu mengikuti tes SAT akan menjadi pertanyaan yang sangat besar sebelum belajar bahkan mendaftar mengikuti tes. Jangan pernah mempersiapkan diri dalam waktu yang sangat pendek. Waktu yang wajar untuk persiapan adalah sekitar 4 hingga enam bulan sebelum tes berlangsung.
By

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads