Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21 Contoh Pemberdayaan Masyarakat di Berbagai Bidang

Apa yang dimaksud dengan pemberdayaan? Pemberdayaan atau empowering adalah suatu proses yang terjadi untuk membangun kelompok masyarakat ke kondisi yang lebih baik, dengan bantuan partisipasi masyarakat itu sendiri. Nah dalam kaitanya terhadap masyarakat, proses pemberdayaan bisa diterapkan dengan bantuan teknologi informasi.

Masyarakat sebagai subjek dan tujuan pemberdayaan, harus terbuka dan partisipatif dalam menerima proses tersebut untuk mempermudah mereka dalam memperbaiki kondisinya

Proses pemberdayaan bisa dilakukan di berbagai bidang. Sebagai subjek pemberdayaan, harus ada agen perubahan yang bergerak untuk menginisiasi suatu ide atau gerakan pembaharuan, sehingga pemberdayaan tersebut bisa berlangsung lebih efektif dan efisien


Contoh Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Bidang Penting

contoh pemberdayaan masyarakat

Baiklah kali ini kosngosan.com tidak akan membahas lebih detail lagi mengenai pemberdayaan, tetapi akan lebih fokus untuk memberikan berbagai contoh pemberdayaan di berbagai bidang yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Baca juga : Contoh Mobilitas Sosial


Pemberdayaan Masyarakat Bidang Ekonomi

1. Pelatihan UMKM

UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah adalah usaha yang didirikan dan dikelola oleh pengusaha perseorangan atau suatu badan usaha. Dengan adanya UMKM di desa-desa, perekonomian masyarakat akan terbantu. Bukan hanya memberikan sumber penghasilan terhadap masyarakat, UMKM juga memberikan lapangan pekerjaan untuk masyarakat setempat.

Jika menyinggung tentang usaha yang dijalani masyarakat desa, tentu saja setiap daerah memiliki potensi yang berbeda-beda. Contohnya, Cirebon terkenal dengan batik, sedangkan Tasikmalaya dikenal dengan bordir dan anyaman. Biasanya setiap pengusaha dalam program pemberdayaan masyarakat yang mendirikan suatu UMKM akan diberikan subsidi.


2. Pelatihan BUMDes

BUMDes merupakan suatu usaha desa berbadan hukum yang dikelola oleh Pemerintah Desa. Modal dari usaha ini datang dari berbagai sumber seperti pemerintah, tabungan masyarakat, atau pinjaman. Namun, terkadang modal untuk usaha ini dapat juga berasal dari pihak lainnya yang bekerja sama dengan pendiri usaha atas dasar saling menguntungkan.

Ada tiga zona pembagian produk-produk BUMDes yaitu Zona Merah, Zona Kuning, dan Zona Hijau. Zona Merah adalah desa yang tidak memiliki sebuah perusahaan, Zona Kuning untuk desa yang sedang berkembang, sedangkan Zona Hijau untuk desa yang BUMDes nya telah beroperasi penuh.


3. Pengadaan Kampung Blogger

Pemberdayaan masyarakat dengan pembentukan kampung blogger pernah terjadi di daerah Magelang. Pendirinya, Sumbodo Malik, dengan tekun mengajarkan masyarakat untuk menghasilkan uang melalui Google Adsen, dan membuka toko online. Sobat kosngosan ini mengajarkan masyarakat untuk mengelola sebuah blog di internet dan bagaimana cara menulis konten-konten yang berkualitas.

Tujuan dibentuknya kampung blogger adalah untuk meningkatkan perekonomian daerah setempat dengan menambah pendapatan masyarakat. Di daerah Magelang sendiri, masyarakat berlomba-lomba datang untuk belajar mengelola blog dan toko online untuk mendapatkan penghasilan.


Contoh Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pertanian

1. Peningkatan Hasil Panen

Agar hasil panen dari petani setempat meningkat, pemerintah melakukan sosialiasi terhadap mereka. Langkah sosialisi awal yang ditempuh pemerintah adalah memberikan motivasi kepada para petani untuk membuat saluran irigasi yang hemat supaya tanaman dapat tetap tumbuh sekalipun pada musim kemarau berkepanjangan. 

Para petani juga akan dihimbau untuk menggunakan pupuk organik untuk meningkatkan kualitas hasil panen mereka. Selanjutnya, mereka akan didorong dan dimotivasi untuk menggunakan alat mesin pertanian untuk meringankan pekerjaan mereka dalam bertani. Selain itu, para petani juga akan menerima sosialiasi tentang pengelolaan lahan pertanian yang tepat waktu.


