5 Cara Membedakan Spare Part Toyota Asli atau Palsu

Bagaimana tips memilih aksesoris dan perlengkapan untuk mobil toyota yang berkualitas? Tingginya penjualan mobil di Indonesia ternyata membuat beberapa oknum memanfaatkannya untuk menghadirkan spare part palsu, terutama untuk pabrikan Toyota.

Jika tidak membeli secara teliti, tentu hal ini bisa membuat kamu merugi. Bukan hanya rugi soal uang serta kualitas yang buruk, memberi spare part Toyota palsu juga dapat membahayakan ketika berkendara. Supaya dapat terhindar dari penipuan tersebut, ada baiknya untuk mengetahui cara membedakan mana spare part yang asli dan mana yang palsu.

Kamu tidak boleh apatis dengan hal ini. Walaupun terdengar sepele, namun dampak yang diakibatkan bisa berakibat fatal, karena menyangkut keselamatan pengendara. Walaupun para pemalsu tersebut menawarkan harga yang murah, seharusnya kamu curiga dengan kualitasnya. Karena yang namanya produk tiruan, tidak mungkin sebagus yang asli, bukan?


Tips Memilih Spare Part Toyota


spare part toyota

Untungnya kali ini kosngosan akan memberikan beberapa tips yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai panduan dalam berbelanja spare part mobil, khususnya untuk pabrikan toyota. Karena seperti yang kita ketahui, pabrikan ini sangat populer di Indonesia.

Berikut cara membedakan spare part mobil menurut kosngosan :


1. Periksa kode dan nomor serinya


Langkah pertama yang perlu kamu lakukan guna membedakan mana spare part palsu dan asli adalah dengan memeriksa nomor seri serta kode yang ada. Pada setiap jenis barang yang dijual di berbagai bengkel resmi tentu memiliki nomor seri tertentu. Dan setiap nomor seri yang ada pada suatu barang dapat terdaftar pada katalog resmi.

Namun, yang perlu kamu ingat adalah tidak berarti jika barang palsu tidak memiliki nomor seri. Yang membedakan nomor seri pada spare part mobil Toyota yang asli dan palsu adalah pada spare part Toyota yang palsu umumnya nomor serinya lebih mudah hilang.


2. Periksa kondisi kemasannya


Setelah kamu memeriksa nomor seri yang tercantum pada spare part, maka hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah memeriksa kondisi kemasan.

Jika kamu jeli, kondisi kemasan spare part Toyota memiliki perbedaan antara yang asli dan yang palsu. Untuk yang asli kemasan kardusnya cukul tebal dan permukaannya pun lebih halus. Selain itu warna dari kardus kemasannya memiliki warna yang terang.

Bukan hanya itu, umumnya spare part mobil biasanya terdapat hologram pada kemasan. Jika ingin memeriksa asli atau palsu dari segi kemasan kamu juga perlu memastikan bahwa label stiker pada spare part yang palsu mudah terlepas serta logonya pun tidak jelas sedangkan yang asli kebalikannya.


3. Cek apakah kondisi fisik dan spesifikasi barang sesuai


Ketika hendak membeli spare part mobil Toyota, kamu perlu memeriksa spesifikasi serta kondisi fisik dari spare part itu sendiri. Untuk spare part yang palsu umumnya terdapat kecacatan dalam produknya seperti barangnya tidak tampak rapi.

Selain kondisi fisik, spesifikasi pun perlu kamu periksa. Kamu bisa melihat terlebih dahulu spesifikasinya melalui internet. Pada produk yang palsu bahan yang digunakan tentu berbeda dengan yang asli. Misalnya jika spare part yang asli menggunakan bahan baja, umumnya produk yang palsu akan menggunakan besi biasa sebagai bahannya.


4. Jangan lupa garansi


Garansi adalah hal yang perlu dipertimbangkan sebelum kamu membeli spare part. Pasalnya, umumnya spare part Toyota yang asli memiliki garansi yang cukup panjang. Apalagi, garansi tersebut biasanya diberikan oleh pihak produsen sedari awal

Apabila membeli  sparepart yang palsu, biasanya garansi yang diberikan berasal dari toko dan cukup jarang pula spare part palsu yang bergaransi. Oleh karena itu kamu pastinya tidak ingin bila spare part yang kamu beli suatu waktu rusak, dan kamu tidak bisa klaim garansinya, bukan? Jadi teliti sebelum membeli


5. Harga yang masuk akal


Harga pun dapat menjadi pembeda antara spare part yang asli dan palsu. Spare part Toyota yang asli memiliki harga yang lebih tinggi dari yang palsu. Sebelum membeli pastikan untuk mengetahui harga pasaran terlebih dahulu.

Itulah sebabnya jangan mudah tergiur dengan harga yang lebih murah, apalagi harganya tersebut jauh dibawah harga pasaran yang seharusnya. Karena harga yang berbeda ini bisa menjadi ciri bahwa barang tersebut adalah palsu itu sebabnya dijual dengan harga yang lebih rendah. Jadi, kamu harus punya prinsip bahwa "ada harga ada kualitas", sehingga membeli spare part dengan harga yang lebih mahal sedikit akan lebih baik karena terjamin kualitasnya dibanding yang abal-abal.


Kata Penutup


Itulah beberapa cara untuk membedakan spare part asli dan palsu. Belilah spare part mobil Toyota di tempat resmi atau terpercaya. Kamu dapat membelinya di Auto200 yang merupakan dealer mobil Toyota terbesar yang ada di Indonesia. Cek sekarang juga di auto2000.co.id.

Demikian semoga membantu teman teman yang sering bingung hendak mencari spare part untuk kendaraannya. Kamu bisa membagikan informasi ini ke teman teman di media sosialmu, dengan cara klik tombol share dibawah, supaya mereka juga mengetahui tips nya dan terhindar dari kerugian akibat membeli yang palsu. Terimakasih sudah berkunjung!
By

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads