15 Contoh Sikap Kredibilitas, Profesionalitas dan Integritas

Apa itu kredibilitas? kredibilitas adalah suatu sifat atau perilaku yang menunjukkan tingkat kepercayaan seseorang dan dapat mempertanggungjawabkan setiap tugas yang diberikan kepadanya sebagaimana mestinya. Kemudian apa itu profesionalitas? profesionalitas adalah 1 perilaku yang menunjukkan kualitas terhadap suatu profesi atau pekerjaan untuk melakukan tugas-tugasnya dengan baik. Apa itu integritas? Integritas merupakan suatu komitmen yang dimiliki pekerja dalam aspek kejujuran, kegigihan bekerja dan prinsip moral yang membuatnya tepat dalam bertindak.

Ketiga sifat ini berhubungan satu sama lain dan menjadi ciri orang yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan. ketika kamu ingin menjadi orang yang kredibel maka kamu harus melakukan berbagai perilaku yang bersifat profesional dan berintegritas dalam bekerja atau beraktivitas dalam kegiatan sehari-hari.

Begitu juga dengan sifat profesionalitas yang kerap sekali di disangkutpautkan dengan proses pekerjaan, tetapi bisa dikaitkan dengan aktivitas kita sehari-hari seperti belajar di sekolah, bersosialisasi dengan masyarakat dan berhubungan baik dengan anggota keluarga.

Ketika kamu sudah menjadi orang yang berintegritas, maka banyakkah yang akan mempercayaimu untuk mengembankan tugas kepada mu. Orang yang memiliki ketiga sikap ini memiliki sebutan "pekerja keras? bagi mereka yang benar-benar kompeten atau ahli bidang dan mengerjakan pekerjaannya dengan baik dan maksimal

Berikut ini kosngosan akan mencoba membahas beberapa contoh perilaku dari ketiga sifat ini. Untuk menjadi orang yang berperilaku positif, maka diperlukan tekad untuk merealisasikan setiap contoh dibawah ini dalam kehidupanmu. Dengan demikian maka kamu akan mendapatkan kepercayaan dari banyak orang.

Baca dulu : Contoh Sikap Peduli dalam Kehidupan Sehari-hari


Contoh Perilaku Kredibel


kredibilitas profesionalitas

1. Tidak melakukan praktek kecurangan

Kredibel berarti dapat dipercaya sehingga setiap karyawan yang memiliki sifat ini tidak akan berani untuk melakukan praktik kecurangan baik itu korupsi, kolusi atau nepotisme dalam pekerjaannya. Mereka sadar bahwa setiap perbuatan yang sobat kośngosan lakukan akan dipertanggungjawabkan nanti di hadapan Tuhan, sehingga supervisor sejati bagi mereka adalah Tuhan, yang bisa mengawasi setiap pekerjaanya.


2. Jujur dalam bekerja

Hampir sama dengan poin yang pertama karyawan yang memiliki sifat kredibilitas tinggi adalah mereka yang selalu bersifat jujur dalam bekerja. Jujur dalam segala aspek, baik itu dalam skala kecil seperti datang tepat waktu, tidak memanipulasi absen, tidak menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi, maupun yang lebih besar seperti menghindari praktik KKN, tidak memanipulasi anggaran, dsb.


3. Rajin memberikan laporan

Orang yang kredibel adalah mereka yang memiliki sifat transparansi tinggi, sehingga setiap hasil pekerjaan yang mereka lakukan akan diberikan kepada atasan dalam bentuk laporan pertanggungjawaban. Laporan ini juga menjadi bukti bagi perusahaan untuk melihat seberapa jauh progres yang sudah dilakukan oleh karyawan tersebut.


4. Menggunakan fasilitas perusahaan dengan bijak

Banyak dari karyawan yang memanfaatkan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadinya misalnya seperti menggunakan wifi untuk smartphone pribadi, mengendarai mobil dinas untuk menjemput dan mengantar anak kesekolah, dsb. Perilaku ini walaupun dinilai lumrah bagi sebagian orang namun tidak mencerminkan seorang karyawan yang kredibel dan jujur.


5. Menggunakan dana perusahaan dengan amanah

Ketika sobat kosńgosan sudah dipercaya untuk mengelola suatu anggaran perusahaan maka hal yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan dana perusahaan tersebut dengan penuh amanah dan tanggung jawab. Sehingga apabila kamu memanfaatkan dana tersebut dengan baik dan sesuai yang diamanahkan kepadamu, maka kamu sudah bisa disebut sebagai karyawan yang kredibel


Contoh Perilaku Profesional


1. Bertanggung jawab dalam pekerjaan

Salah satu ciri khas dari orang yang bekerja secara profesional adalah mereka yang bertanggung jawab penuh terhadap pekerjaannya. Apapun hasil yang dia capai baik itu positif atau negatif, memuaskan atau merugikan, dia akan tetap mengambil alih penuh tanggung jawab untuk meng-handle pekerjaan tersebut, tanpa sibuk untuk mencari kambing hitam atau mengelakkan tanggung jawab.


2. Membedakan Kehidupan Pribadi dan Kantor

Seorang karyawan profesional haruslah mampu memisahkan antara kehidupan pribadinya dengan kehidupan pekerjaannya. Oleh karena itu jangan mencampuradukkan urusan pekerjaan dengan urusan pribadi. Menggabungkan kedua hal itu hanya akan membuat tingkat produktivitas dan efisiensi pekerjaan sobat kosngosan bakalan menjadi turun drastis. Percaya deh!


3. Bekerja dengan penuh kemampuan

Kamu yang bersemangat dalam bekerja tentu saja cukup mudah untuk membangun kepercayaan di tempat kerja. Rekan kerja, bos dan klien yang ada di sekitar mu akan menganggap bahwa setiap pekerjaan yang kamu kerjakan akan diselesaikan dengan baik dan penuh dengan sikap profesional. Jadi dengan bekerjar sepenuh hati maka kamu telah menunjukkan bahwa kamu telah profesional dalam bekerja.


4. Membuka Diri untuk Terus Belajar

Orang orang yang profesional juga tidak terlepas dari kesalahan. Oleh karena itu mereka akan terus membuka diri untuk belajar hal hal baru dalam pekerjaannya. Sehingga dengan terus belajar, maka kamu akan menjadi karyawan yang memiliki kemampuan dan keahlian mumpuni. Jadi profesional bukanlah terbebas dari kesalahan, melainkan yang mampu belajar dari kesalahan dan memperbaikinya untuk keberhasilan masa depan


5. Bersikap Tegas pada Diri Sendiri dan Orang Lain

Demi mendapatkan kepercayaan dan menjadi pegawai yang profesional, maka sobat kosngosan harus bersikap tegas terhadap diri sendiri dan juga orang lain. Tidak peduli seberapa dekat dia dengan mu, apakah dia seorang atasan atau bawahan, apabila melakukan kesalahan maka wajib untuk memberikan peringatan dan sanksi bila perlu.


Contoh Perilaku Berintegritas


1. Datang tepat waktu

Integritas akan sulit kamu bangun dari ketidak-sanggupan mu dalam mengatur waktu dalam bekerja, salah satunya adalah dengan datang masuk kerja tepat waktu. Bagaimana mungkin kamu bisa dinilai sebagai orang yang berintegritas, jika diri kamu sendiri saja tidak bisa mengatur waktu dengan baik. Jadi kemampuan untuk manahemen waktu yang baik akan sangat kamu perlukan sebagai karyawan yang berintegritas. Dan ini akan menimbulkan rasa percaya dari rekan kerja, bos dan klien mu.


2. Menyelesaikan tugas dengan baik

Orang-orang yang berintegritas tinggi adalah mereka yang mampu menyelesaikan tugas yang diberikan oleh atasan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Pekerjaan tersebut dilakukan sesuai dengan deadline yang ditetapkan, bahkan mungkin memiliki hasil yang lebih baik dibanding dengan pekerjaan sejenis yang dilakukan oleh karyawan lain. Tugas yang baik juga haruslah dilakukan dengan proses yang baik tanpa menjatuhkan pihak yang lain


3. Berlaku aktif dalam bekerja

Para karyawan yang berlaku aktif dalam bekerja adalah sobat kosngosán yang memiliki nilai lebih di mata perusahaan. Aktif di sini bukan hanya menyelesaikan tugas tepat waktu, akan tetapi bisa berkontribusi dalam memecahkan masalah yang sedang dihadapi oleh perusahaan. Selain itu orang yang berintegritas juga tidak segan untuk membantu rekan kerjanya apabila mengalami kesulitan bekerja


4. Menghormati Orang Lain

Suatu sikap integritas haruslah dibangun dari sikap saling percaya. Kepercayaan ini tidak akan bisa terwujud saat kamu tidak mendapatkan rasa hormat dari orang lain. Rasa hormat akan kamu dapatkan ketika kamu sudah menghormati orang lain. Jadi itu adalah feedback yang kamu dapatkan bila telah mengerjakannya. Saling menghormati dengan para karyawan di perusahaan adalah hal yang wajib kamu lakukan bila ingin mendapatkan sikap integritas tinggi


5. Berusaha Membangun Tim yang Solid

Untuk membangun sikap integritas yang penuh, maka sobat kosngosan harus menjadi seorang yang pandai dan hebat dalam membangun tim yang kuat. Dengan kontribusimu dalam tim atau divisi, maka rekan kerja akan menaruh kepercayaan mereka pada mu. Integritas mu akan semakin meningkat dalam pekerjaan.

Baca juga : Contoh Perilaku Mawas Diri dalam Kehidupan Sehari-hari


Kata Penutup


Sifat kredibilitas dan profesionalitas yang tinggi membuat seseorang mudah untuk mencapai karir tertinggi di dunia kerja. karena kedua sifat ini sangat positif dalam membangun brand image yang baik.

Semoga beberapa pembahasan kosngosan diatas bisa bermanfaat dan menjadi referensi buat teman-teman sekalian dalam memperbaiki aku perilaku yang selama ini kurang positif menjadi sesuatu yang lebih positif seperti halnya Kredibel dan profesional dalam dunia kerja. apabila kalian iya silakan tekan tombol share di bawah dan bagikan ke teman teman mu yang lain
By