11 Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi Pelajar Sekolah

Apa yang dimaksud dengan kesehatan mental? Mental Health adalah suatu kondisi rohani atau bathiniyah yang dimiliki seseorang dalam keadaan tenang dan tentram untuk menikmati hidup. Yang namanya kesehatan mental berbeda dengan kesehatan fisik. Karena kesehatan mental dipengaruhi oleh aspek psikologis dan pikiran dari dalam tubuh.

Banyak orang yang menyepelekan kesehatan mental dan lebih fokus untuk menjaga kesehatan fisik. Padahal sebenarnya, kedua jenis kesehatan ini sangat penting untuk dijaga demi menggali potensi maksimal dari dalam diri sendiri.

Bagi seorang pelajar penting sekali untuk menjaga kesehatan mental supaya bisa mengikuti proses belajar mengajar di sekolah dengan baik dan menjadi murid yang berprestasi. kita pasti pernah melihat kejadian di mana pelajar melakukan kenakalan remaja dan bahkan bunuh diri karena mengalami stres atau depresi.


Tips Menjaga Mental Health


kesehatan mental pelajar

Banyak sekali faktor yang menyebabkan terganggunya kesehatan mental. dan Pada kesempatan kali ini mimin kosngosan akan mencoba membahas mengenai beberapa tips sederhana untuk menjaga kesehatan mental bagi pelajar sekolah supaya tetap bisa berprestasi dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Berikut ini beberapa tips yang bisa kosngosan berikan kepada kalian untuk menjaga mental health, check these out!


1. Manajemen Waktu yang Optimal


Seorang pelajar membutuhkan ilmu manajemen waktu supaya dia bisa membagi antara waktu belajar dengan aktivitas lainnya. Banyak orang yang kebingungan dalam membagi waktu mereka antara cara belajar, mengerjakan tugas, bermain, istirahat dan berinteraksi sosial.

Tidak jarang mereka mengalami depresi dan merasa kesehatan mental yang terganggu ketika manajemen tersebut tidak berjalan dengan baik. Jadi manajemen waktu adalah yang paling penting untuk menjaga kesehatan mental


2. Menjaga Lingkungan Pergaulan


Tahukah kamu bahwa lingkungan pergaulan sangat penting untuk kesuksesan karir mu di kemudian hari? Ketika kamu berteman dengan orang-orang nakal maka kamu juga ikutan nakal. Begitu juga sebaliknya maka kesehatan mental sangat berpengaruh terhadap lingkungan pergaulan sehari-hari.

Carilah lingkungan yang sehat dan positif serta mendukungmu apa adanya. Jangan berkutat dengan lingkungan yang menjadikanmu sebagai sampah masyarakat. Orang-orang yang mengalami broken home, harus mendapatkan dukungan dari teman yang tepat supaya tidak terjerumus dalam lubang hitam pergaulan


3. Mengerjakan Tugas Tepat Waktu


Banyak sekali pelajar sekolah yang tidak bisa mengerjakan tugas mereka dengan tepat waktu karena sering menunda-nunda. kamu harus bisa mengerjakan tugas beberapa hari sebelum deadline yang diberikan oleh guru

Sehingga sobat kosngosan bisa punya waktu yang cukup untuk istirahat dan bisa menghindari kamu mu terhadap gangguan kesehatan mental. Jangan menggunakan SKS (Sistem Kebut Semalam) karena hanya akan mengurangi waktu tidurmu


4. Berlaku Disiplin


Orang-orang yang disiplin adalah mereka yang mengerjakan segala sesuatu sesuai dengan perencanaan. ketika kamu mu menerapkan prinsip disiplin di sekolah, rumah dan kehidupan sehari-hari maka kamu sudah bisa meminimalisir dirimu dari gangguan kesehatan mental.

Disiplin juga berarti mematuhi seluruh aturan yang telah ditetapkan sekolah. Datang tepat waktu dan tidak melakukan kenakalan remaja yang bisa merusak citra baik sekolah dan keluarga.


5. Membuat Jadwal Kegiatan Rutin


Orang-orang sukses mereka selalu membuat jadwal kegiatan baik itu secara jangka pendek ataupun jangka panjang mengenai apa saja yang mereka akan lakukan di kemudian hari. Hal ini sangat penting untuk memberikan kamu tujuan hidup yang jelas.

