Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Contoh Konsumsi Rumah Tangga Sehari-hari

Apa saja contoh konsumsi dan kebutuhan rumah tangga sehari hari? Kegiatan ekonomi dalam rumah tangga adalah kegiatan dengan ruang lingkup terkecil dalam ekonomi. Sebagai konsumen, anggota rumah tangga tentunya memiliki kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap harinya

Ada berbagai jenis konsumsi dan kebutuhan rumah tangga, seperti pangan, sandang dan papan. Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan mencoba memberikan beberapa contoh yang menunjukkan jenis kegiatan konsumsi dalam skala rumahan seperti ini.

Apa itu konsumsi? Konsumsi berasal dari bahasa Belanda, yaitu Consumptie atau bahasa inggris yaitu Consumption, yang artinya adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh manusia yang memiliki tujuan untuk mengurangi memakai atau menghabiskan daya guna dari suatu produk baik itu dalam bentuk barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan atau kepuasan secara langsung ataupun tidak langsung

Lalu apa pengertian konsumsi rumah tangga? Konsumsi rumah tangga atau pengeluaran rumah tangga adalah jenis pengeluaran yang dilakukan oleh setiap anggota rumah tangga dalam membeli, memakai atau menghabiskan daya guna suatu barang atau jasa, dalam satu kurun waktu tertentu, untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasannya.

Konsumsi rumah tangga telah berkontribusi terhadap perekonomian nasional Indonesia, menurut dari data BPS terbaru, pengeluaran rumah tangga di indonesia telah memberikan dampak sebesar 55% dari PDB nasional secara keseluruhan

Tujuan konsumsi ada beberapa poin, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia (berupa pangan, sandang dan papan)
  • Demi mempertahankan status sosial tertentu
  • Untuk mempertahankan status keturunan atau hubungan kekeluargaan
  • Untuk memperoleh keseimbangan dalam hidup
  • Untuk memberikan bantuan kepada orang lain dengan tujuan sosial
  • Demi menjaga kesehatan stabilitas kondisi sosial
  • Mendapatkan keindahan serta nilai seni
  • Demi untuk memuaskan kebutuhan batin
  • Sebagai demonstration effect atau keinginan untuk meniru sesuatu


Contoh Konsumsi Rumah Tangga

Contoh Konsumsi Kebutuhan Rumah Tangga

Ada begitu banyak contoh kebutuhan rumah tangga sehari-hari, seperti contoh kebutuhan primer, sekunder dan tersier yang apabila dijabarkan mungkin tidak muat dalam satu pembahasan ini.

Tapi setidaknya sudah kami rangkum sebagian dari contoh konsumsi rumah tangga seperti yang bisa kalian lihat dibawah :


Konsumsi makanan dan minuman

Ini merupakan suatu kebutuhan utama dari manusia itu sendiri yaitu pangan dimana sobat koꜱngosan pastinya membutuhkan makanan untuk bertahan hidup.

Dengan membeli bahan makanan seperti beras, jagung, ikan, ayam, jagung, ubi dan kebutuhan pokok lainnnya maka kegiatan tersebut sudah bisa dikategorikan sebagai konsumsi rumah tangga.

Terlebih seorang ibu rumah tangga yang belanja di pasar, membeli berbagai keperluan keluarga dalam jangka waktu satu minggu misalnya, dan menyimpan bahan-bahan yang dibelinya tersebut di kulkas untuk dikonsumsi sehari-hari


Membeli dan memakai pakaian

Kebutuhan pokok kedua adalah sandang, yaitu segala sesuatu yang dipakai oleh manusia untuk menutupi tubuhnya.

Tentu saja pakaian menjadi salah satu kebutuhan dasar karena manusia membutuhkan alat perlindungan dari paparan sinar matahari, dan juga menjaga diri dari serangan fisik.

Disini kita harus membedakan antara kebutuhan mengenakan pakaian dan keinginan untuk membeli pakaian yang bermerek.

Karena pada dasarnya manusia hanya membutuhkan pakaian untuk sebatas menutup dirinya. Adapun untuk keinginan membeli pakaian branded itu merupakan suatu keinginan bukan kebutuhan


Membeli dan rental kendaraan

Salah satu konsumsi yang paling sering kita habiskan adalah untuk kegiatan transportasi atau mobilitas. Karena Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi satu sama lain, maka dibutuhkan alat kendaraan yang mempermudah kita untuk saling mengunjungi satu sama lain.

Baik itu seperti mobil, sepeda, sepeda motor, bus, kapal, pesawat dan sebagainya. Membeli barang-barang otomotif seperti itu untuk keperluan sehari-hari bisa dikategorikan sebagai konsumsi rumah tangga. Apalagi dipakai untuk kepentingan bersama


Membeli atau Sewa rumah hunian

Rumah menjadi kebutuhan dasar manusia saat ini. Termasuk ke dalam tiga kategori kebutuhan pokok yaitu Papan, dimana keberadaannya sangat vital untuk melindungi diri dan keluarga dari berbagai hal di luar.

