Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab Sebagai Relationship Officer

Apa saja job description dari posisi relationship officer? Pastinya kalian sering mendengar istilah profesi ini, bukan? Di dalam bidang perbankan, kamu tentunya sudah mengenal posisi relationship officer ini. RO adalah suatu posisi pekerjaan dalam bidang perbankan yang bertanggung jawab langsung dalam dunia marketing atau pemasaran.

Apabila dilihat lebih dalam, relationship officer mempunyai tugas untuk dapat membangun hubungan yang baik dengan nasabah bank

Posisi relationship officer juga seringkali dikategorikan dalam marketing officer dan salesman officer. Hal ini bergantung pada bisnis perusahaan serta aktivitas penjualan produk dari perusahaan tersebut.

Misalnya saja pada program relationship officer BCA, posisi relationship officer BCA berperan dalam memastikan bahwa nasabah mendapat solusi keuangan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Hal ini termasuk melakukan analisis kelayakan kredit untuk calon debitur.

Dalam program relationship officer BCA, akan diberi pelatihan kepada para relation officer agar bisa menjalankan peran dengan optimal.


Tugas dan Tanggung Jawab Relationship Officer


tugas tanggung jawab relationship officer

1. Melakukan Analisis Pasar

Relationship officer mempunyai tugas serta tanggung jawab melakukan analisa potensi pasar. Hal ini dilakukan agar dapat mengetahui segmen pasar yang cukup potensial berdasarkan beberapa kategori seperti pendidikan, usia, pekerjaan dan lainnya.


2. Membantu Pekerjaan Sales Marketing

Peran sebagai sales dan marketing juga dimiliki oleh relationship officer. Posisi relationship officer bisa disebut juga sebagai ujung tombak perusahaan, dimana tugasnya membantu posisi sales dan marketing untuk mencapai target penjualan tertentu.


3. Penghubung Perusahaan dan Nasabah

Relationship officer berperan sebagai jembatan antara perusahaan dan nasabah, sehingga selalu menjalin hubungan yang baik.

Dalam hal ini, posisi relationship officer juga menjadi perwakilan apabila ada komunikasi yang terhambat antara kedua pihak.


4. Pengenalan Produk

Tak berbeda dengan marketing officer, posisi relationship officer juga melakukan pengenalan produk pada konsumen/ nasabah.

Dalam sebuah usaha mengenalkan produk ini, seorang relationship officer memiliki kedudukan yang sama dengan sales maupun marketing officer.


5. Mencapai Target

Relationship officer memiliki target yang ditetapkan oleh perusahaan, sebagai bahan evaluasi pegawai. Target ini umumnya dicapai bersama dengan divisi sales dan marketing officer dalam waktu tertentu.


6. Menganalisis Risiko Bisnis Kredit

Salah satu tanggung jawab yang penting dikuasai seorang relationship officer yaitu mampu menganalisis risiko bisnis kredit. Relationship officer dituntut mampu menganalisa perkreditan seorang nasabah serta risiko bisnis untuk pembayaran kredit selanjutnya.

Maka dari itu penting untuk seorang relationship officer menguasai komputer maupun software, memiliki skill public speaking yang baik, menjaga sikap dan perilakunya, menguasai produk perusahaan serta menganalisa risiko bisnis kredit dengan baik.


7. Menjaga Hubungan Baik dengan Nasabah

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa RO ditunjuk untuk mempertahankan hubungan harmonis antara bank dengan nasabah. Mereka harus bisa menjaga komunikasi yang akrab dengan nasabah, termasuk sigap apabila nasabah menelepon dan membutuhkan nya


Kata Penutup


Nah itu tadi beberapa tugas dan tanggung jawab sebagai relationship officer yang perlu kamu ketahui. Jika tertarik, sobat bisa coba bergabung sebagai relationship officer BCA.

Namun ingat untuk selalu asah skill yang sobat kosngosan miliki untuk bisa menjadi relationship officer yang profesional. Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa untuk share artikel ini ke teman teman mu yang lain ya, semoga bermanfaat!
By