2. Kelompok Tani

Kelompok tani adalah kumpulan beberapa petani di sebuah daerah yang bekerja sama dalam bidang pertanian demi menunjang efisiensi usaha. Ada beberapa tujuan pemberdayaan masyarakat dengan pembentukan kelompok tani. 

Yang pertama, meningkatkan kemampuan para petani dengan adanya pelatihan, pengembangkan usaha pertanian, meningkatkan kemampuan bekerja sama dengan pihak lain dalam mengembangkan usaha pertanian sesuai dengan perencanaan yang jelas, dan meningkatkan kesejahteraan dari setiap anggota kelompok tani.


3. Penyuluhan pertanian

Penyuluhan pertanian merupakan contoh pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian yang dilakukan pemerintah dengan memperbaiki sistem manajemen para petani dalam mengelola hasil panen yang mereka dapatkan. Hal ini dilakukan atas dasar seringnya terjadi kasus dimana harga hasil panen yang terkadang tidak sesuai.

Tergantung dari kendala yang dihadapi seorang petani dalam mengelola hasil panen, pemerintah mengambil kebijakan untuk menstabilkan harga beragam hasil panen. Hal ini bertujuan untuk mensejahterakan petani dengan memberikan keuntungan yang seharusnya dari hasil penjualan hasil panen mereka sendiri.


Contoh Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan

1. Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu)

Posyandu merupakan pelayanan kesehatan masyarakat yang memiliki lima prioritas, yaitu KB, KIA, imunisasi, dan penanganan diare. Posyandu adalah contoh pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan yang sudah sangat populer dan dapat dijumpai hampir di setiap desa. Posyandu juga merupakan layanan kesehatan yang bersentuhan secara langsung dengan masyarakat yang perekonomiannya level bawah dan terbukti memberikan bantuan yang sangat berarti di bidang kesehatan.

Kegiatan posyandu diatur dan dilaksanakan dengan pembagian lima meja yang meliputi, meja pendaftaran, penimbangan, pengisian kartu menuju sehat, penyuluhan kesehatan yang mencakup pemberian oralit, vitamin A, dan tablet besi, dan meja lima yang mencakup imunisasi, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan, dan pelayanan keluarga berencana.


2. Pondok Bersalin Desa (Polindes)

Polindes merupakan suatu usaha masyarakat untuk menyediakan tempat bersalin untuk masyarakat setempat. Di tempat ini juga dapat dilakukan pelayanan dan kesehatan ibu dan kesehatan anak. Pelayanan kesehatan yang disediakan mencakup pemeriksaan ibu hamil, ibu nifas, ibu menyusui, bayi, dan balita. Di samping itu, Polindes juga memberikan imunisasi, penyuluhan kesehatan masyarakat terutama ibu dan anak.

Polindes dilakukan dengan kerja sama antara bidan di daerah setempat dengan dukun beranak. Biaya pemeriksaan untuk ibu dan anak ditentukan melalui musyawarah LKMD. Bentuk kerja sama dan penentuan biaya melalui musyawarah dalam Polindes diharapkan dapat menunjang pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan dan membantu masyarakat setempat terutama ibu dan anak.


3. Pos Obat Desa (POD)

POD memiliki sistem yang mirip dengan posyandu. Hanya saja, POD hanya menyediakan pengobatan sederhana untuk penyakit yang sering muncul di tengah masyarakat seperti sakit kepala, sakit perut, masuk angin, dan lain-lain. POD menyediakan obat bebas dan obat khusus untuk mengobati berbagai penyakit dengan harapan dapat membantu menunjang kesehatan masyarakat setempat.

POD mempunyai bebera pajenis pengembangan. Pengembangan-pengembangan tersebut mencakup POD murni yang tidak terlibat dengan UKBM lainnya, POD yang diintegrasikan dengan Dana Sehat, POD yang merupakan upgrade dari bentuk Posyandu, POD yang masih berhubungan dengan Polindes, dan Pos Obat Pondok Pesantren (POP) yang didirikan secara khusus di beberapa pondok pesantren demi menunjang kesehatan di sana.


Contoh Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pendidikan

1. Kampung Inggris

Kampung Inggris didirikan di kabupaten Kediri, Jawa Timur dan dipelopori oleh Mr. Kalen. Pada awalnya, warga setempat sama sekali tidak mengenal bahasa Inggris. Kemudian, Mr. Kalen memberikan edukasi kepada warga setempat tentang bahasa Inggris dan mendorong mereka untuk memberikan pendidikan gratis.

Lambat laun, kondisi ini menjadikan daerah di kabupaten Kediri ini terkenal sebagai kampung Inggris. Sobat kosngosan pun datang ke sana untuk kursus belajar bahasa Inggris dari penduduk setempat. Hal ini sangat menguntungkan warga kampung Inggris. Selain mendapatkan edukasi yang baik di bidang bahasa Inggris, mereka juga dapat menghasilkan uang dari kemampuan tersebut.


2. Seminar Anti Narkoba untuk Anak Sekolah

Seminar atau au workshop yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional yang bekerjasama dengan kepolisian dan menyasar kepada para siswa SMA atau SMK, juga bisa dikatakan sebagai pemberdayaan di bidang pendidikan. Hal ini penting untuk menyelamatkan generasi muda dari jeratan bahaya narkoba dan obat obatan terlarang


3. Pelatihan saham untuk anak sekolah

Bank Indonesia sebagai satunya satu bank sentral yang dimiliki oleh Indonesia bisa berperan dalam pemberdayaan bidang pendidikan dengan mengadakan pelatihan ekonomi untuk anak sekolah, seperti Misalnya mengadakan training ataupun seminar pelatihan saham sejak dini kepada anak SMA atau SMK


Contoh Pemberdayaan Masyarakat Bidang Sosial Budaya

1. Sanggar tari

Sanggar tari dibuka untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat setempat untuk menarikan tari daerah yang sesuai dengan budaya setempat. Saat pengetahuan dan kemampuan masyarakat meningkat, mereka dapat melakukan pementasan tari daerah tersebut dengan tujuan mengenalkan tari daerah kepada warga setempat dan warga dari tempat lain dengan kebudayaan yang berbeda, melestarikan kebudayaan, dan meningkatkan pendapatan masyarakat setempat yang ada di dalam sanggar tari.


2. Workshop Pengawasan Dana Sosial Masyarakat 

Dana sosial yang diberikan oleh pemerintah yang diturunkan langsung ke berbagai daerah, dengan demikian pemerintah daerah juga bisa mengadakan pemberdayaan kepada perangkat desa atau lingkungan untuk dapat mempergunakan dana sosial masyarakat dengan sebaik mungkin tanpa adanya penyelewengan


3. Pelatihan IT untuk Aparat Desa 

Aparat desa yang bekerja di kantor desa ataupun kantor lingkungan haruslah memiliki kemampuan di bidang teknologi minimal bisa mengoperasikan komputer dan melakukan berbagai perintah dasar untuk Microsoft Office.


Contoh Pemberdayaan dibidang Politik

1. Pengenalan cara mengikuti pilkada/pilpress 

Komisi pengawas umum bisa mengadakan suatu workshop ataupun seminar kepada para masyarakat untuk, bagaimana cara mengikuti pemilihan kepala daerah ataupun pemilihan presiden. Pemberdayaan ini bisa dikategorikan sebagai pemberdayaan di bidang politik yang menjadikan masyarakat lebih melek terhadap politik


2. Pemahaman ideologi pancasila kepada kaum milenial

Indonesia memiliki ideologi Pancasila sebagai falsafah dan dasar negara. Ideologi ini bisa diajarkan lebih baik dengan materi yang mudah dipahami kepada kaum milenial. Melalui proses pemberdayaan di bidang politik yang dikemas dalam bentuk kreatif dan inovatif


3. Seminar pembahasan RUU

Rancangan undang-undang yang akan disahkan oleh Presiden bisa dipelajari kembali dengan mengadakan seminar ataupun pembahasan bersama dari berbagai kalangan. Hal ini bisa juga dikategorikan sebagai pemberdayaan di bidang politik

Baca juga : Contoh Interaksi Individu dan Kelompok


Kata Penutup

Pemberdayaan atau empowering merupakan salah satu proses yang sangat penting untuk mengubah persepsi ataupun mindset dari suatu kelompok menjadi lebih baik lagi. Dengan adanya pemberdayaan maka dapat mengubah pola pikir masyarakat menjadi lebih modern dan maju

Demikian beberapa contoh mengenai pemberdayaan di berbagai bidang. Buat teman teman kosngosan yang merasa artikel ini bermanfaat, bisa share atau bagikan artikel ini dengan menekan tombol yang ada di bawah. Terimakasih!

Oleh rezaharahap