Membeli atau menyewa rumah menjadi salah satu konsumsi rumah tangga yang mau tidak mau harus dikeluarkan.

Karena sebagai manusia modern, sobat kosngoꜱan pastinya membutuhkan tempat berlindung yang nyaman. Berbeda halnya dengan manusia zaman dahulu yang hidup di dalam gua dan tidak mengeluarkan uang untuk keperluan tempat tinggalnya


Beli beras untuk kebutuhan

Sebagai salah satu kebutuhan pokok masyarakat di Indonesia, beras sudah menjadi makanan pokok yang tidak bisa dipisahkan dari lidah kita. Ada anggapan bahwa orang Indonesia tidak menganggap makan kalau tidak makan nasi

Dan itu memang benar karena datang membuktikan konsumsi beras di Indonesia sangat tinggi. Dan kebanyakan dari keluarga juga mengkonsumsi beras yang dimasak menjadi nasi untuk memenuhi energi mereka sehari-hari


Top Up Saldo Ewallet Aplikasi online untuk Belanja

Hal ini seperti ketika sobat kosngosan akan menghabiskan nilai guna dari saldo yang kita top up secara rutin setiap jangka waktu tertentu untuk akhirnya dapat diuangkan secara non-tunai melalui e-money.

Sekarang ini memang perkembangan teknologi informasi semakin canggih dan membuat masyarakat bisa melakukan konsumsi secara online salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi seperti GoFood, GrabFood dan sebagainya.


Membeli buku pelajaran untuk sekolah anak

Yang namanya konsumsi rumah tangga tidak melulu mengenai kebutuhan terhadap fisik ataupun makanan. Tetapi juga konsumsi terhadap kebutuhan ilmu dan bakat dari anak-anak kita.

Karena dengan mengeluarkan konsumsi seperti ini sebenarnya kita telah berinvestasi jangka panjang terhadap karir sang anak.

Orang tua biasanya melakukan konsumsi atau mengeluarkan biaya untuk membeli buku pelajaran demi kepentingan sekolah anak-anak mereka


Membayar PDAM untuk keperluan Air sehari-hari

Kebutuhan keluarga di perkotaan memang berbeda dengan kebutuhan keluarga yang ada di pedesaan. Salah satunya adalah kebutuhan mengenai konsumsi air.

Kalau di pedesaan kita bisa mendapatkan air secara gratis dari sumur yang masih jernih dan layak untuk diminum.

Sementara di perkotaan yang tidak memungkinkan lagi maka orang-orang di sana harus mengeluarkan uang untuk mengkonsumsi biaya air dengan membayar sejumlah uang kepada perusahaan penyedia air setiap bulannya. Dan ini merupakan salah satu konsumsi rumah tangga yang yang biasa dikeluarkan


Membayar biaya WIFI untuk keperluan internet

Zaman sekarang orang-orang bekerja secara online dengan memanfaatkan jaringan internet. Oleh karena itu kebutuhan akan paket data tidak terelakan.

Salah satu cara untuk mendapatkan layanan internet yang berkualitas adalah dengan memasang jaringan wi-fi di rumah

Dan kita akan mengeluarkan konsumsi untuk biaya pemasangan wi-fi tersebut setiap bulannya dengan bervariasi sesuai dengan kecepatan dan paket yang sobat kosńgosan ambil.


Membayar token PLN

Sama dengan kebutuhan akan air, manusia modern saat ini juga membutuhkan listrik sebagai salah satu tenaga yang yang menghidupkan seluruh peralatan elektronik yang ada di rumah. Tanpa listrik kita tidak bisa melakukan apa-apa pada saat malam hari.

Ketergantungan manusia terhadap listrik saat ini memang menjadi suatu kebutuhan pokok yang tidak terelakkan lagi.

Dan oleh karena itu kita biasanya mengkonsumsi listrik dengan membayar token atau biaya bulanan ke perusahaan listrik negara atau PLN


Konsumsi Bahan bakar minyak (BBM)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di atas bahwa manusia modern membutuhkan alat transportasi untuk mobilitasnya bepergian kemana-mana.

Dengan alat transportasi seperti sepeda motor dan mobil, maka kita membutuhkan juga yang namanya bahan bakar minyak sesuai dengan jenis kendaraan masing masing.

Dan ini termasuk dalam konsumsi rumah tangga yang cukup menyita budget bulanann lho. Jadi harus kamu hitung benar benar.


Beli Gas LPG untuk Memasak

Gas elpiji bagi masyarakat Indonesia merupakan kebutuhan untuk memasak. Beberapa tahun silam kita memang menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakar untuk kompor.

Namun seiring langkanya minyak tanah, pemerintah kemudian membuat regulasi untuk penggunaan gas elpiji dalam kehidupan sehari-hari. Untuk saat ini jenis gas elpiji yang masih di subsidi oleh pemerintah adalah yang 3 kg


Membeli Produk elektronik televisi, setrika, blender dan lainnya

Ketika kita sudah mengeluarkan uang untuk membeli token listrik, maka itu semua diperuntukkan untuk menghidupkan barang-barang elektronik yang kita pakai sehari-hari di dalam rumah.