Karena gangguan kesehatan mental bisa juga diakibatkan karena ketidakmampuan dalam menyusun rencana hidup. Orang orang yang punya planning tentang bagaimana dia akan mencapai kesukesan, akan lebih menikmati hidupnya dibanding orang yang tidak punya planning sama sekali


6. Curhat kepada Orang yang Tepat


Sebagai seorang makhluk sosial kamu memang membutuhkan peran dan dukungan dari orang lain. Oleh karena itu melakukan curhat atau berkeluh kesah kepada seseorang yang tepat menjadi pilihan yang sangat jitu dalam menghindari terjadinya gangguan kesehatan mental.

Hanya saja kamu perlu memilih teman yang tepat yang benar-benar mengerti kamu dan bisa memberikan dukungan secara positif. Jangan pilih teman yang "bocor" atau "palsu". Disinilah pentingnya untuk selektif dalam memilih pertemanan


7. Rajin Beribadah


Kegiatan beribadah untuk umat beragama di Indonesia memang menjadi salah satu solusi paling efektif untuk menenangkan hati. Terlebih bagi pelajar yang saat ini masih dalam kondisi labil, kamu bisa melakukan seperti beribadah menurut agama masing masing

Hal ini bisa menenangkan diri dan juga meredakan stres serta depresi. Sobat kosngosan dapat pergi ke masjid untuk mengikuti kajian, atau ibadah minggu ke gereja, atau tempat ibadah lainnya sesuai kepercayaan masing masing


8. Menjaga Pola Hidup Sehat


Sebenarnya pola hidup sehat tidak hanya berakibat baik terhadap kesehatan fisik atau jasmani tetapi juga akan berefek secara langsung terhadap kesehatan mental atau rohani mu. Pola hidup sehat di sini bisa berarti menjaga asupan makanan dan juga melakukan olahraga rutin. Karena kesehatan mental akan dipengaruhi oleh kesehatan fisik, dan kesehatan itu secara umum dipengaruhi oleh pola hidup sehari hari kita


9. Merencanakan Liburan


Salah satu kegiatan yang bisa menjaga kesehatan mental adalah dengan melakukan liburan. Namun kamu juga tidak bisa sembarangan melakukan liburan. kamu harus memilih momen yang tepat dan juga Bersama siapa kamu akan liburan dan menghabiskan quality time bersama. Pilih destinasi liburan yang menarik bagimu, seperti pantai atau gunung. Rencanakan liburanmu dengan matang bersama teman teman mu. Jangan lupa sediakan juga budget untuk liburan nya ya.


10. Menjaga Waktu Istirahat


Sebagai makhluk hidup yang juga membutuhkan istirahat serta regenarasi sel, Kita juga harus menjaga waktu tidur dengan baik. Kebiasaan begadang harus dihindari mulai dari sekarang. Selain itu sobat kosngosan juga harus bisa tidur siang minimal satu jam setiap hari untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima. Waktu istirahat yang cukup akan mendukung suasana hati dan pikiran supaya tetap fresh dan positif.


11. Konsultasi di HaloDoc


aplikasi halodoc

Saat ini kita hidup di era digital dimana layanan kesehatan sudah berkembang pesat. Ketika kamu sudah merasa bahwa kesehatan mental mulai terganggu, maka kamu bisa langsung menginstal dan membuka aplikasi HaloDoc di Android atau iPhone milikmu.

Aplikasi HaloDoc merupakan salah satu platform layanan kesehatan, di mana kamu bisa memanfaatkan informasi seputar kesehatan, obat dan vitamin, cari rumah sakit, bertanya kepada dokter hingga pesan dokter secara online dengan hanya menggunakan perangkat laptop atau smartphone Android atau iPhone milikmu. Fitur yang disediakan sangat lengkap, dan sobat kosngosan bisa memanfaatkannya secara GRATIS. Tinggal daftarkan dirimu untuk membuat akun baru dan mulailah berkonsultasi masalah Kesehatan Mental bersama para pakar disana!


Kata Penutup


Kesehatan mental menjadi salah satu aspek yang penting bagi pendidikan nasional. Karena menciptakan Insan pendidikan tidak cukup dengan hanya menjadi pintar saja tetapi juga harus sehat secara jasmani dan rohani.

Oleh karena itu dengan menerapkan beberapa tips yang kosngosan bagikan diatas, Semoga saja bisa membantu teman-teman sekalian. Demikian pembahasan kita kali ini jangan lupa untuk membagikan url postingan ini ke teman-temanmu yang ada di media sosial. Terima kasih sudah berkunjung
By

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads