Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Menata Rambut bagi Anak Sekolah

Bagi anak sekolah, menjaga penampilan terutama rambut menjadi sangat penting. Apalagi buat siswi atau pelajar cewek, yang memang kerap kali selalu membawa perlengkapan kecantikan ketika di sekolah sekalipun. Bagaimana tips menata rambut yang baik dan benar bagi anak sekolah?

Nah kali, ini kita akan membahas mengenai hal tersebut. Walaupun sebenarnya tips ini lebih dominan kepada kaum hawa, namun tidak menutup kemungkinan para kaum Adam atau cowok-cowok juga bisa menerapkan tips sederhana di bawah ini.

Menata rambut memang terlihat simple. Namun nyatanya sangat banyak yang kesulitan untuk mengatur tampilan rambutnya supaya terlihat rapi dan enak untuk dipandang. Apalagi ketika kamu pergi ke sekolah, sebenarnya tidak hanya kerapian seragam dan perlengkapan formalitas saja yang harus kamu ikuti, tetapi juga kerapian rambut

Hal ini berlaku juga bagi kalian yang memakai jilbab. Walaupun rambut kalian tidak nampak, namun menata rambut dengan baik juga harus dilakukan supaya rambut kalian tidak nampak berantakan dan awut awutan.


Menata Rambut ke Sekolah


tips menata rambut

Baiklah mimin kosngosan akan membahas poin-poin mengenai langkah apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengatur dan menata rambut supaya terlihat lebih rapi ketika berangkat ke sekolah. Penasaran? Le'ts Check these out!


1. Mencari tahu jenis rambutmu


Jenis rambut setiap orang tentunya berbeda-beda, begitu juga dengan perlakuan terhadap model dan gaya rambutnya. Apabila kamu memiliki jenis rambut yang halus dan mudah dibentuk, tidak terlalu pendek sebahu, bisa menerapkan berbagai gaya sanggul dengan mengepang menggunakan aksesoris sederhana.

Apabila kamu memiliki rambut panjang, yang bisa menerapkan gaya sanggul dengan gaya UPDO yang menggunakan aksesoris "Donut Bun". Upayakan jangan sampai rambutmu terurai dan membuat aktivitas di sekolah terganggu.


2. Hindari menata rambut dalam kondisi basah atau kering


Hal ini sering sekali dilakukan oleh kalian yang sedang terburu-buru berangkat ke sekolah dan mengabaikan bahwa rambut yang basah atau kering tidak bagus untuk di tata. Padahal faktanya ketika rambut dalam kondisi basah disitulah akar rambut mudah rontok. Begitu juga dengan kondisi kering, di mana rambut akan susah sekali untuk diatur

Jadi pada saat yang tepat ketika menata rambut adalah dalam kondisi setengah kering. Kamu bisa melakukan kegiatan lain sembari menunggu rambutmu setengah kering seperti misalnya sarapan pagi, mempersiapkan bekal, mengecek peralatan sekolah, dan sebagianya.


3. Menata bagian poni rambut terlebih dahulu


Apabila rambutmu memiliki poni yang cukup panjang, maka menata bagian depan ini terlebih dahulu lebih disarankan. Karena untuk menata poni rambut terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan bagian lainnya

Dalam mengatur poni juga kamu harus melihat jenis ponimu seperti apa. Misalnya ketika kamu memiliki poni yang cukup luas, kamu bisa me-roll-nya. Atau buat kamu yang memiliki poni lempar, cukup menyisirnya ke bagian samping. Pastikan dahi-mu proporsional ya, jangan sampai jenong, kan lucu nantinya


4. Menambah aksesoris rambut


Apakah di sekolahmu tidak ada larangan dalam menggunakan aksesoris untuk rambut? Menurut mimin kosngosan, sekolah mungkin tidak akan melarang penggunaan aksesoris polos selama tidak termasuk kedalam kategori yang ramai dan norak.

Kamu bisa menambahkan bendo atau jepitan rambut untuk menjaga supaya rambutmu tetap rapi dan tidak berceceran. Kamu bisa membeli aksesoris rambut ini di beberapa toko online. Tidak menutup kemungkinan juga kamu bisa membuka bisnis jual beli aksesoris rambut ini.


5. Menggunakan Hair Spray


Mungkin akan terlihat aneh dan repot ketika membawa hairspray ke sekolah. Namun kamu bisa mengakalinya dengan menitipkan hair spray ke ibu kantin, jadi ketika waktu jamkos tiba, kamu bisa langsung ke ke kantin untuk menyemprotkan hair spray ke bagian rambut secara merata, supaya tetap rapi seperti yang di awal. Tentu saja kamu harus izin dulu kepada ibu kantin dan bisa menggunakan hairspray ini secara bersama-sama dengan temanmu


6. Khusus pengguna hijab


Nah, buat kamu yang menggunakan hijab atau penutup kepala dan tidak menampakan rambutmu ke sekolah, kamu wajib mengikat rambut mu menggunakan ikat rambut yang berkualitas baik dan tidak terlalu kecil

Saran kami jangan mengikat rambut terlalu kencang. Karena lebih baik kamu membiarkan rambutmu dengan model ponytail supaya bisa lebih lega dan tidak terlalu panas. Kemudian tutupi rambut dengan ciput atau anak jilbab.


7. Menggunakan pengering rambut yang baik


tips memilih hair dyer

Bagi sebagian orang hair dryer menjadi salah satu alat yang wajib untuk merawat rambut. Prinsip kerja dari alat ini adalah dengan mengalirkan temperatur panas di lubang output sehingga udara panas berhasil dikeluarkan dan mengeringkan rambut yang basah setelah di keramas.

Buat kamu yang memang membutuhkan hair dryer sebagai penggunaan sehari-hari, jangan sampai salah memilih Karena ada banyak sekali hair dryer abal-abal yang justru dapat merusak permukaan rambutmu. Apabila kamu ingin melihat beberapa rekomendasi pengering rambut yang berkualitas menurut kami, maka kamu bisa membaca beberapa list produk saran Pengering Rambut dari klien kami yang sudah berpengalaman dalam memilih produk pengering rambut untuk kalian.


Kata Penutup


Menata rambut yang baik dan benar tentunya harus kita lakukan apabila ingin memiliki penampilan yang rapi dan enak dipandang. Terlebih buat kalian yang masih berstatus sebagai anak sekolah, walaupun penampilan bukanlah hal yang utama namun ini menjadi salah satu cara kita untuk menjaga kedisiplinan supaya tampil formal dan rapi

Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan, dan telah membahas bersama mengenai tips menata rambut seperti yang sudah disampaikan di atas. Buat teman-teman yang ingin membagikan artikel ini silahkan share ke media sosial teman-temanmu juga ya
Oleh rezaharahap