Manusia modern memang membutuhkan produk elektronik untuk mempermudah kehidupan mereka seperti kulkas, televisi, smartphone, dispenser, penanak nasi, AC, Kipas angin, lampu, laptop dan sebagainya.


Konsumsi multivitamin tertentu

Tidak hanya kebutuhan makan untuk memenuhi energi, tetapi sobat koꜱngosan sebagai kaum yang mengutamakan kesehatan, sekarang juga membutuhkan asupan vitamin untuk menjaga kebugaran tubuh.

Apalagi bagi kaum Urban yang memang memiliki kesibukan sehari-hari, selain makanan pokok yang mengandung karbohidrat, kita juga membutuhkan gizi dari berbagai lauk, sayuran, buah buahan dan juga suplemen


Konsumsi pulsa dan paket data

Pulsa dan paket data merupakan kebutuhan masyarakat modern saat ini. Apalagi buat kamu yang berkutat dengan dunia internet.

Membeli pulsa dan paket data untuk keperluan akses jaringan internet baik itu dari smartphone, tablet atau komputer merupakan salah satu jenis konsumsi rumah tangga.

Biasanya kita menghabiskan 50 ribu hingga ratusan ribu rupiah demi membeli pulsa dan kebutuhan paket internet bulanan. Belum lagi buat kalian yang pakai wifi di rumah.


Konsumsi perlengkapan mandi

Untuk kebutuhan pembersihan badan, manusia modern memerlukan yang namanya perlengkapan mandi, seperti shampoo, sabun, gosok gigi, odol, sabun cuci muka, pelembab, dan sebagainya.

Membeli barang-barang tersebut sudah pasti kita lakukan secara berkala Dan itu menjadi salah satu dari konsumsi rumah tangga untuk tiap bulannya


Membeli perlengkapan dapur

Untuk mendukung dan mempermudah proses memasak dan menghasilkan makanan sehari-hari di dalam rumah untuk kebutuhan makan keluarga, maka dibeli lah berbagai perlengkapan dapur seperti panci, pisau, sendok, wajan, tatakan, dan lainnya.

Selain alat dapur juga dibutuhkan berbagai bahan dan bumbu masakan yang menjadi pelengkap rasa dari makanan. Biasanya kaum hawa akan lebih mengerti soal kebutuhan dapur ini


Membeli perabotan rumah tangga

Kebutuhan terhadap perabotan rumah tangga memang menjadi salah satu kepentingan bagi masyarakat modern saat ini.

Ketika sobat kosngosan sudah memiliki rumah maka akan aneh rasanya apabila tidak diisi dengan perabotan seperti meja, bangku, lukisan, lemari, tempat tidur, dan sebagainya.

Membeli perabotan rumah tangga ini memang sifatnya jangka panjang, jadi biasanya hanya sekali beli (kalau tidak cepat rusak).


Membeli perlengkapan untuk anak

Kebutuhan akan hiburan atau entertainment juga menjadi salah satu keperluan yang dikeluarkan oleh masyarakat modern.

Bagi orang tua yang memiliki anak tentu saja membeli mainan untuk perkembangan kognitif dan afektif dari anak cukup penting untuk dilakukan.

Membeli mainan seperti robot robotan, mobil mobilan, action figure, hot wheels dan sebagainya akan sering dilakukan oleh orang tua dan ini menjadi salah satu konsumsi rumah tangga yang dikategorikan sebagai suatu keinginan.


Membeli air minum kemasan atau galon air

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kebutuhan masyarakat perkotaan berbeda dengan kebutuhan yang ada pada masyarakat pedesaan.

Kalau masyarakat di desa bisa meminum air yang yang dimasak dari sumur masing-masing, maka masyarakat di perkotaan harus membeli air minum dalam kemasan atau galon setiap beberapa hari sekali.

Karena akses terhadap air bersih secara gratis di perkotaan hampir dikatakan nihil. Dengan membeli air minum dalam kemasan secara rutin maka ini juga bisa dikategorikan sebagai suatu jenis konsumsi rumah tangga

Baca juga : Pekerjaan yang Menghasilkan Barang dan Jasa


Kesimpulan

Yang namanya konsumsi rumah tangga adalah seberapa banyak pengeluaran yang dikeluarkan oleh satuan rumah tangga untuk berbagai kebutuhannya dalam satu kurun waktu tertentu.

Jadi konsumsi rumah tangga akan berbeda satu sama lain, yang diakibatkan oleh berbagai faktor. Semoga beberapa contoh dari konsumsi rumah tangga dari kosngosan di atas bisa menambah pengetahuan

Dan bisa menjadi referensi buat kamu yang sedang mencari materi terkait dengan konsumsi rumah tangga ingin. Apabila merasa bermanfaat silahkan tekan tombol share di bawah dan bagikan ke teman-teman yang ada di media sosial. Trims

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya