-->

5 Kesalahan Modifikasi Mobil yang Harus Dihindari

Bagaimana tips untuk memodifikasi mobil yang aman? Seperti yang kita ketahui saat ini banyak sekali pemilik kendaraan yang ingin melakukan kustomisasi terhadap mobil milik mereka. Namun tidak sedikit yang mengalami kerusakan akibat penanganan yang tidak sesuai dengan SOP yang sebenarnya.

Hal tersebut karena modifikasi mobil bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Ada banyak persiapan dan rancangan yang harus dilakukan. Waktu, tenaga dan biaya yang digunakan pun tidak sedikit jumlahnya.

Umumnya yang suka melakukan modifikasi adalah mereka yang memang punya passion atau ketertarikan pada seni modifikasi. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, termasuk beberapa hal yang harus dihindari dalam modifikasi. Tujuannya jelas, agar hasil modifikasi tidak terlihat norak dan tidak bagus.


Tips Modifikasi Mobil


kesalahan modifikasi mobil

Bagi sobat kosngosan yang saat ini ingin memodifikasi mobill menjadi lebih menarik dan ekstrem, ada baiknya menghindari beberapa hal, karena selain bisa mempercepat kerusakan pada kendaraan, kamu juga akan mengalami kerugian dan bisa mengeluarkan biaya lebih untuk perawatan. Lalu kesalahan apa saja itu? Silahkan simak beberapa dibawah ini :


1. Modifikasi mobil yang terlalu berlebihan


Dalam melakukan modifikasi keinginan setiap orang biasanya cukup banyak. Ingin melakukan ini dan itu. Namun, kadangkala hal tersebut tidak dipertimbangan dengan baik dan lalai dalam memikirkan keselamatan sendiri.

Misalnya saja memodifikasi mobil menjadi ceper dengan ukuran yang lebih pendek dari ukuran sebenarnya. Dilihat dari tampilan mungkin akan menarik, tapi dari segi keamanan cukup membahayakan keselamatan penumpangnya. Penumpang yang ada di dalamnya tidak akan bebas atau leluasa bergerak dan tidak nyaman.

Contoh lain adalah dengan mengganti ban menjadi lebih kecil yang justru bisa membahayakan nyawa sendiri dan orang lain. Pun jika mengganti dengan ban yang lebih besar, juga akan membahayakan. Sesuaikan semuanya dengan stkamurt keamanan.


2. Mengganti lampu dengan yang tidak biasa


Niat hati ingin modifikasi mobil dengan lampu yang berwarna-warni, tapi yang demikian akan mendatangkan berbagai masalah. Mendapat tilang misalnya. Wajar saja apabila ingin mengubah lampu mobil menjadi lebih unik dan menarik.

Namun, semuanya harus dilakukan sesuai dengan aturan. Ada beberapa lampu yang memang dilarang di dalam penggunaannya dan telah di atur dalam undang-undang. Misalnya lampu stkamurt adalah lampu kuning atau putih. Sekilas mengganti lampu adalah masalah yang sepele, tapi jika salah akan membahayakn banyak orang.


3. Modifikasi mobil dengan knalpot racing


Pernah melihat atau mendengar suara knalpot yang berdesing dan garang di jalan? Inilah knalpot racing yang dikalangan anak muda masih sangat digemari. Knalpot jenis ini memang membuat mobil terlihat lebih bergaya, garang dan anak muda banget. Namun, suaranya yang bising justru mengganggu ketenangan banyak orang.

Penggunaan knalpot jenis racing tentu sangat dilarang oleh undang-undang lalu lintas di mana ini akan mengganggu pengendara lain dan apabila kamu memasuki daerah perumahan misalnya maka akan dapat mengganggu masyarakat di sekitar. bahkan ketika kamu bertemu dengan polisi lalu lintas maka harus bersiap-siap kena razia. Jadi sebisa mungkin hindari penggunaan knalpot ini.


4. Hindari penggunaan klakson telolet


Tidak hanya knalpot yang jadi perhatian. Penggunaan klakson juga wajib untuk diperhatikan. Anak muda sekarang kebanyakan memang ingin terlihat alay dan menarik di mata banyak orang. Hingga banyak dari mereka yang melakukan modifikasi mobil mengganti klakson dengan klakson telolet. Padahal penggunaannya sangat menganggu pengendara lain karena suaranya yang berisik.

Selain itu kamu juga harus menghindari penggunaan jenis klakson seperti ini karena menimbulkan ke bisingan dan rasa tidak nyaman oleh warga sekitar. Bahkan kalau sudah dianggap melanggar aturan polisi lalu lintas dilaksanakan untuk melakukan razia


5. Warna mobil yang mencolok


Tidak mengapa apabila ingin membuat mobil terkesan berwarna dan menarik. Mengganti cat lama mobil juga boleh saja dilakukan. Namun, yang harus jadi perhatian adalah hindari penggunaan warna yang mencolok. Sebab, bukannya menjadikan mobil menarik, tapi malah terlihat norak.

Apabila kamu ingin mendapatkan banyak ide untuk modifikasi mobil, ada baiknya jika Kamu berkunjung ke portal Otoloka.id yang khusus membahas tentang dunia otomotif dan seluk beluknya. Portal ini memang istimewa karena banyaknya informasi yang dibahas. Salah satunya adalah tentang modifikasi berbagai jenis mobil.

Ide menarik bisa kamu dapatkan dengan mudah di sana. Review berbagai macam mobil dan motor. Bahkan tips memodifikasi akan sangat membantu Kamu dalam melakukan modifikasi. Jadi tunggu apalagi segera kunjungi Otoloka.id dan dapatkan banyak informasi di sana.


Kata Penutup


Memodifikasi kendaraan memang memiliki kepuasan tersendiri bagi pemilik. Namun kamu juga harus memperhatikan beberapa hal yang sudah kami jelaskan di atas supaya nantinya selain tampilan custom yang didapat juga kendaraanmu tidak akan mengalami kerusakan

Semoga saja beberapa informasi diatas bisa bermanfaat buat teman-teman yang saat ini sedang memiliki kendaraan dan ingin melakukan modifikasi. Sebagai bentuk kontribusi kalian jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-temanmu yang lain juga ya
By